apa itu copywriting

Apa Itu Copywriting ? Pentingkah Copywriting Dalam Internet Marketing ?

Posted on

Apa Itu Copywriting ?…

Apa yang anda pikirkan tentang kata tersebut ?

Saya akan mencoba menjelaskan tentang “ Apa itu Copywriting ? 

Banyak definisi yang mengartikan tentang copywriting. Dilihat secara umum copywriting dapat didefinisikan sebagai seni menulis yang digunakan untuk memperoleh respon dari pembacanya. Media penulisan copywriting ini dapat menggunakan berbagai media seperti berita, surat penjualan, brosur dan website.

Menurut Wikipedia , pengertian copywriting adalah tindakan penulisan teks yang bertujuan untuk iklan atau bentuk lain dari pemasaran. Produk atau copy adalah konten yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pada merek. Dan pada akhirnya dapat membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.

Namun definisi tersebut sebenarnya tidak dapat menggambarkan definisi copywriting secara lengkap.

Copywriting sendiri banyak digunakan oleh blogger, marketing, pemiliki usaha untuk memperoleh pembaca atau target pasar yang lebih luas melalui tulisan.

Apakah sebuah tulisan dapat mempengaruhi dan menjual ?

Disinilah pentingnya seorang copywriter dalam merangkai sebuah tautan kata yang dapat menyihir pembaca.

Copywriter harus memiliki kemampuan membuat tulisan yang memiliki karakter seolah berbicara kepada pembaca. Dengan demikian tulisan tersebut dapat mempengaruhi pembacanya.

Dengan membuat sebuah copywriting yang baik dapat membuat menghasilkan sebuah tindakan dari pembaca. seperti pembelian, mendaftar atau lainnya.

Oleh sebab itu tujuan konversi ini bukan hanya sekedar untuk penjualan tapi dapat mengkonversi kepada tindakan lainnya.

Ketika seseorang melakukan sebuah bisnis dalam dunia internet, maka dia harus menyertakan copywriting didalamnya.

Dengan menggunakan teknik Copywriting dalam bisnis online maka dapat memperhemat waktu dan biaya. Copywriting dapat menarik para pembaca untuk melakukan sebuah tindakan atau respon.

Banyak kesalahan penafsiran tentang copywriting efektif. Banyak mengira seseorang yang menganggap kemampuan membuat tulisan yang mampu menjual disamakan dengan kemampuan dalam menulis artikel.

Pentingnya  teknik copywriting dalam pemasaran konten

Pemasaran konten merupakan sebuah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan konversi. dengan menerbitkan sebuah konten yang berkualitas lalu mengkampanyekan. Namun hal ini hampir tidak berlaku.

Jadi apa pentingnya copywriting itu ?

Untuk menjawab pertanyaan ini saya akan mencoba sedikit memberi gambaran berikut,

Pada saat ini, 61% pengguna internet di dunia melakukan penelitian sebelum membeli produk di mesin mencari. Mereka akan mengambil keputusan untuk melakukan pembelian setelah memperoleh berbagai informasi dari mesin pencari.

Inilah yang menjadi dasar tentang pentingnya copywritng dalam sebuah bisnis. Selain konten berkualitas, melakukan metode copywriting merupakan salah cara efektif untuk pemasaran online.

Dengan membuat sebuah konten berkualitas tinggi, relevan dan unik. Copywriter memberikan pesan tertentu kepada audiens akan meningkatkan reputasi brand dengan cepat dan mudah.

Copywriting dapat dikatakan sebagai proses menulis materi promosi iklan untuk memberikan pemahanan kepada pembaca tentang sebuah produk atau merek.

Teknik ini tidak sama seperti berita atau konten lainnya. Copywriting merupakan sebuah tulisan yang dapat membuat pembaca mengambili sebuah tindakan seperto membeli, terlibat dalam produk, layanan atau lainnya.

Sebuah copywriting merupakan sebuah salesman dalam tulisan.

Untuk memperoleh sebuah konversi yang baik maka seorang copywriter harus memiliki beberapa kemampuan berikut,

1. Kemampuan menulis yang baik

Pengertian kemampuan menulis yang baik seperti menguasai berbagai hal seperti tata bahasa, tanda baca ataupun ejaan.

Namun kemampuan menulis yang baik ini bukan sekedar hal itu. Tulisan seorang copywriter juga harus memiliki beberapa hal berikut :

  • Menciptakan sebuah tulisan yang mudah dibaca.
  • Membuat sebuat topik yang rumit menjadi sederhana.
  • Menulis secara mengalir.
  • Dapat membuat kesimpulan yang menarik.
  • Menempatkan kata terbaik pada tulisannya.
  • Membuat pembukaan tulisan yang menarik perhatian.
  • Dapat menyesuaikan gaya tulisan dengan target pembaca.

Berdasarkan hal tersebut diatas seorang copywriter harus benar-benar terampil dalam membuat sebuah tulisan yang mengkonversi.

Baca juga : 7 Dasar Utama Dalam Menulis Copywriting

2. Membuat Headline yang menarik perhatian

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa 80 % pembaca hanya membaca judul terlebih dahulu tidak dengan pada isi konten. Selain itu pembaca akan melihat gambar dan isi utama dalam konten.

Oleh sebab itu seorang copy writer harus mampu membuat sebuah headline yang dapat memancing pembacanya untuk membaca.

Kesalahan pembuatan headline ini bisa berdampak fatal bagi konten. Mungkin anda pernah membaca sebuah konten yang berkualitas namun hanya sedikit lalu lintas ke konten tersebut.

Hal tersebut bisa diakibatkan kesalahan pembuatan headline berikut :

  • Headline yang terlalu membosankan, tentunya hal ini akan membuat orang tidak mempunyai alasan untuk membaca konten tersebut.
  • Headline yang terlalu berlebihan dan rumit, hal ini tentunya dapat membuat pembaca berpikir bahwa tulisan anda tidaklah menarik. Dengan headline berlebihan dan rumit akan membuat judul anda tidak dipahami oleh pembaca.

Oleh sebab itu seorang copywriter harus benar-benar memahami bagaimana membuat sebuah headline yang unik dan bersahabat.

Headline adalah sebuah pintu utama bagi kita untuk menarik pembaca untuk membaca konten. Hal ini dikarenakan sistem pemasaran konten mulai berubah.

Oleh sebab itu sebuah konten berkualitas harus ditunjang juga dengan copywriting yang bagus.

Baca juga : 5 Cara Membuat Headline Menarik Dalam Copywriting

3. Mengutamakan kenyamanan pembaca.

Copywriter harus memiliki kemampuan untuk menempatkan kata perkata pada tempatnya. Dalam artian sebuah sebuah konten dapat membuat pembaca menjadi nyaman dan mudah memahami tentang isi tulisan tersebut.

Apakah copywriter harus memahami tentang SEO ?

Tentunya menemukan seorang copywriter yang dapat memiliki kemampuan tentang SEO, optimasi konversi, desain web atau lainnya adalah hal yang sulit.

Daripada anda kebingungan tentang kemampuan kemampuan ini maka lupakan saja tentang masalah tersebut.

Mengapa ?

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa mencari seorang copywriter yang berkualitas sangatlah sulit. Oleh sebab itu anda dapat mencari seorang copy writer yang memiliki kemampuan untuk membuat konten yang nyaman bagi pembaca.

Apakah anda tetap bersikeras mencari copywriter yang berkualitas ?

Dalam hal ini saya coba mendefinisikan lagi masalah pengalaman pengguna.

Mungkin jika anda tetap bersikeras untuk mendapat seorang copywriter yang mengerti tentang kepadatan kata kunci, LSI, SILO, internal link. Dan anda tidak salahnya dengan itu.

Cuma disini saya menekankan bahwa, jika anda dapat memilih seorang copywriter yang memberikan kenyaman kepada pembaca. Maka secara otomatis masalah SEO akan teratasi dengan sendiri.

Oleh sebab itu seorang copywriter tidak harus memiliki kemampuan teknik SEO ataupun lainnya.

Tujuan utama dari seorang copywriter hanya fokus pada pembuatan konten yang baik untuk pembaca.

Beberapa penyebab konten harus dapat berfokus pada kenyamanan pembaca,

  1. Konten yang dapat memberikan nilai lebih kepada pembaca adalah sebuah keonten yang bermanfaat. Hal ini juga berhubungan dengan produk yang ingin anda pasarkan. Dengan memberikan sebuah konten yang bermanfaat akan membuat pembaca kembali kedalam brand anda.
  2. Tujuan dari konten tersebut adalah untuk membangun sebuah hubungan dan kepercayaan antara brand dengan pembaca. Kepercayaan dapat terjalin ketika pembaca menemukan solusi dengan membaca konten anda. Dengan pemberian solusi seperti inilah anda dapat memberikan konversi pada tindakan pembaca.
  3. Menjadikan konten-konten anda sebagai solusi paling tepat bagi pembaca. Sehingga mereka menganggap bahwa solusi dari masalah mereka adalah brand anda.

Dengan semakin banyak orang yang mengetahui manfaat dari konten anda. Maka secara otomatis brand anda juga akan ikut dikenal oleh masyarakat.

Jadi apa yang harus dilakukan seorang copywriter ?

Bukankah membuat konten yang membuat nyaman pembaca sulit ?

Nah solusi untuk membuat sebuah konten yang nyaman maka kamu dapat membuat konten dengan panduan berikut,

Berikanlah manfaat dari isi konten tersebut secara gratis.

Apakah ini investasi yang benar ?

Mengapa saya harus memberikannya secara gratis ?

Oke, saya akan coba sedikit menjelaskan tentang hal ini.

Dengan memberikan konten bermanfaat tersebut secara gratis akan meningkatkan nilai brand kepada pembaca. Value yang akan kita peroleh adalah nilai kepercayaan pembaca yang dapat mengarahkan pada sebuah konversi.

Mari kita lanjutkan lagi ke point berikutnya

Membuat konten yang menyenangkan

Mengapa pada saat ini banyak orang yang membenci iklan ?

Alasan yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah karena iklan tersebut mirip iklan.

Iklan yang nampak seperti iklan itu lebih cenderung membosankan dan terkesan memaksa pembaca. Iklan seperti ini seperti mengabaikan tentang kebutuhan dari pembaca.

Pada saat ini jenis iklan ini akan cenderung diabaikan dan dibuang oleh konsumen.

Disinilah pentingnya seorang copywriter harus mampu membuat dan membungkus sebuah konten penjualan yang menguntungkan namun tidak seperti ingin melakukan penjualan.

Cara ini terbilang sangat efektif dalam meningkatkan konversi pembaca menjadi sebuah tindakan.

Inilah yang membuat banyak orang mengatakan bahwa copywriting merupakan sebuah seni tulisan yang mampu untuk mengkonversi pembaca untuk melakukan tindakan.

Menggunakan gaya bahasa sesuai dengan target pasar.

Salah satu cara agar pembaca tidak bosan dengan semua konten kita adalah dengan menggunakan bahasa yang mereka gunakan.

Coba dekatkan brand anda dengan gaya bahasa mereka agar mudah untuk dimengerti.

Dalam hal ini kenali terlebih dahulu produk anda dan target marketnya. Cobalah untuk menjadi flexible dan tidak kaku dalam penerapan bahasa ini.

Walau tidak kaku bukan berarti kita tidak profesional karena karakter yang anda bawa adalah karakter brand.

Berpikirlah secara matang untuk membawa karakter brand anda kedalam bentuk tulisan.

Mengapa kita harus memperhatikan kenyamanan pembaca ?

mungkin anda pernah mendengan istilah “Pembeli adalah raja”. Konsep ini juga harus diterapkan juga dalam copywriting.

Pembaca adalah seorang calon pembeli yang harus kita buat senyaman mungkin.

Salah satu yang menjadi alasan paling dasar adalah mereka tidak peduli dengan siapa kamu. Mereka hanya peduli dengan hal yang berhubungan dengan mereka.

Karena itulah anda harus dapat memahami hal tersebut dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka. Lalu buatlah konten-konten yang berkaitan dengan kebutuhan mereka.

Selain itu hindari membuat konten yang membosankan, berbasa-basi atau apapun yang membuat pembaca merasa tidak nyaman. Ingatlah selalu bahwa mereka hanya peduli dengan kebutuhan mereka bukan siapa diri kita.

Ini merupakan bagian dari strategi anda untuk meningkatkan konversi penjualan.

4. Mampu mengarah pada pembaca yang tepat.

Sebuah copywriter harus menuliskan sebuah konten yang sesuai dengan tipe brand yang akan dikonversi. Jangan sampai sebuah konten bertolak belakang dengan produk yang akan dijual.
Misalkan,

seorang copy writer membuat sebuah konten tentang alat kecantikan namun produk yang akan dijual adalah alat bangunan.

Apakah ada keterkaitannya antara konten alat kecantikan dengan alat bangunan ?

Bukankah ini sebuah kejanggalan dan tidak memiliki kaitan yang tepat.

Oleh sebab itu seorang copywriter harus mengetahui target pasar tujuan mereka. Mempersempit target pasar ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengoptimasian tindakan dari pembaca.

Keterkaitan antara konten dan produk harus saling bersinergi untuk menghasilkan sebuah tindakan.

Siapakah audiens anda ?

Setidaknya anda harus melakukan sebuah evaluasi terhadap pembaca. Dalam sebuah perdagangan biasanya berkisar 20% dari pelanggan dapat dikonversikan menjadi sebuah tindakan.

Berdasarkan data yang kita peroleh tersebut anda dapat mencari tahu siapa saja mereka itu.

Dengan mengetahui jumlah audiens anda yang terkonversi maka anda dapat memaksimalkan konten dan melakukan perbaikan terhadap diri sendiri dan brand.

Untuk mempermudah dalam melakukan evaluasi maka anda dapat menggunakan beberapa elemen berikut :

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Suku
  • Status
  • Pendapatan
  • Daerah
  • Hobi

5. Pemasaran atau respon

Pada akhirnya copywriting bermuara pada pada sebuah point ini yaitu pemasaran atau respon. Seorang penulis yang baik akan benar-benar menyadari tentang bagaimana cara mendalami konten sehingga tulisan tersebut memiliki karakter untuk pemasaran.

Dengan pemahaman yang mendalam mengenai itu, seorang copywriter akan benar-benar menyadari akan membuahkan konten yang menarik dan strategis.

Oleh sebab itu penulis yang baik harus benar-benar pandai membungkus sebuah penjualan menjadi sebuah pemberian manfaat pada pembaca.

Akhirnya…

Beberapa point diatas hanyalah sedikit penggambaran bagi anda tentang “Apa itu copywriting ?”.
Copywriting memang dapat dikatakan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, namun bukan berarti tidak memiliki resiko.

Copywriting merupakan hal yang mudah jika anda sedikit meluangkan waktu untuk meneliti kemudian melakukan sebuah perencanaan tulisan yang matang.

Mulailah dari sekarang… !

Ini adalah sebuah kalimat yang harus ditanamkan pada pikiran kita. Jangan pernah takut dengan resiko atas pekerjaan yang sudah direncanakan secara matang. Jika terjadi kegagalan kita dapat belajar dari kesalahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *