pengertian auditor

Auditor Adalah | Pengertian, Jenis-Jenis dan Kompetensi Auditor

Posted on

Auditor Adalah – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian audit maka pada artikel ini kita akan membahas tentang Seseorang atau lebih yang melakukan proses audit.

Sebuah aktivitas audit dilakukan oleh seseorang yang disebut dengan Auditor yang bertugas untuk menemukan ketidakwajaran yang terkait dengan informasi yang di sajikan.

Pengertian Auditor Menurut Para Ahli

auditor adalah

International Standard of Organization (2002)

Menurut International Standard of Organization, pengertian auditor adalah seseorang yang memiliki kompetensi untuk menjalankan atau melaksanakan proses audit.

Standar Profesional Akuntan Publik (2001)

Menurut Standar Profesional Akuntan Publik, pengertian auditor adalah seseorang atau lebih yang memiliki keahlian dan juga pelatihan teknis yang cukup sebagai auditor.

Abdul Hakim (2008:15)

Menurut Abdul Hakim, pengertian auditor adalah seseorang yang independen dan berkompeten untuk menyatakan pendapat atau pertimbangan tentang kesesuaian dalam segala hal yang signifikan terhadap asersi atau entitas dengan kriteria yang sudah di tetapkan.

Mulyadi (2002:130)

Menurut Mulyadi, pengertian auditor adalah akuntan yang profesional yang menjual jasa kepada masyarakat umum terutama bidang pemeriksaan laporan keuangan yang telah dibuat oleh kliennya.

Pemeriksaan tersebut biasanya ditujuakan untuk memenuhi kebutuhan kreditur, investor atau instansi pemerintah.

Berdasarkan dari beberapa pengertian auditor menurut para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa auditor adalah seorang profesional dan independen dalam bidang pemeriksaan yang memiliki peranan penting dalam kegiatan audit dan memiliki kemampuan untuk menjalankan proses audit sesuai dengan standar audit profesional.

Baca juga | Pengertian Audit, Jenis-Jenis, Tujuan, Standar dan Proses Audit

Jenis-jenis auditor

jenis jenis auditor

Menurut Arens, Elder dan Beasley (2012:14), ada sekitar 4 (empat) jenis auditor yaitu Auditor publik, auditor pemerintah, auditor pajak dan auditor internal

1. Auditor publik terdaftar

Seorang auditor publik menjual jasanya terutama dalam bidang pemeriksaan laporan keuangan kliennya dan

biasanya juga menjual jasa konsultasi pajak, konsultasi di bidang manajemen, penyusunan sistem akuntansi dan juga penyusunan laporan keuangan.

2. Auditor Pemerintah

Auditor pemerintah adalah seorang auditor yang bekerja untuk pemerintah yang memiliki tugas yang sama dengan tugas seorang akuntan publik.

Selain melakukan audit informasi laporan keuangan, auditor pemerintah juga sering melakukan evalusai terhadap efisiensi dan efektivitas operasional program pemerintah dan BUMN.

3. Auditor pajak

Auditor pajak merupakan auditor khusus didalam Kantor Akuntan Publik (KAP) dan penyidikan pajak.

Tanggung jawab auditor pajak adalah melakukan audit terhadap wajib pajak tertentu untuk menilai apakah wajib pajak tersebut telah memenuhi ketentuan undang-undang perpajakan.

4. Auditor Internal

Auditor internal adalah audit yang bekerja pada perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan audit untuk kepentingan perusahaan.

Seorang auditor internal harus dapat memberikan informasi bagi manajemen dengan tujuan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Ke empat jenis auditor diatas memiliki perbedaan yang terletak pada tugas,dan tempat mereka bertugas untuk melakukan audit.

Baca juga | Teknik Analisa Data : Pengertian, Jenis dan Tahapan Proses

Komponen Kompetensi Auditor

auditor

Menurut Sri Kurnia Rahayu dan Ely Suharyati (2010), Komponen kompetensi seorang auditor terdiri atas komponen pendidikan, komponen pengetahuan dan komponen pelatihan

1. Komponen Pendidikan

Kemapuan dalam bidang akuntansi dan auditing bisa diperoleh dari pendidikan formal yang kemudian dapat dikembangkan melalui pengalaman dan praktik audt.

Agar auditor dapat memenuhi persyaratan sebagai auditor profesioal, auditor harus menjalankan pelatihan teknis yang cukup.

Berdasarkan dari hal tersebut, komponen pendidikan ini dapat berasal dari pendidikan formal, pelatihan ataupun pendidikan berkelanjutan.

2. Komponen Pengetahuan

Pengetahauan seorang auditor dapat di ukur dari tingkat pendidikannya sehingga seorang auditor yang memiliki banyak pengetahuan dalam bidangnya maka dia dapat mendalami masalah lebih mendalam.

Selain itu seorang auditor juga dapat lebih mudah untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin kompleks.

Definisi pengetahuan dalam ruang lingkup audit adalah kemampuan auditor dalam menguasai dan memerikasa laporang keuangan perusahaan.

Setidaknya ada 5 (lima) pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang auditor, yaitu :

a. Pengetahuan tentang pengauditan umum

Contoh pengetahuan ini diantaranya seperti risiko audit dan prosedur audit yang biasanya bisa di dapat oleh auditor dalam pendidikan formal atau dalan pelatihan-pelatihan.

b. Pengetahuan wilayah fungsional

Maksud dari pengetahuan area fungsional ini adalah pengetahuan fungsional seperti pengauditan dengan menggunakan komputer.

c. Pengetahuan tentang isu akuntansi terbaru

Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang isu-isu akuntansi terbaru yang bisa doperoleh oleh audior dalam pelatihan profesioanal yang dijalankan secara berkelanjutan.

d. Pengetahuan tentang industri khusus

Sama seperti pada poin sebelumnya, pengetahuan tentang industri khusus ini bisa diperoleh dar pelatihan dan pengalaman auditor.

e. Pengetahuan tentang masalah bisnis dan solusinya

Pengetahuan ini biasanya diperoleh oleh auditor dari pelatihan dan pengalamannya.

Baca juga | Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagang yang Efektif

3. Komponen Pelatihan

Pelatihan yang diperoleh auditor dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perhatian kekeliruan yang terjadi.

Seorang auditor baru yang mendapatkan pelatihan tentang deteksi kecurangan akan mampu mendeteksi kecurangan lebih baik dibandingkan dengan auditor yang tidak menerima pelatihan.

Demikianlah pembahasan tentang Auditor Adalah | Pengertian, Jenis-Jenis dan Kompetensi Auditor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *