arti Cashback

Arti Cashback Adalah Serta Kelebihan dan kekurangan

Posted on

Arti Cashback – Bagi orang-orang yang senang berbelanja online, istilah cashback sering kali kita dengar terutama saat e-commerce melakukan promo.

E commerce tersebut memberikan berbagai promo-promo yang menarik pelanggan untuk melakukan pembelian dan salah satunya adalah cashback.

Jadi apa itu Cashback ?

Pengertian Cashback

Pengertian Cashback

Cashback adalah istilah yang berasal dari kata “cash” yang memiliki arti tunai dan “back” yang berarti pengembalian.

Jadi, pengertian cashback secara umum adalah penawaran yang di berikan untuk konsumen dalam bentuk pengembalian uang tunai atau virtual atau juga dapat berupa produk dengan persyaratan tertentu atas suatu transaksi pembelian.

Selain itu, arti cashback adalah bentuk pengembalian atas pembelian barang baik itu dalam bentuk tunai, non tunai, poin, voucher, dll.

Tujuan cashback ini dijalankan adalah untuk memancing konsumen untuk melakukan pembelian dalam jumla tertentu karena konsumen menganggap bahwa pembelian yang dilakukan adalah bentuk penghematan.

Strategi promosi dengan menggunakan cashback terbilang sangat jitu karena dapat menarik konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh merchant karena ingin mendapatkan cashback.

Pada dasarnya, cashback ini tidak benar-benar diberikan dalam bentuk uang tunai kepada konsumen.

Umumnya Cashback ini diberikan kepada konsumen dalam bentuk uang virtual atau deposit yang dapat digunakan oleh konsumen untuk membeli ulang pada merchant yang menyelenggarakan program cashback ini.

Dengan demikian, merchant dapat mengikat konsumen untuk melakukan pembelian ulang karena mereka memiliki deposit yang dapat digunakan.

Selain dalam bentuk deposit belanja atau voucher, bentuk cashback juga dapat berupa barang-barang yang menarik.

Baca juga | Istilah Dalam Online Shop Atau Jual Beli Online Terpopuler

Kelebihan dan Kelemahan Cashback

Cashback adalah

Cashback bisa didapatkan oleh konsumen bila mereka membayar barang sesuai dengan harga dan setelah transaksi maka sebagian uang akan dikembalikan.

Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga yang sebenarnya karena harganya sudah dipotong.

Kelebihan Cashback

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan konsumen dan perusahaan dengan adanya program cashback ini.

Kelebihan yang didapatkan oleh konsumen adalah cashback akan membuat masyarakat lebih implusif dalam berbelanja.

Hal ini dikarenakan dengan adanya cashback akan ada uang yang dikembalikan kepada mereka.

Sedangkan bagi merchant adalah meningkatkan jumlah transaksi dan juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Selain itu, cashback akan membuat transaksi berulang sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada perusahaan.

Baca juga | Pengertian Diskon Adalah, Jenis-Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi

Kekurangan Cashback

Selain terdapat keuntungan yang bisa didapatkan oleh pihak perusahaan dan konsumen, cashback juga memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan yang pertama adalah adanya syarat dan ketentuan seperti konsumen harus beberlanja dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan cashback.

Masa berlaku cashback tergolong terbatas seperti program cashback hanya dilakukan dalam waktu seminggu.

Dan bila masa berlaku berakhir maka cashback yang didapatkan oleh konsumen akan berakhir.

Selain itu, konsumen tidak bisa menentukan bentuk cashback yang mereka terima karena bentuk cashback sudah ditentukan oleh pihak merchant atau perusahaan.

Baca juga | Apakah Arti PO Dalam Online Shop Dan Jenis-Jenisnya

Kesimpulan

Berdasarkan dari pembahasan singkat diatas maka dapat disimpulkan bahwa arti cashback adalah bentuk penawaran yang dijalankan oleh merchant dengan memberikan persentase pengembalian atas sebuah transaksi.

Konsumen bisa mendapatkan cashback ini dengan melakukan pembelian dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh merchant.

Program ini dapat memberikan keuntungan bagi merchant karena dapat meningkatkan jumlah pembelian serta menambah pelanggan baru.

Oleh sebab itu, konsumen harus bijak dalam melakukan pembelian dan jangan mudah tergiur dengan promosi cashback karena anda harus mengatur rencana pengeluaran uang anda.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Cashback adalah Serta Kelebihan dan kekurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *