apa itu reseller dan cara menjadi reseller online shop

Apa Itu Reseller ? Dan Cara Menjadi Reseller Online Shop Untuk Pemula

Posted on

Apa itu reseller ? – Pada saat ini menjadi reseller online shop merupakan cara yang paling baik untuk memulai bisnis. Hal ini di sebabkan oleh perkembangan teknologi internet yang membuat banyak orang lebih senang untuk berbelanja secara online.

Berbeda dengan bisnis offline yang membutuhkan modal besar dan juga perizinan yang rumit, bisnis online dapat di lakukan dengan sederhana dan modal yang kecil.

Selain itu bisnis dengan model reseller dapat di lakukan dari rumah dan cukup dengan bermodalkan dengan smartphone.

Untuk memulai bisnis online, anda juga tidak harus memiliki karyawan dan dapat dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Bahkan anda tidak memerlukan tempat luas dan memiliki stok barang.

Berbisnis dengan cara menjadi reseller online shop dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar namun resiko usaha tergolong kecil. Hal ini dikarenakan seorang reseller online shop tidak membutuhkan modal besar bahkan terkadang tidak memerlukan modal sepeserpun alias gratis.

Bahkan ruang lingkup penjualan dapat menjangkau area yang lebih luas dengan biaya yang murah.

Apa itu reseller ?

apa itu reseller

Kata reseller berasal dari kata re (Kembali) dan seller (pejual) sehingga dapat di artikan sebagai penjualan kembali.

Menurut Wikipedia, reseller adalah perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa dengan tujuan untuk di jual kembali dan tidak untuk di gunakan sendiri. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga | Cara Berjualan Di Tokopedia Agar Laris Manis Bagi Pemula

Keuntungan reseller

keuntungan reseller

Banyak keuntungan yang bisa anda dapat dengan menjadi reseller apalagi anda mendapatkan supplier yang memberikan harga murah dan kemudahan dalam bertransaksi. Hal yang harus anda lakukan adalah membuat toko online anda ramai dikunjungi oleh konsumen.

Berikut beberapa keuntungan menjadi reseller online shop

  • Tidak memerlukan biaya yang besar untuk memproduksi barang
  • Banyak pilihan produk yang berkualitas sehingga anda dapat memilih produk terbaik
  • Dapat menentukan jenis produk yang akan di jual dan menentukan harga jual
  • Anda dapat menawarkan barang secara langsung kepada konsumen melalui gambar atau sampel. Selain itu anda juga dapat menjual melalui website
  • Resiko usaha tergolong kecil karena di kelola sendiri

Selain 5 keuntungan menjadi reseller diatas keuntungan yang bisa anda peroleh adalah memiliki banyak relasi bisnis. Hal ini dikarenakan seorang reseller biasanya tidak hanya bekerja sama dengan satu suplier saja.

Dengan banyaknya relasi ini tentunya dapat membuka peluang bagi anda untuk menjadikan bisnis anda lebih besar.

Cara menjadi reseller online shop untuk pemula

cara menjadi reseller online shop

Untuk menjadi reseller maka anda dapat bekerja sama dengan produsen, suplier,distributor, agen bahkan dengan reseller lainnya. Biasanya reseller akan memperoleh harga yang lebih murah dari harga pasaran.

Setelah mendapatkan barang maka reseller mempromosikan barang dan menjual kembali kepada konsumen dengan harga pasaran.

Untuk memperoleh barang, seorang reseller dapat membelinya langsung pada produsen atau suplier secara langsung atau membeli barang melalui internet.

Pada saat ini banyak reseller melakukan penjualan dengan cara membuat toko online dan berpromosi melalui situs, blog ataupun media sosial.

Baca juga | Toko Online Internasional Terpercaya dan Terpopuler

Tips menjadi reseller sukses

tips menjadi reseller sukses

Walau tergolong mudah untuk menjadi reseller bukan berarti untuk menjalankan usaha ini mudah. Di butuhkan strategi yang tepat agar usaha anda dapat berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor.

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk menjadi reseller maka anda dapat mengikuti tips berikut :

1. Mengenali produk

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi reseller adalah mengenali produk. Pastikan produk yang akan anda juga memiliki peluang dan prospek yang bagus untuk berkembang.

Dengan mengenali produk yang akan anda jual tentunya anda dapat membuat strategi untuk bersaing dengan reseller lainnya.

Popularitas merek dapat anda jadikan sebagai faktor untuk memilih produk. Dengan semakin populernya sebuah merek atau produk maka semakin mudah anda unntuk menjualnya.

Untuk mengetahui populernya sebuah produk maka anda dapat melihat iklan yang dilakukan oleh perusahaan atau reseller.

2. Bandingkan produk tersebut dengan produk lainnya.

Membandingkan produk sejenis dengan kompetitor merupakan langkah yang harus anda lakukan. dengan mencari kelebihan dan kekurangan produk anda dengan kompetitor tentunya akan membantu anda untuk menjelaskan kepada konsumen anda.

Sebelum anda menjadi reseller maka hal yang tidak boleh lupa adalah mempelajari profil perusahaan atau suplier anda.

Carilah berbagai informasi mengenai profile suplier anda sedetail mungkin. Jangan sampai anda menawarkan produk yang berasal dari suplier yang tidak terpercaya. Oleh sebab itu pastikan bahwa suplier yang anda pilih memang sudah terpercaya.

3. Memastikan suplier memiliki pelayanan yang prima

Agar jalannya usaha reseller tidak terhambat maka sebaiknya anda memilih suplier yang memiliki pelayanan yang prima.

Pastikan bahwa suplier yang anda memiliki online support yang cepat dan responsif.

4. Memaksimalkan pemasaran melalui media sosial

Salah satu kunci pemasaran saat ini adalah dengan memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dengan Memaksimalkan pemasaran media sosial yang populer ini dapat membantu anda untuk berpromosi untuk meningkatkan penjualan anda.

5. Memperbanyak relasi bisnis

Memiliki relasi bisnis yang luas merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Dengan memiliki relasi yang banyak maka anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Anda juga dapat belajar dan bertukar pikiran dengan relasi anda dalam memajukan usaha yang anda kembangkan. Namun anda harus tetap berhati-hati jangan sampai anda justru tertipu dengan relasi bisnis sendiri.

Baca juga | Produk Online Shop Terlaris Terpopuler Saat Ini

Kesimpulan

Pada saat ini untuk menjadi reseller tergolong sangat mudah bahkan anda dapat memulai bisnis dengan modal yang tidak banyak. Namun untuk menunjang kesuksesan anda maka sebaiknya anda mengalokasikan modal untuk menjalankan usaha.

Selain itu untuk menjalankan bisnis sebagai reseller tergolong tidak mudah karena persaingan usaha yang semakin ketat saat ini. Dalam dunia bisnis tentunya anda akan selalu berhadapan dengan resiko kerugian.

Oleh sebab itu, sebelum anda memulai untuk menjadi reseller sebaiknya anda menambah wawasan dan pengetahuan tentang bisnis dan juga cara pemasaran. Anda dapat mengikuti seminar, kursus atau juga bergabung dengan komunitas bisnis.

Bagi anda yang ingin menjadi reseller online maka sebaiknya anda juga mempelajari tentang internet marketing.

Demikianlah pembahasanan tentang apa itu reseller dan cara menjadi reseller untuk pemula. semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan juga menambah gambaran anda mengenai reseller online shop.

Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *