bisnis sampingan karyawan

Bisnis Sampingan Karyawan Bermodal Kecil yang Menguntungkan

Posted on

Bisnis sampingan karyawan – Pada saat ini menjadi seorang karyawan atau pekerja kantoran menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun terkadang pendapatan yang diperoleh seorang karyawan bebanding terbalik dengan kesibukan yang mereka kerjakan.

Seorang karyawan harus bekerja dari pagi hingga sore bahkan hingga malam hari namun gaji yang mereka peroleh tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Bahkan sebagian karyawan banyak berpikir untuk pindah kerja dengan perusahaan lain untuk mencari penghasilan yang lebih besar.

Salah satu jalan keluar bagi karyawan tersebut adalah memiliki usaha sampingan selain mereka bekerja sebagai karyawan.

Bisnis sampingan karyawan

Untuk menjalankan bisnis sampingan di tengah kesibukan anda sebagai karyawan bukanlah hal yang mudah. oleh sebab itu anda harus memiliki strategi membagi waktu antara bekerja di kantor dan menjalankan usaha.

Jika anda tidak dapat membagi waktu anda dalam bekerja dan menjalankan usaha maka sebaiknya anda mencari seseorang yang dipercaya untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tapi mencari orang yang dapat dipercaya bukanlah hal yang mudah karena orang tersebut harus mampu menjalankan bisnis dengan baik hingga dapat berkembang.

Anda dapat mengajak keluarga terdekat seperti istri atau istri untuk membantu untuk mengelola usaha sampingan anda.

Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis sampingan

  • Permodalan
  • Sumber daya yang tersedia
  • Lokasi usaha
  • Produk yang tepat
  • Pemasaran

Namun bisnis sampingan karyawan apa yang cocok dilakukan ?

Pada saat ini sebenarnya banyak peluang usaha sampingan bagi karyawan yang dapat anda lakukan. Sehingga anda dapat memilih 101 peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang cocok dan tepat bagi anda.

Intinya ketika anda sudah menjalankan usaha sampingan sebaiknya anda fokus pada satu usaha saja. Jangan sampai anda menjalankan banyak usaha sekaligus sehingga dapat mengatur waktu dengan mudah.

Baca juga | Dagang Apa yang Cepat Laku Saat Ini ? | Inilah Jawabannya

Macam-macam usaha sampingan

Berikut adalah beberapa contoh bisnis sampingan karyawan yang dapat anda lakukan :

1. Jualan pulsa

Berjualan pulsa merupakan salah satu bisnis sampingan karyawan yang mudah untuk dilakukan. Di tambah lagi banyaknya pengguna smartphone sehingga membuat kebutuhan akan pulsa akan terus meningkat.

Untuk memasarkan pulsa elektrik, anda dapat memulainya dengan menawarkan kepada teman kantor, keluarga, teman kantor, dll.

Modal yang di butuhkan untuk memulai berjualan pulsa relatif kecil yaitu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 1.000.000.

Untuk berjualan pulsa elektrik juga anda tidak membutuhkan tempat usaha karena anda dapat berjualan dengan hanya bermodalkan handphone yang anda miliki.

2. Berjualan sarapan

Jika anda memiliki hobi memasak maka bisnis sampingan ini dapat anda lakukan. Mungkin banyak orang yang masih menganggap remeh ide bisnis ini.

Tapi peluang ini sangatlah menjanjikan karena banyak karyawan yang tidak sempat untuk sarapan pagi. Tentunya hal ini dapat anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang dapat anda bidik.

Untuk memulai usaha ini maka anda dapat memulai untuk menawarkan dan memasarkan kepada teman sekantor ataupun tetangga dekat rumah.

Setelah itu anda dapat mengembangkan bisnis sarapan ini dengan memasarkan di kantor lain. setelah usaha anda berkembang dengan pesat maka anda dapat mulai untuk merekrut karyawan untuk membantu usaha anda.

3. Peluang usaha laundry

Usaha laundri merupakan usaha yang sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Usaha ini juga banyak di minati oleh pebisnis karena untuk menjalankan usaha laundri tergolong mudah.

Bahkan usaha laundri banyak dijalankan oleh karyawan sebagai bisnis sampingan. Untuk menjalankan usaha ini anda juga tidak perlu harus standby di tempat usaha karena anda dapat mempekerjakan beberapa orang untuk menjalankannya.

Poin terpenting dari bisnis laundri adalah tempat usaha dan pemasaran yang tepat. Tempat usaha yang strategis untuk bisnis laundri biasanya berada di daerah perumahan, kost-kostan pegawai atau mahasiswa, dll.

Di daerah tersebut biasanya jasa laundri sangat di butuhkan karena biasanya masyarakat di lingkungan tersebut tidak sempat untuk mencuci pakaian.

4. Bisnis cuci motor atau mobil

Hampir sama dengan peluang usaha laundri, bisnis jasa cuci motor atau mobil sangatlah cocok di jadikan sebagai bisnis sampingan karyawan.

Untuk memulai usaha cuci motor atau mobil sebaiknya anda mencari terlebih dahulu lokasi usaha yang strategis seperti lokasi usaha yang dekat dengan daerah perumahan, perkantoran ataupun daerah ramai lainnya.

Selanjutnya anda dapat mencari tenaga cuci motar atau mobil yang profesional sehingga kualitas dari cucian kendaraan anda bagus.

Tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kosumen karena tempat cuci motor atau mobil anda berkualitas.

5. Membuka warung kopi di malam hari

Ketika anda bekerja sebagai karyawan tentunya anda akan memiliki waktu luang ketika malam hari. tentunya hal ini dapat anda manfaatkan dengan membuka warung kopi pada malam hari.

Namun di butuhkan tenaga ektra dan modal yang cukup besar untuk menjalankan usaha ini. untuk mempermudah anda dalam menjalankan bisnis ini sebaiknya anda mencari tenaga kerja yang berpengalaman dan lokasi usaha yang tepat.

Baca juga | Dagang Keliling Terlaris : Ini Dia 7 Jualan Paling Laku Saat Ini

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak contoh bisnis sampingan karyawan yang dapat anda jalankan. Anda dapat memulai bisnis berdasarkan hobi anda.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda memulai bisnis sampingan :

  • Tidak fokus dan salah prioritas
  • Memiliki mindset yang keliru
  • Perencanaan bisnis yang salah
  • Tidak melakukan pemasaran yang tepat
  • Tidak membangun jaringan bisnis dengan baik.

Pada saat ini banyak karyawan yang tidak memiliki bisnis sampingan karena keterbatasan waktu. Namun pandangan ini tidak selamanya tepat karena mereka dapat menyisihkan sedikit waktu mereka untuk menjalankan bisnis sampingan.

Hal yang yang menjadi penghambat sebenarnya mereka tidak memiliki kemauan dan niat yang kuat untuk memulai bisnis sampingan.

Demikianlah beberapa contoh bisnis sampingan karyawan bermodal kecil dan menjanjikan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ide usaha sampingan bagi karyawan.

Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *