apa itu crowdfunding

Apa Itu Crowdfunding ? | Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Beberapa tahun terakhir ini, kita sering mendengar istilah crowdfunding tapi masih banyak diantara kita yang tidak mengerti dan memahami pengertiannya.

Pada saat ini crowdfunding merupakan salah satu kunci kesuksesan baik investasi itu berupa utang, hadiah atau ekuitas.

Crowdfunding dapat menjadi cara yang baik untuk memulai bisnis atau mengembakan usaha anda terutama dalam ruang startup dan UKM.

Apa itu Crowdfunding ?

Pengertian sederhana dari crowdfunding adalah mengumpulkan dana atau uang dari publik.

Menurut Wikipedia, Crowdfunding adalah aktivitas penggalangan dan dari sejumlah orang untuk memodali proyek atau usaha yang dilakukan melalui internet.

Biasanya mereka mencari dana dengan membuat profil proyek atau usaha mereka dalam situs atau web kemudian mereka menggunakan media sosial dan jaringan tradisional untuk mengumpulkan dana.

Baca juga | Pengertian Startup dan Contoh Bisnis Startup Indonesia yang Sukses

Manfaat Crowdfunding

Pada tahapan pencarian investor yang lebih luas maka penggalangan dana merupakan solusi yang fleksibel bagi startup atau usaha.

Berikut adalah beberapa manfaat crowdfunding dari sekian banyak keuntungannya :

1. Jangkauan

Dengan menggunakan platform crowdfunding maka anda akan memiliki akses pada ribuan investor terpercaya.

Hal ini akan membuat proyek anda dapat terlihat sehingga anda dapat berinteraksi dengan investor dan juga berbagi kampaye penggalangan dana.

2. Presentasi

Dengan crowdfunding maka anda dapat mempresentasikan bisnis anda seperti sejarah bisnis, daya tarik, penawaran, peluang pasar, dll.

Tentunya hal ini akan membantu investor untuk lebih mengenal dan menggali tentang bisnis anda sehingga proyek tersebut memiliki daya tarik.

3. Pemasaran

Ketika anda meluncurkan kampanye crowdfunding maka anda dapat memasarkan kampanye tersebut melalui media sosial, email atau teknik pemasaran online lainnya.

Dengan pemasaran online yang tepat maka hal ini dapat membantu anda untuk mengarahkan lalu lintas kedalam situs anda sehingga dapat menggandakan keberhasilan penggalangan dana.

4. Validasi Konsep

Dengan menyajikan konsep bisnis anda pada masyarakan dapat meningkatkan peluang anda untuk memvalidasi dan memperbaik kampanye anda.

Ketika calon investor mulai tertarik dengan minat dan mengajukan pertanyaan maka anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan konsep bisnis anda.

Tentunya hal ini dapat membantu anda untuk memperbaiki dan memvalidasi konsep bisnis tersebut.

5. Efisiensi

Salah satu manfaat terbesar dari crowdfunding adalah penggalangan dana yang dilakukan menjadi lebih terpusat dan terarah.

Dengan hanya membuat profil yang komprehensif maka anda dapat menggunakannya untuk menyalurkan kepada semua prospek dan calon investor.

Oleh sebab itu anda tidak perlu lagi mengejar masing-masing calon investor dengan membuat banyak cetakan dokumen dan memperbaruinya setiap saat.

Anda cukup menyajikan semuanya secara online sehingga mudah untuk diakses sehingga anda memiliki banyak waktu untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis anda.

Baca juga | 10 Kesalahan yang Menjadi Penyebab Kegagalan Bisnis Startup

Jenis crowdfunding

Hampir sama dengan jenis peningkatan modal bisnis lainnya terdapat beberapa jenis crowdfunding.

Jenis crowdfunding yang cocok dengan bisnis anda tergantung pada jenis produk atau layanan yang anda tawarkan.

Setidaknya ada 3 jenis utama crowdfunding yaitu berbasis donasi, berbasis hadiah dan berbasis ekuitas.

Crowdfunding berbasis donasi

Jenis crowdfunding ini merupakan jenis penggalangan dana dimana tidak anda pengembalian finansial kepada investor atau kontributor.

Crowdfunding berbasis donasi ini biasanya dilakukan pada penggalangan dana untuk bantuan bencana alam, tagihan medis, amal, dll.

Crowdfunding berbasis hadiah

Jenis penggalangan dana ini sebenarnya hampir sama dengan jenis crowdfunding berbasis donasi karena pihak investor atau kontributor tidak memperoleh pengembalian finansial.

Pada jenis crowdfunding ini, pihak-pihak yang menjadi investor atau kontributor mendapatkan imbalan berupa hadiah..

Crowdfunding beberasih ekuitas

Tidak sama seperti jenis crowdfunding berbasis donasi atau hadiah, crowdfunding berbasis ekuitas memungkinkan penyumbang menjadi pemilik atau bagian dari perusahaan dengan memperdagangkan modal (saham ekuitas).

Sebagai pemilik ekuitas, kontributor anda berhak untuk menerima pengembalian finansial atas investasi meraka berupa keuntungan dalam bentuk deviden atau distribusi.

Demikianlah pembahasan tentang Apa itu Crowdfunding ? |Manfaat dan Jenis-Jenisnya.

Baca juga | Jenis-Jenis Bisnis Startup yang Populer Di Indonesia Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *