arti po dalam online shop

Apakah Arti PO Dalam Online Shop Dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Perkembangan teknik internet di Indonesia saat ini sangat tumbuh dengan pesat. Hampir setiap hari semua orang mengakses internet untuk mencari berbagai informasi atau mencari produk. Dengan banyaknya pengguna internet ini juga telah dimanfaatkan banyak orang untuk berjualan.

Banyak orang yang mulai membuka Online Shop atau toko online yang menawarkan berbagai produk dan jasa.

Seiringnya waktu maka terciptalah beberapa istilah dalam jual beli di internet ini. Istilah-istilah dalam online shop ini terkadang tidak dimengerti oleh mereka yang masih awan tentang belanja online.

Beberapa istilah tersebut kebanyakan menggunakan singkatan yang bertujuan untuk mempermudah pengucapan dan juga di fahami oleh pelaku jual beli.

Salah satu istilah dalam online shop diantaranya adalah istilah kata PO. Kata ini banyak kita temui dan sering ditulis di berbagai toko online.

Sebenarnya arti PO dalam online shop memiliki beberapa pengertian sehingga banyak pelaku bisnis online yang salah kaprah dalam penggunaannya.

Arti PO dalam Online Shop

Beberapa istilah dalam online shop yang sering di singkat dengan kata PO di antaranya adalah Pay Out, Pre Order, Purchase Order.

Jika anda masih bingung dan belum memahami istilah tersebut maka akan saya coba bahas tentang beberapa arti PO dalam online shop tersebut.

1. Pay Out

istilah PO yang pertama akan saya bahasa adalah Pay Out. Pay Out merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam bisnis online yang berfokus pada program periklanan, bisnis afiliasi, dll.

Secara sederhananya arti PO (Pay Out) adalah pembayaran dana komisi yang diperoleh oleh member dari hasil pemasarannya.

Contoh Pay Out,
Seseorang mengikuti sebuah program afiliasi di perusahaan A dan dia melakukan pemasaran link afiliasi di websitenya.

Beberapa hari kemudian terjadilah pembelian melalui link afiliasi milikinya dan komisi yang diperoleh telah mencapai jumlah minimal Pay Out. Oleh sebab itu perusahaan akan melakukan Pay out kepada seseorang tersebut.

Jadi Pay Out dapat diartikan sebagai pembayaran komisi.

Baca juga | Apa itu COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya Dalam Online Shop

2. Pre Order

Istilah PO ke dua dalam Online Shop adalah Pre Order. Arti Pre Order dalam online shop adalah transaksi jual beli online yang dilakukan dengan cara pembeli terlebih dahulu harus melakukan pemesanan barang dan melakukan pembayaran.

Pembeli biasanya tidak membayar keseluruhan harga produk namun dia hanya membayar sebagian dari harga tersebut (DP). Proses pelunasan pembayaran biasanya dilakukan setelah barang sudah ready dan akan di kirim kealamat pembeli.

Kemudian penjual akan mengirim produk yang sudah di order tersebut pada tanggal yang sudah disepakati dengan pembeli.

Biasanya Pre Order ini dilakukan karena stok barang tersebut tidak langsung tersedia. Produk yang biasanya menggunakan sistem Pre order adalah produk custom (berdasarkan permintaan) atau produk yang di beli dari luar negeri.

Kelebihan Pre Order,

  • Tidak memerlukan stok dan pembeli dapat milih produk dengan model dan ukuran sesuai dengan keinginan tanpa khawatir kehabisan stok.
  • Harga barang biasanya lebih murah dibanding dengan barang yang ready stok
  • Pembeli bisa membayar sebagian dari harga terlebih dahulu dan melunasi setelah barang akan dikirim.

Kelemahan Pre Order,

  • Pembeli membutuhkan waktu untuk menerima barang karena barang harus dipesan terlebih dahulu.
  • Terdapat kemungkinan anda tidak memperoleh barang karena barang yang sudah dipesan telah habis pada produsennya.

Biasanya pembelian dengan sistem Pre Order ini memiliki syarat dan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh penjual.

Baca juga | 7 Situs Online Bisa COD Atau Bayar Ditempat Terpercaya Di Indonesia

3. Purchase Order

Isilah PO yang sering di gunakan dalam Online Shop adalah Purchase Order. Arti Purchase Order (PO) adalah dokumen yang dibuat pembeli untuk penunjukkan produk atau barang yang akan mereka beli dari penjual.

Dengan kata lain arti Purchase Order adalah kontrak kesepakatan antara penjual dengan pembeli tentang produk yang akan di beli oleh pembeli.

Purchase Order juga dapat di definiskan sebagai surat permintaan pembelian barang dari pembeli untuk penjual dengan mencantumkan jumlah dan harga barang,

Biasanya didalam Purchase Order terdapat detail perusahaan yang terlibat, tanggal pesanan dan juga berisi rincian tentang barang seperti nama produk, harga dan tamabahan informasi lainnya.

Ketika Purchase Order telah di kirim oleh pembeli kepada penjual kemudian penjual akan memutuskan apakan akan menerimanya atua tidak. Jika diterima maka Penjual akan mengeluarkan Invoice untuk pembeli berdasarkan pesanan pembeli.

Penggunaan Purchase Order ini memang terlihat sangat rumit untuk melakukan transaksi jual beli barang dalam Online Shop. Tapi proses pembelian dengan Purchase Order akan memberikan keamanan dan terhindar dari tindakan penipuan.

Demikianlah penjelasan tentang apakah arti PO dalam Online Shop dan jenis-jenis. Dengan memahami arti PO dan jenis-jenisnya maka anda tidak kesalahan fahaman dan salah dalam mencantumkan kata PO dalam berbelanja online.

One thought on “Apakah Arti PO Dalam Online Shop Dan Jenis-Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *