apa itu cod

Apa itu COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya Dalam Online Shop

Posted on

Bagi anda yang sering berbelanja online maka telinga anda pasti sering mendengar istilah COD (Cash On Delivery). Namun banyak juga diantara kita yang tidak mengetahui apa itu COD dan arti COD sebenarnya.

Apa itu COD (Cash on Delivery)?

COD atau Cash on Delivery merupakan salah satu metode pembayaran didalam bisnis online. Menurut saya metode pembayaran ini merupakan metode yang paling baik dalam bisnis online saat ini.

Pengertian COD atau Cash on Delivery adalah salah satu metode pembayar dalam bisnis online dimana pembeli melakukan pembayaran kepada penjual pada saat pengiriman.

Dengan kata lain COD dapat di defisikan sebagai kesepakatan antara pembeli dengan penjual untuk melakukan pembayaran ketika barang yang dibelinya sudah sampai di alamat tujuan.

Sehingga dalam metode COD ini konsumen dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang sudah dibelinya. Tentunya konsumen sangat di untungkan dengan dengan cara COD karena tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Contoh cara COD

Anda membeli baju di Online Shop dan ternyata penjual memiliki layanan COD. Karena terdapat layanan COD maka anda memilih layanan tersebut.

Ketika anda sudah memilih baju dan sepakat dengan pejual kemudian anda meminta baju tersebut di antar ke alamat rumah anda.

Beberapa hari kemudian anda didatangi oleh penjual dengan membawa barang pesanan anda. Ketika anda melihat baju tersebut dan setuju dengan barang tersebut barulah anda melakukan pembayaran langsung kepada penjual.

Baca juga | Cara Membuat Toko Online Di Facebook Paling Mudah Dan Gratis

Keuntungan COD (Cash on Delivery)

pengertian cod

Pada saat ini cara COD banyak diterapkan oleh para pebisnis online karena mudah dan juga aman dari penipuan. Bahkan cara COD ini juga telah menjadi bagian dari strategi pemasaran yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Beberapa keuntungan dan manfaat dari COD (Cash on Delivery) diantaranya

  • Pembeli dapat memeriksa barang secara langsung sehingga aman dari penipuan dan konsumen dapat langsung komplain dan membatalkan pesanan jika barang tidak sesuai.
  • Biasanya cara COD ini tidak dikenakan biaya tambahan sehingga konsumen tidak memerlukan menambah ongkos kirim selama masih dalam jangkauan area penjual.
  • Karena bertemu langsung dapat menambah teman dan saudara.
  • Uang dapat diterima langsung tanpa melalui perantara.
  • Layanan COD sangat baik untuk membangun reputasi toko online penjual.

Kelemahan cara COD (Cash on Delivery)

arti cod

Walau sistem pembayaran COD (Cash on Delivery) sangat diminati oleh konsumen tapi cara COD ini memiliki banyak kelemahan terutama penjual.

Salah satu contoh adalah konsumen dapat berubah pikiran saat menerima dan melihat barang. kemudian mereka membatalkan transaksi karena tidak cocok dengan barang yang mereka pesan.

Selain itu kelemahan cara COD adalah jika transaksi dilakukan dalam jumlah yang besar tentunya penjual akan membawa uang banyak sehingga mempengaruhi faktor keamanan.

Kekurangan Cash on Delivery yang paling dirasakan oleh penjual adalah mereka harus mempersiapkan waktu, tenaga dan biaya untuk mengantarkan barang pesanan kepada konsumen. Hal inilah yang membuat para pebisnis online berpikir dua kali untuk menyediakan layanan COD ini.

Beberapa kelemahan COD lainnya :

  • Area jangkauan COD sangatlah terbatas karena hanya berada pada area jangkauan penjual.
  • Karena antara penjual dan pembeli tidak saling mengenal tentunya hal ini membuat sistem COD sangat rawan terhadap kejahatan. Sebaiknya jika melakukan pertemuan untuk COD pilihlah tempat yang aman dan ramai. Bawalah teman sehingga anda tidak sendirian.
  • Rawan terhadap uang palsu sehingga anda harus berhati-hati.

Tips aman melakukan COD untuk penjual dan pembeli

cara cod

Jika anda baru memulai berjualan online maka metode pembayaran COD dapat dijadikan sebagai salah satu strategi anda untuk memperkenalkan toko online anda,

Hal ini dikarenakan banyak orang yang berbelanja online lebih suka dengan metode pembayaran seperti ini. Dengan COD makan pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibelinya.

Jika anda sebagai penjual dan ingin menggunakan cara COD maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulainya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan jangkaun area atau lokasi COD. Tentukan area mana saja yang dapat anda jangkau sehingga anda dapat menjelaskan kepada konsumen.

Setelah anda menuliskan kata melayani COD dan area jangkaunnya maka sebagai penjual anda harus siap mengantarkan barang jika diminta oleh pembeli.

Oleh sebab itu anda harus memperhitungkan dengan seksama karena anda juga harus mempersiapkan waktu, tenaga dan biaya untuk proses pengantaran.

Oleh sebab itu jika area pembeli jauh dari lokasi anda sebaiknya menggunakan jasa pengiriman barang atau ekspidisi yang tentunya ongkos kirim ditanggung oleh konsumen.

Beberapa tips untuk penjual yang ingin melakukan transaksi COD :
  • Berpakaian rapi dan wangi sehingga anda terlihat menarik dan terpercaya.
  • Selalu tersenyum  dan ramah terhadap calon pembeli anda sehingga mereka nyaman dengan anda.
  • Datanglah lebih awal dari waktu pertemuan yang ditelah disepakati.
  • Pastikan nomer handphone anda selalu aktif sehingga konsumen dapat menghubungi anda.
  • Siapkan uang kembalian agar anda tidak kerepotan ketika bertransaksi.
  • Jelaskan secara singkat tentang produk anda.
  • Cari tempat pertemuan yang aman dan pastikan kendaraan anda diletakkan di tempat yang aman. Usahakan transaksi dilakukan pada siang hari.
  • Periksa keaslian uang jika pembeli menggunakan uang tunai.
  • Ucapkan terima kasih jika transaksi telah selesai.
  • Selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Jika anda sebagai pembeli maka sebaiknya anda selalu fokus untuk memeriksa kondisi barang dengan teliti selama melakukan COD.

Jangan sungkan untuk meminta garansi kepada penjual dan tanyakan informasi yang anda butuhkan tentang produk yang anda beli tersebut.

Baca juga | 10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online yang Wajib Kamu Tahu

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa penjelasan mengenai apa itu COD (Cash on Delivery) tentunya sekarang anda dapat memahami arti COD.

Dengan menggunakan cara COD sebenarnya dapat menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Walaupun COD memiliki banyak kelemahan tapi sebenarnya hal tersebut biasa diminimalisir.

Bagi saya sistem COD merupakan bagian dari strategi para pebisnis online untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Hal ini dikarenakan sebagian orang yang suka berbelanja online lebih memilih online shop yang menyediakan layanan COD (Cash on Delivery).

Demikianlah tulisan saya tentang Apa itu COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya Dalam Online Shop.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *