apa itu rekber

Apa Itu Rekber (Rekening Bersama), Arti dan Cara Menggunakan Rekber

Posted on

Apa itu rekber – Bagi anda yang senang untuk berbelanja online, pasti tidak asing lagi dengan istilah “rekber” dalam jual beli online.

Rekber adalah jasa pihak ke tiga yang sering di pakai dalam transaksi jual beli yang dilakukan secara online.

Dengan penggunaan sistem rekber dalam transaksi online maka hal ini akan membuat kedua belah pihak akan saling percaya dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Oleh sebab itu, banyak toko online menyediakan fasilitas rekber untuk mempermudah pelanggan mereka dan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada toko online mereka.

Sistem rekber bukan menjadi hal baru karena sistem transaksi ini sudah dilakukan diluar dinegeri dengan istilah Escrow Service (ES) dan di Indonesia lebih dikenal dengan istilah rekening bersama atau rekber.

Baca juga | Istilah Dalam Online Shop Atau Jual Beli Online Terpopuler

Apa itu rekber ? 

arti rekber

Arti rekber adalah …

Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama yang memiliki arti sebagai jasa layanan rekening yang dapat menampung dana transaksi jual beli online.

Secara sederhananya adalah rekber adalah rekening perantara antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi online.

Disini rekber memiliki fungsi sebagai pihak ke tiga yang sementara menyimpan dana pembayaran dari pembeli sebelum uang tersebut diteruskan kepada penjual.

Baca juga | 5 Cara Pembayaran Online Shop Paling Populer Untuk Belanja Online

Manfaat menggunakan rekber

rekber adalah

Seperti hal yang telah dibahas diatas, bahwa rekber merupakan sarana transaksi online antara pembeli dan penjual yang tidak dapat bertemu secara langsung (COD).

Biasanya penjual dan pembeli bertransaksi melalui fasilitas email, chatting, PM di media sosial, telepon, dll.

Bila kedua belah pihak telah sepakat maka pembeli akan mentransfer sejumlah uang yang telah disepakati tersebut ke rekening bersama.

Uang tersebut tidak akan langsung diterima oleh penjual melainkan akan disimpan di rekening bersama hingga pembeli menerima barang dan memastikan barang yang diterima telah sesuai.

Setelah barang tersebut telah baik maka uang yang tersimpan di rekber baru dapat dicairkan oleh pihak penjua;l

Dengan demikian hal ini bisa mengurangi resiko pembeli untuk ditipu oleh pejual seperti barang tidak sesuai dengan pesanan, barang rusak, barang tidak dikirim, dll.

Manfaat menggunakan rekber atau rekening bersama ini adalah dapat meminimalisasi terjadi penipuan yang pada saat ini sedang marak.

Selain itu metode rekber juga dapat menjadi perantara yang saling menguntungkan antara penjual dan pembeli.

Penjual bisa meningkatkan peluang pemasarannya karena rekber akan membuat tingkat kepercayaan toko online mereka meningkat sedangkan bagi konsumen manfaat rekber adalah mereka menjadi lebih aman dan dapat

meminimalisasi terjadi penipuan.

Keuntungan menggunakan rekber bagi penjual :

  • Dengan menggunakan rekber maka reputasi penjual akan lebih terpecaya di mata konsumen
  • Dengan adanya kepercayaan dari calon konsumen maka penjual dapat memperluas area pemasaran mereka

Keuntungan mengunakan rekber bagi pembeli :

  • Karena pembeli tidak langung melakukan transfer uang kepada penjual, tapi melalu rekber maka uang pembeli akan tetap akam selama barang pesanan belum diterima
  • Dengan rekber dapat mempermudah pembeli ketika akan berbelanja online barang yang diinginkan tanpa khawatir karena tidak bertemu pembeli.

Baca juga | Apakah Arti PO Dalam Online Shop Dan Jenis-Jenisnya

Cara menggunakan rekber

cara rekber

Pada saat ini banyak tersedia jasa rekber terpercaya di Indonesia, contohnya rekber Bukalapak, rekber Tokopedia. rekening bersama OLX, dll.

Setiap jasa rekber tersebut memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda namun pada dasarnya mereka memiliki cara rekber yang sama.

Berikut contoh cara rekber yang umumnya sering digunakan di Indonesia :

Ketika penjual dan pembeli telah sepakat mengenai harga dan akan bertransaksi secara online maka pembeli akan di minta untuk mentransfer sejumlah uang yang ditujukan pada rekening bersama.

Setelah itu penjual akan mengirim barang yang telah di beli pembeli setelah mereka memastikan bahwa pembeli telah melakukan transfer ke dalam rekber.

Apabila barang yang dikirim penjual telah diterima oleh pembeli maka pembeli harus melakukan konfirmasi kepada jasa penyedia rekber yang digunakan.

Bila konfirmasi dari pembeli telah diterima oleh jasa rekber maka secara otomatis uang yang tersimpan didalam rekber akan terkirim kedalam rekening si penjual.

Biasanya saat konfirmasi pembayaran, pembeli akan diminta untuk menyerahkan bukti pembayaran ke jasa rekber.

Jasa rekber yang terpercaya biasanya menyediakan fasilitas konfirmasi pembayaran ini dalam bentuk chatting, form konfirmasi, sms, email, dll.

Penggunaan jasa rekber ini tidaklah gratis alias berbayar dan nilai harga dari jasa rekber biasanya ditentukan dari nilai transaksi jual beli.

Pihak yang membayar jasa rekber ini dapat dilakukan oleh penjual atau pembeli, tergantung pada kesepakantan yang telah mereka lakukan.

Amankah menggunakan jasa rekber ?

rek ber

Walaupun sistem yang digunakan oleh rekber tergolong sederhana namun bukan berarti hal ini tidak memiliki kelemahan.

Hal pertama yang menjadi kelemahan dari rekber adalah terlibatnya pihak ketiga dalam transaksi antara penjual dan pembeli membuat proses transaksi menjadi lebih panjang dan membutuhkan waktu yang lama.

Kendala tersebut bisa diakibatkan dari semua pihak yang terlibat, seperti dari pembeli, penjual atau dari pihak penyedia rekber.

Contoh kendala yang dihadapi seperti pembeli terlambat melakukan pembayaran ataupun penjual menunda pengiriman barang.

Meskipun pada prinsipnya penggunaan fasilitas rekber adalah untuk menjamin keamanan antara penjual dan pembeli tapi kedua belah pihak harus tetap waspada dan pandai dalam memilih jasa rekber terpercaya.

Hal ini dikarenakan, pada saat ini banyak juga penyedia jasa rekber yang tidak bertanggung jawab bahkan ada penyedia jasa rekber yang melarikan uang dari transaksi online yang ada padanya.

Untuk mencari jasa rekber terpercaya dan terbaik di Indonesia maka sebaiknya anda bisa meminta referensi dari teman yang terbiasa melakukan transaksi online atau juga anda bisa melihat testimoni penggunaan rekber yang terpercaya.

Demikianlah pembahasan tentang Apa Itu Rekber (Rekening Bersama), Arti dan Cara Menggunakan Rekber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *