Apa itu Brand Trust

Apa itu Brand Trust dan Cara Mengukur Kepercayaan Merek

Posted on

Apa itu Brand Trust ? -Pada saat ini, konsumen memiliki banyak pilihan daripada sebelumnya dalam hal memilih diantara ratusan merek dan ribuan produk atau layanan.

Didalam lingkungan yang kompetitif ini, kepercayaan mereka menjadi faktor pembeda yagn sangat penting.
Kepercayaan merek merupakan salah satu aset tidak berwujud yang paling berharga bagi sebuah bisnis.

Namun untuk mendapatkan kepercayaan ini sangatlah sulit untuk di dapatkan atau dibangun.

Agar merek bisa mendapatkan kepercayaan maka merek harus dapat diandalkan, bertanggung jawab dan memenuhi janjinya.

Apa yang membuat sebuah merek dapat dipercaya ?

Sebuah merek dapat dipercaya dapat disebabkan oleh beberapa alasan,yaitu :

  • Merek memberikan produk atau layanan yang berkualitas.
  • Mendapatkan ulasan yang baik
  • Merek menggunakan harga yang wajar untuk produk atau layanannya.
  • Merek memperlakukan pelanggannya dengan sangat baik.

Baca juga | Pengertian Brand Loyalty, Tahapan dan Pentingnya Loyalitas Pelanggan

Pengertian Brand Trust Menurut Para Ahli

Apa itu Brand Trust ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda dapat menjawabnya dengan membaca]beberapa pengertian brand trust menurut para ahli :

Delgado (2005)

Menurut Delgado, pengertian kepercayaan merek adalah adanya harapan atau kemungkinan yang tinggi bahwa merek tersebut memiliki hasil yang positif bagi konsumen.

Oleh sebab itu, perusahaan harus membangun kepercayaan serta mempertahankan kepercayaan konsumen agar dapat menciptakan komitmen konsumen mulai saat ini hingga waktu mendatang.

Chauduri dan Holbrook (2001)

Menurut Chauduri dan Holbrook, pengertian Brand Trust adalah kemauan dari rata-rata konsumen untu bergantung pada kemampuan sebuah merek dalam menjalankan semua kegunaan dan fungsinya.

Lau dan Lee (1999:344)

Menurut Lau dan Lee, pengertian brand trust adalah keinginan pelanggan untuk bersandar pada suatu merek dengan risiko yang dihadapi karena ekspektasi pada merek tersebut akan menyebabkan hasil yang positif.

Secara singkatnya, kepercayaan dapat mengurangi ketidakpastian dalam sebuah lingkungan dimana konsumen tidak merasa aman didalamnya karena mereka mengetahui bahwa mereka dapat mengandalkan merek yang dapat dipercaya.

Baca juga | Pengertian Brand Image, Komponen, Manfaat dan Contohnya

Karakteristik Brand Trust

Menurut Tingkir (2014), tedapat setidaknya 3 (tiga) karakteristik yang dapat memperlihatkan kepercayaan atas sebuah merek :

  • Brand Characteristic : berperan penting dalam menentukan dalam melakukan analisa dan evalusi konsumen untuk mempercayai sebuahmerek.
  • Company characteristic : Karakteristik perusahaan dibalik sebuah merek dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen seperti reputasi, motivasi serta integritas perusahaan tersebut.
  • Consumer-brand characteristic : dua kelompok yang saling mempengaruhi dan karakteristik ini dapat terdiri kemiripan antara konsep emosional konsumen dengan kepribadian merek, kesukaan terhadap merek dan pengalaman terhadap merek.

Pentingnya Brand Trust

Menurut Kapferer (2008), Brand trust bagi konsumen sangatlah penting karena kepercayaan ini dapat mengurangi risiko dan pengorbanan konsumen pada sebuah merek serta mengurangi pembelian yang tidak pasti.

Cara Mengukur Kepercayaan Merek

Menurut Degado (2005: 188), terdapat 2 (dua) dimensi yang dapat digunakan untuk mengukur kepercayaan merek yaitu brand reliability dan brand intentions.

Brand reliability atau kehandalan merek dapat bersumber dari keyakinan konsumen bahwa produk itu dapat memenuhi nilai yang dijanjikan.

Dengan kata lain, persepsi merek itu dapa memenuhi kebutuhan dan dapat memberikan kepuasan.

Brand reliability adalah sesuatu yang penting agar tercipta kepercayaan terhadap merek karena kemampuan merek untuk memenuhi nilai yang dijanjikannya.

Sedangkan brand intention didasarkan pada keyakinan konsumen bahwa merek itu dapat mengutamakan kepentingan konsumen ketika masalah dalam mengkonsumsi produ tersebut muncul secara tidak terduga.

Kedua konsumen brand trust tersebut bersandar pada penilaian konsume yang subjektif atau didasarkan pada persepsi masing-masing konsumen.

Demikianlah pembahasan tentang Apa itu Brand Trust dan Cara Mengukur Kepercayaan Merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *