Pahlevi™

Tips Bisnis Sembako Untuk Pemula yang Menguntungkan

Bisnis Sembako Untuk Pemula – Sembako atau sembilah bahan pokok merupakan salah satu kebutuhan yang di butuhkan oleh orang banyak.

Hal ini membuat bisnis sembako merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan sehingga jenis bisnis ini dapat mudah kita temukan di lingkungan pemukiman.

Namun masih banyak orang yang memandang sebelah mata jenis bisnis ini, padahal bila dikelola dengan baik dan benar usaha ini dapat memberikan keuntungan yang besar.

Baca juga | Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis Dan Menguntungkan

Bisnis Sembako untuk Pemula

Bila anda tertarik untuk membuka usaha ini maka anda dapat mengikuti beberapa tips bisnis sembako untuk pemula berikut :

1. Membuat perencanaan usaha

Hampir semua bisnis yang berhasil, selalu di awali dengan perencanaan yang cukup matang.

Dengan adanya perencanaan didalam usaha, tentunya akan mempermudah kita untuk mengelola serta memahami kebutuhan dan yang tidak tidak dibutuhkan.

Oleh sebab itu, jangan sampai anda menjalan usaha sembako tanpa pernah membuat rencana yang bisa menjadi risiko anda.

Pastikan anda memahami segala hal yang harus dipersiapkan serta memahami berbagai faktor yang bisa membantu dan faktor penghambat bisnis anda.

Perencanaan bisnis dapat terdiri dari modal, produk sembako yang akan dijual, margin keuntungan, lokasi serta supplier.

2. Riset Pasar

Bila anda telah membuat perencanaan usaha sembako anda, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar.

Tujuan riset pasar ini adalah untuk mengukur peluang usaha anda untuk bersaing didalam bisnis sembako.

Didalam riset pasar ini, anda mencari kemungkinan persaingan usaha sejenis didaerah sekitar sehingga anda dapat mengukur kemampuan bisnis anda.

Selain itu anda meriset para pesaing, anda juga harus mencari target konsumen dengan cara melakukan interview kepada beberapa penduduk sekitar.

Bila respon yang diterima masyarakat cukup baik maka anda dapat melanjutkan dengan meminta masukan kepada mereka untuk membuat usaha sembako anda menjadi lebih baik.

Agar keuntungan usaha sembako lebih maksimal maka lakukanlah survey harga bahan sembako yang dijual di sekitar lokasi usaha anda.

Lakukan survey harga dipasar atau juga di warung-warung yang ada sehingga anda tidak menjual barang terlalu mahal atau terlalu murah sehingga untuk meminimalisasi kerugian yang timbul.

Keuntungan anda melakukan riset pasar ini juga anda bisa mengetahui budaya atau kebiasaan masyarakat sekitar.

Dengan adanya riset ini anda juga bisa mencari solusi dan menyusun strategi untuk menghadapi risiko-risiko yang mungkin timbul di masa mendatang.

Baca juga | Pengertian Riset Pasar Dan Cara Melakukan Riset Pasar yang Efekif

3. Memperhitungkan modal

Berdasarkan dari perencanaan dan hasil riset diatas maka langkah selanjutnya adalah memperhitungkan modal dengan tepat.

Perhitungkan semua hal yang terkait dengan usaha anda dari memperhitungkan pembelian barang dagangan, biaya operesional dan biaya-biaya lainnya yang timbul.

Catatlah semua kebutuhan modal agar anda memperoleh gambaran kebutuhan modal yang anda butuhkan.

Setelah anda menghitung jumlah modal yang dibutuhkan kemudian anda dapat memperhitungkan barang-barang dagangan yang memiliki potensi besar untuk dijual.

4. Memperhatikan tata letak barang dagangan

Salah satu hal yang terpenting dalam menjual sembako adalah memperhatikan tata letak barang dagangan dengan memaksimalkan ruangan yang ada.

Hal ini bertujuan agar menarik minat para pembeli karena barang dagangan terlihat rapi dan menarik.

Hal ini juga akan memberikan kenyamanan para pembeli karena kita memperhatikan tampilan dari toko kita.

Baca juga | Tips Mencari Peluang Usaha Baru Yang Menguntungkan

5. Menjual Sembako yang berkualitas

Selain anda memperhatikan tata letak barang dagangan sembako anda maka anda sebaiknya menjual barang-barang yang berkualitas dan disukai oleh pelanggan.

Selain itu anda dapat menyediakan jenis sembako dengan kualitas yang berbeda karena hal ini dilakukan agar pelanggan anda memiliki pilihan.

Berikanlah pembeli alternatif kualitas sembako berdasarkan keinginan dan kemampuannya.

Namun sebagai penjual yang baik maka anda harus menjaga kejujuran anda terhadap kualitas barang.

Untuk mendapatkan sembako yang berkualitas dengan harga yang murah maka anda harus pandai-pandai mencari suplier yang tepat.

Demikianlah pembahasan tentang Tips Bisnis Sembako Untuk Pemula yang Menguntungkan.

Summary
Article Name
Bisnis Sembako Untuk Pemula yang Menguntungkan
Description
Salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan menguntungkan saat ini adalah berjualan sembako. Berikut beberapa tips Bisnis Sembako Untuk Pemula..
Author
Publisher Name
Pahlevi Net
Publisher Logo
Exit mobile version