barang yang cepat laku dijual online

Cara Memilih Produk atau Barang yang Cepat Laku Dijual Online

Posted on

Apakah anda ingin berjualan online dan memiliki barang yang cepat laku dijual online ?

Tapi anda masin bingung untuk memilih produk yang akan dijual dan bagai mana memperolehnya.

Jika anda mengalami kesulitan untuk memilih produk maka saat ini saya akan memberikan beberapa cara  kepada anda untuk memilih jenis barang dagangan yang cepat laku.

Beberapa tahun terakhir ini, berbelanja online telah menjadi tren di Indonesia.

Semakin meningkatnya orang yang berbelanja online dikarenakan kemudahan untuk membeli sebuah produk tanpa menghabiskan waktu yang banyak.

Peningkatan pembelian online yang besar ini menjadi peluang usaha bagi anda. Bahkan banyak pedagang besar bahkan perusahaan yang mulai untuk memasarkan produknya di internet.

Jual Barang apa yang cepat laku di jual online?

Atau..

Apakah anda memiliki banyak pilihan produk namun bingung untuk menentukan pilihan?

Permasalahan itu sering menjadi kendala bagi seseorang yang baru akan memulai bisnis secara online.

Sebagian kegagalan bisnis online diakibatkan kesalahan pemula dalam memilih produk yang tepat.

Sebelum kita membahas tentang cara memilih produk yang laku dijual online, perhatikan dua contoh kasus berikut,

Contoh pertama,

Seseorang memulai bisnis online dengan menjual pakaian wanita. Setelah dia menjalankan usaha tersebut beberapa bulan ternyata tidak pernah terjadi transaksi jual beli.

Setelah diselidiki ternyata produk pakaian wanita tersebut sebenarnya memiliki permintaan  yang tinggi.

Namun yang menjadi permasalahan adalah kompetitor kita merupakan perusahaan besar dan berpengalaman.

Tentunya ini akan menyulitkan diri kita dalam berkompetisi dengan mereka. sehingga toko online anda tidak mampu bersaing dengan baik.

Contoh Kedua,

Ada seorang yang ingin berjualan online dengan produk makanan. Namun karena pilihan ide produk yang akan dijual, seseorang itu tidak dapat memutuskan untuk memulai untuk berjualan online.

Akhirnya dia tidak memulai berjualan karena tidak memiliki produk yang akan dijual.

Contoh diatas hanyalah salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika pemula membangun bisnis online. Salah satu kunci sukses dari bisnis online adalah pemilihan produk atau jenis barang dagangan yang cepat laku.

Jika anda telah menemukan barang jualan yang tepat maka produk, pemasaran, penjualan dan komunikasi dapat dioptimalkan dengan menarget kebutuhan dan keinginan konsumen.

Berdasarkan dari kedua contoh kasus tersebut maka pemilihan produk yang tepat dapat menentukan keberhasilan jualan online anda.

Anda harus  benar-benar memilih produk yang kondusif untuk pembelian dan menarik bagi pembeli online. Karena menjual melalui internet sangatlah berbeda dengan penjualan melalui toko offline.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Pemilihan jenis barang yang cepat laku dijual online

Pada saat anda inign menjual barang secara online maka anda harus memiliki beberapa kriteria khusus dalam memilih produk.Beberapa kriteria untuk memilih produk :

  • Produk tidak mudah pecah dan mudah untuk dikirim
  • Fisik produk tidak memakan banyak tempat.
  • Nilai produk bersifat ambigu. Artinya nilai barang tersebut tidak memiliki harga yang sudah ditetapkan dan semua orang tahu tentang itu.
  • Produk harus bersifat abadi sehingga nilai produk tersebut tidak akan berkurang walau lama tidak laku.
  • Bukan produk musiman yang hanya laku diwaktu tertentu.

kriteria tersebut adalah sebagaian panduan anda untuk memutuskan jenis barang yang cocok dijual online. Anda pun dapat mengembangkannya, sesuai dengan konsep toko online anda.

Setelah anda memiliki kriteria produk maka tahapan selanjutnya adalah anda harus mencari produk yang memiliki potensi dan peluang yang bagus.

Pentingnya memilih barang online yang cepat laku

Kesuksesan berbisnis online sangat dipengaruhi oleh pemilihan produk yang akan jual. Hal ini berarti anda harus memiliki barang yang cepat laku dijual online untuk menghadapi kompetisi yang akan anda hadapi.

Ada jutaan jenis produk yang dapat anda jual namun ini dapat membuat anda mengalami kesulitan untuk memutuskan produk yang akan di jual.

Anda harus memastikan produk tersebut memiliki pasar dan produk tersebut dapat menghasilkan keuntungan.

Selain itu pemelihan produk akan sangat berpengaruh terhadap beberapa hal berikut,

Branding

Ketika anda menjual produk alat bangunan, tentunya anda tidak akan memberikan sentuhan yang feminim pada media pemasaran anda. anda harus melakukan branding yang relevan dengan produk yang akan dijual.

Pemasaran

Ketika anda sudah memiliki produk tentunya akan melakukan segmentasi pasar yang sesuai. Dengan demikian anda dapat menghemat anggaran pemasaran anda.

Untuk menggali potensi dan peluang produk maka anda dapat melakukan hal berikut :

Cara memilih jenis produk untuk di jual.

1. Mengenali calon pembeli anda

Setelah anda mengetahui produk yang anda jual tentunya harus mengenali calon pembeli atau pelanggan anda.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips untuk membantu anda untuk menemukan pasar produk anda.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika anda telah menemukan produk sebaiknya anda mengenali target pasar anda.

Dengan memahami basis pelanggan anda sejak awal tentunya dapat membantu untuk menetapkan harga, merencanakan strategi pemasaran dan juga strategi branding.

Anda dapat memperoleh informasi tentang calon pembeli anda berdasarkan,

  • Demografi, yaitu anda mencari calon pelanggan berdasarkan populusi tertentu berdasarkan usia, jenis kelamin, etnis, pekerjaan, dll.
  • Psikografi, hampir sama dengan demografi namun psikografis lebih cenderung kepada memahami sikap dan prilaku konsumen. Anda dapat fokus pada kepentingan, kegiatan, kepribadian, dll.  Dengan demikian anda dapat memperoleh informasi tentang kebutuhan dan keinginan calon konsumen.
  • Sensitivas harga, anda harus dapat memastikan bahwa anggaran pembeli anda sejalan dengan harga produk anda. Dengan relevannya anggaran calon pembeli dan harga produk anda akan mempermudah anda dalam melakukan pemasaran.
  • Motivasi pelanggan, Mencari motivasi pelanggan bertujuan untuk memperoleh gambaran keinginan pelanggan untuk membeli produk anda.

2. Melihat kompetisi produk pada mesin pencari (Riset Pasar).

Kesalahan umum yang sering dilakukan dalam memulai bisnis online adalah tidak melakukan riset pasar.

Pemula tidak melakukannya karena menganggap riset pasar terlalu sulit. Padahal dengan riset pasar tersebut adalah cara terbaik untuk memahami kompetisi produk dan mengetahui tentang pelanggan anda.

Dengan riset pasar tersebut dapat membantu anda untuk meningkatkan kemungkinan kesuksesan bisnis online anda.

Cara terbanyak yang digunakan seseorang dalam berbelanja adalah dengan mencari produk langsung ke mesin pencari. Kemudian mereka akan mencari informasi tentang produk itu kemudian mereka melakukan transaksi setelah menemukannya.

Salah satu strategi penjualan dalam internet melalui lalu lintas ornganik mesin pencari. Oleh sebab itu anda harus mencari peluang kata kunci berdasarkan pencarian, volume dan kompetisi yang ada.

Namun strategi ini dibutuhkan pemahaman teknis tentang riset keyword dan juga SEO. Dengan menemukan kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk anda dapat memberikan peluang yang besar melalui lalu lintas organik dari google.

Bagi anda yang masih awam tentang penelitian kata kunci maka cara termudah untuk mendapatkan data tersebut adalah dengan google keywrod planner. Ini merupakan tools gratis yang di miliki oleh google.

Dengan alat ini, anda dapat melihat kata kunci yang tepat dan memiliki pencari. Google keyword planner juga dapat membantu untuk mendapatkan data permintaan produk dan perkiraan pendapatan yang akan anda hasilkan.

Selain itu anda dapat melakukan riset kompetisi dengan tren pasar. Tren pasar dapat membantu anda melihat seberapa baik produk anda. Dengan demikian anda dapat menyakinkan bahwa produk anda memang di minati oleh pasar.

Anda dapat memperoleh informasi tren pasar ini dari koran, toko lain, atau jurnal perdagangan.

Untuk memulai melakukan analisa kompetitor maka anda dapat mencoba beberapa hal berikut.

Buatlah daftar pesaing,

Hal pertama yang harus dilakukan dalam analisa kompetitor adalah dengan membuat daftar pesaing anda.

Anda dapat mencarinya di search engine berdasarkan produk yang akan anda jual. Pada mesin pencari tersebut anda akan menemukan semua kompetitor.

Mengkategorikan pesaing

Setelah memiliki daftar pesaing anda maka anda harus mengkategorikan pesaing anda.

Misal ,

Pesaing menawarkan produk yang sama dengan produk anda dan kemampuan finansial pesaing anda.

Kunjungi website pesaing

Dengan mengunjungi website pesaing anda maka anda akan mendapatkan informasi tentang produk mereka, informasi tentang harga, branding , testimoni pelanggan, dll.

Berlangganan email pesaing

Jika kompetitor anda memilik layanan berlangganan email maka sebaiknya anda mendaftar. Hal ini dapat membantu anda untuk mengintai cara berpromosi mereka melalui email. Jika tidak memiliki layanan berlangganan maka anda dapat melihatnya di media sosial pesaing.

Hal utama dalam melakukan riset pasar ini adalah memahami pesaing anda dalam menentukan harga dan cara pesaing dalam mempresentasikan produk mereka.

Dengan mengetahui informasi itu maka dapat membuat standar penjualan dan membedakan produk anda dengan pesaing.

3. Membangun brand produk yang unik dan menarik

Ketika anda sedang menjalankan bisnis online, maka hal yang menjadi prioritas adalah membangun brand atau merek produk.

Pada saat ini brand telah menjadi sebuah aset yang tidak terlihat dan juga menjadi pembeda dengan perusahaan lainnya.

Oleh sebab itu harus menggali potensi  produk agar menjadi brand yang kuat.Misal,

Apakah anda pernah mendengar brand produk Apple?

Tentunya brand tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kita. brand tersebut sudah dikenal dan memiliki diferensiasi produk komunikasi dan juga pengalaman pengguna.

Apple juga dikenal sebagai alat komunikasi yang memiliki nilai yang tinggi bagi penggunanya. Bahkan banyak produk lainnya yang memiliki spesifikasi yang lebih dari mereka. Namun sampai saat ini belum ada brand lain mengalahkan mereka.

Selain itu anda dapat menggunakan brand yang kuat untuk mendapatkan posisi yang ideal pada konsumen anda.

Dengan memiliki brand yang kuat maka anda akan memperoleh keuntungan diantaranya

  • Konsumen akan loyal kepada produk anda karena mereka telah percaya.
  • Nilai dari produk anda akan berada pada harga yang tinggi.
  • Mudah untuk memasarkan produk karena konsumen telah tahu dengan brand anda.

4. Mencari ketersedian produk

Langkah selanjutnya adalah anda mencari ketersediaan barang yang akan anda tawarkan.Ketersediaan barang ini dapat mempengaruhi keberlangsungan dari usaha online anda.

Anda harus meneliti luasnya ketersediaan barang termasuk apakah anda akan menjual variasi tambahan produk yang menjadi pilihan produk

Untuk mengamankan ketersediaan produk yang anda tawarkan maka anda harus mempertimbangkan harga dari produk tersebut.

Dengan menentukan biaya dari produk merupakan hal penting dalam memilih produk yang akan dijual. Besarnya biaya untuk mendapatkan produk adalah faktor terbesar bagi anda dalam menentukan harga.

Untuk mendapatkan produk, biasanya seorang yang berbisnis online menggunakan 3 cara yaitu,

1. Produk buatan sendiri

Cara ini merupakan cara paling umum yang dilakukan oleh mereka yang menciptakan produk sendiri.

Biaya produk meliputi pembelian bahan, biaya tenaga kerja, penyimpanan dan juga biaya pengiriman.

2. Menjadi dropship

Dengan cara ini memungkinkan anda memperoleh produk atau barang tanpa modal.

Biaya produk akan ditentukan berdasarkan pada biaya drop dengan nilai transaksi yang dikeluarkan oleh pemasok produk anda.

3. Pembelian langsung

Anda dapat mendapatkan barang dengan cara membeli langsung dari produsen secara grosir. Opsi ini akan menimbulkan  biaya terhadap produk diantaranya harga untuk memperoleh produk, biaya penyimpanan persediaan, pemeliharaan dan juga pengiriman.

Untuk membantu anda dalam mendapatkan produk pilihan anda yang sesuai maka saya menjelaskan tentang ketiga cara tersebut.

1. Membuat produk sendiri

Cara membuat produk sendiri merupakan cara yang paling dasar dan populer. Dengan menciptakan produk sendiri ini maka anda dapat memiliki kontrol penuh dan fleksibel dalam menentukan harga dan jumlah barang.

Dengan membuat produk sendiri tentunya harus memastikan untuk menyimpan persediaan dan juga anda harus bertanggung jawab ketika melakukan pengiriman.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika anda ingin membuat produk sendiri,

  • Bagaimana cara mendapatkan bahan baku untuk memproduksi produk.
  • Berapa harga bahan baku ini dan pengaruh terhadap harga produk yang diproduksi
  • Banyaknya waktu yang harus dihabiskan dalam memproduksi produk.
  • Memilih jasa pengiriman yang dapat membantu proses mengiriman produk untuk konsumen
  • Memastikan proses pengiriman dan  biaya lainnya
  • Menggunakan komunikasi yang tepat dengan konsumenSelain poin-poin diatas, anda dapat mempertimbangkan untuk menjalin hubungan dengan beberapa vendor.

Dengan di bantu oleh beberapa vendor tentunya dapat membantu anda untuk menjual produk yang anda produksi.

Baca juga | 15 Peluang Usaha Online yang Menguntungkan Saat Ini

2. Memperoleh dari Dropshipper

Jika anda tidak dapat memproduksi produksi sendiri untuk berjualan online maka anda dapat memperoleh barang dari dropshipper.

Dengan menggunakan dropshipping maka anda akan memperoleh produk tanpa harus memikirkan tentang persediaan barang, biaya penyimpanan atau pengiriman.

Anda juga dapat memilih barang  jualan paling laris dan paling dicari di toko online untuk memastikan bahwa produk anda memiliki pencari.

Dropshipping membuat anda dapat berjualan tanpa harus berhubungan langsung dengan produsen.

Beberapa kelebihan penggunaan Dropshipping,

  • Anda membayar produk setelah anda menjual produk, tentunya ini membuat resiko kerugian anda menjadi kecil.
  • Dengan menggunakan dropshipping anda tidak perlu mengeluarkan biaya persediaan karena produk merupakan tanggung jawab dropshipper.
  • Tidak melakukan pengepakan dan kerepotan dalam pengiriman. Karena semua proses pengepakan dan pengiriman merupakan tanggung jawab dropshipper.
  • Memiliki pilihan produk yang lebih luas dan bervariasi karena dropshipper menyediakannya.

Ketika anda memilih menggunakan dropshipper maka anda dapat memilih dua jenis dropshipper yaitu dropshipper individu atau dropshiper yang telah menjalin hubungan dengan berbagai dropshipper lainnya.

Pada saat ini, dropshipper yang telah memiliki akses ke berbagai dropshipper merupakan pilihan yang baik.

Karena dengan jenis dropshipper ini memiliki kelebihan diantarannya,

  • Katalog produk yang lebih banyak
  • Biaya lebih rendah
  • Mudah untuk menangani transaksi yang ada
3. Membeli langsung dari produsen atau grosir

Jika anda memiliki kontrol terhadap usaha online anda namun tidak memiliki produk maka membeli langsung dari produsen atau grosir adalah pilhan yang terbaik.

Ketika memilih produk dengan cara ini maka anda harus membangun komunikasi dengan produsen atau grosir.

Sehingga memperoleh kemudahan dan diskon atas barang yang dibeli. Tentunya ini dapat menambah keuntungan bagi usaha online anda.

Beberapa tips untuk membantu anda jika anda membeli langsung dari produsen atau grosir.

a. Temukan produsen/grosir dengan tawaran barang yang gampang dijual online.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan produsen atau grosir yang tepat. Cara paling mudah untuk menemukannya adalah dengan cara melakukan pada mesin pencari.

Anda juga dapat meminta kepada refrensi pada forum-forum bisnis online terpercaya. Setelah itu anda dapat membuat beberapa daftar produsen yang sesuai dengan produk anda.

b. Mengumpulkan informasi  produsen atau grosir yang telah dipilih

Setelah anda menemukan beberapa produsen atau grosir maka langkah selanjutnya adalah mengindentifikasi keselurannya.

Indentifikasi produsen atau grosir meliputi harga barang, cara pembayaran, kapasitas pengiriman dan garansi.

c. Membandingkan dan membuat keputusan pilihan anda.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat keputusan dan menentukan pilihan.

Anda dapat membandingkan berbagai informasi tersebut dan memilih produsen yang memiliki penawaran terbaik. Pertimbangkan juga dukungan pelanggan dan kemudahan untuk berkomunikasi.

Setelah anda memiliki pilihan maka selanjutnya anda adalah membangun hubungan dengan produsen atau grosir.

Kesimpulan

Memilih produk atau barang yang cepat laku dijual online merupakan pondasi utama dalam memulai berbisnis online. Hal ini merupakan dasar bagi anda dalam membuat desain website, strategi pemasaran dan biaya operasional.

Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis online anda sebaiknya anda meluangkan waktu untuk melakukan riset produk yang akan dijual.

Anda dapat memilih barang yang cepat laku untuk dijual online dengan memeprtimbangkan faktor-faktor dalam panduan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *