Arti OEM

Arti OEM (Original Equipment Manufacture) dan Pengertian ODM

Posted on

Arti OEM Adalah – Para pelaku bisnis selalu memiliki alasan dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalankan atau dikembangkan.

Hal ini terkait dengan sumber daya modal dan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pada bisnis manufaktur yang khusus bergerak dibidang jasa pembuatan produk terdapat dua istilah yang sering kita dengan yaitu Original Equipment Manufacture (OEM) dan Original Design Manufacture (ODM).

Baca juga | Pengertian Produk Adalah, Tingkatan dan Klasifikasi

Arti OEM (Original Equipment Manufacture)

oem adalah

Menurut Cope (2013), pengertian OEM adalah perusahaan yang melakukan produksi barang atau komponen yang dibeli oleh perusahaan lain kemudian dijual dengan merek dagang perusahaan yang membeli.

Dengan demikian, perusahaan OEM akan memproduksi produk perusahaan lain dan setelah itu perusahaan pembeli akan memasarkan produk tersebut dengan nama merek mereka sendiri.

Jenis produk OEM ini dapat kita jumpai pada berbagai produk seperti gadget, kompoter, komponen mesin kendaraan, dll.

Pada saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa produk OEM memiliki kualitas yang tidak sebaik dengan produk original.

Bahkan sebagian dari mereka menganggap bahwa produk OEM merupakan produk yang ilegal karena memiliki harga yang lebih murah.

Persepsi ini tidaklah benar karena seperti penjelasan diatas bahwa produk oem memiliki standar kualitas yang sama dengan produk original.

Akan tetapi, produk OEM tersebut tidak dilengkapi dengan pelayanan dan fasilitas seperti produk yang original.

Oleh sebab itu, bila anda membeli produk OEM tergolong legal dan dapat menghemat keuangan karena lebih murah dibanding dengan produk original.

Namun kelemahannya adalah bila barang tersebut mengalami permasalahan maka anda akan sulit mencari solusinya.

Oleh sebab itu sebaiknya sebelum anda membeli maka sebaiknya anda harus menelitinya terlebih dahulu.

Baca juga | Pengertian Proses Produksi dan Jenis Proses Produksi

Pengertian ODM (Original Design Manufacturer)

Original Equipment Manufacture

Pengertian ODM adalah sebuah perusahaan yang merancang serta memproduksi barang yang telah ditentukan dan pada akhirnya akan di cap oleh perusahaan lain untuk dijual.

Menurut Wikipedia,  pengertian Original Design Manufacturer adalah Perusahaan yang memproduksi dan merancang produk lalu diberi merek oleh perusahaan lain untuk dijual.

Hal ini dapat diartikan bahwa produk yang di produksi tersebut pada akhirnya akan dijual kembali oleh perusahaan pembeli kemudian perusahaan tersebut memasarkannya dengan merek perusahaan pembeli.

Perbedaan perusahaan OEM dan ODM dapat dilihat dari rancangan atau desain produk dimana ODM merancang serta memproduksi barang atas dasar spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan yang membeli.

Sedangkan OEM hanya memproduksi komponen atau produk atas dasar spesifikasi dan juga design dari perusahaan pembeli.

Pada saat ini, banyak perusahaan besa pemilik merek memanfaatkan jasa OEM dan ODM untuk memproduksi produk.

Keuntungan perusahaan pembeli adalah perusahaan pemberi jasa tidak harus melakukan investasi untuk menyediakan gedung, mesin, fasilitas produksi, peralatan produksi, tenaga kerja, dll.

Demikianlah pembahasan tentang Arti OEM (Original Equipment Manufacture) dan Pengertian ODM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *