bisnis untuk mahasiswa pemula

Peluang Usaha Dan Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Posted on

Bisnis untuk mahasiswa pemula – mungkin saat ini anda masih berstatus mahasiswa dan sedang mencari pekerjaan sampingan untuk memperoleh tambahan penghasilan.

Jika anda sebagai mahasiswa kreatif, mampu melihat peluang dan berani mengambil resiko sebenarnya banyak peluang usaha untuk mahasiswa. Dengan memiliki tambahan penghasilan tersebut maka anda tidak akan tergantung kepada kiriman orang tua.

Memulai usaha semenjak mahasiswa sebenarnya tidak hanya menambah penghasilan kantong anda. selain itu manfaat dari memulai usaha sejak mahasiswa anda dapat dijadikan pengalaman ketika anda menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Dengan berbisnis sejak awal maka anda akan mencuri start menuju kesuksesan semenjak muda ketika orang lain hanya sibuk belajar.

Sebelum anda memilih peluang usaha yang akan jalankan maka sebaiknya anda mengikuti beberapa tips berikut :

  • Memilih usaha berdasarkan hobi anda sehingga ketika menjalankan usaha tidak merasa jenuh dan lelas. Terkadang jika anda mulai jenuh akan menimbulkan rasa malas sehingga berbahaya bagi bisnis anda.
  • Carilah peluang usaha yang di butuhkan oleh mahasiswa hal ini dkarenakan target terbesar anda adalah kalangan mahasiswa.
  • Ketika anda sudah memulai usaha maka promosikanlah di sosial media. Dengan demikian anda dapat menarik pelanggan dengan promosi yang mudah dan gratis..
  • Terus belajar dan praktek agar bisnis anda dapat berkembang dan tumbuh menjadi besar.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Dilahan Sempit Untuk Pemula

Bisnis untuk mahasiswa pemula

bisnis mahasiswa tanpa modal

Untuk mempermudah anda dalam memilih peluang usaha untuk mahasiswa maka berikut beberapa peluang usaha yang cocok dan menjanjikan untuk mahasiswa :

1. Jasa pengetikan dan print

Menjadi mahasiswa selalu identik dengan tugas kuliah yang harus di ketik dan di cetak dalam kertas. Tentunya hal ini menjadi sebuah peluang bagi anda untuk membuka usaha jasa pengetikan dan print. Hal ini dikarenakan masih banyak mahasiswa yang mempunyai perangkat komputer dan juga printer.

Peluang usaha jasa pengetikan dan print merupakan usaha yang cocok bagi mahasiswa. Peluang suaha ini sangat cocok dengan mahasiswa yang memiliki tempat tinggal dekat dengan lokasi kampus.

Anda juga dapat menawarkan kepada teman-teman mahasiswa tentang usaha jasa pengetikan dan print yang anda miliki.

Untuk memulai jasa pengetikan dan print maka anda harus memiliki fasilitas komputer dan juga printer. Dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan mengetik dengan cepat adalah modal yang harus di miliki.

2. Les private atau bimbingan belajar

Peluang usaha les private atau bimbingan belajar tergolong bisnis mahasiswa tanpa modal yang mudah dilakukan dan cukup menjanjikan.

Anda dapat menawarkan les private kepada pelajar SD, SMP ataupun SMU yang mengalami kesulitan mata pelajaran tertentu.

Bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan oleh mahasiswa karena tidak memerlukan banyak modal. Anda dapat melakukan binis ini secara perorangan atau bersama beberapa teman lainnya yang memiliki kemampuan memberikan les private atau bimbingan belajar.

Selain mata pelajaran sekolah, anda juga dapat memberikan les private pada bidang lain seperti les gitar, les piano, renang, dll.

Untuk memulai usaha les private atau bimbingan belajar anda dapat melakukan promosi di sekolah-sekolah, melalui iklan ataupun anda dapat door to door dari satu rumah kerumah lainnya.

3. Penulis artikel online

Jika anda memiliki kemampuan untuk menulis maka menjadi penulis online merupakan bisnis rumahan untuk mahasiswa yang tepat. saat ini menjadi penulis online merupakan salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan kebutuhan penulis artikel yang sangat tinggi terutama kebutuhan blogger untuk mengisi konten pada blog mereka. Biasanya tema penulisan artikel sangat bermacam-macam dari artikel tutorial, kesehatan, teknologi, dll.

Selain kemampuan untuk menulis, untuk menjadi penulis online anda harus memiliki komputer atau laptop dan jaringan internet.

4. Jual beli buku bekas

Meluang jual beli bekas merupakan bisnis anak kuliah modal kecil yang jarang di lirik oleh mahasiswa. Padahal potensi peluang usaha ini masih sangat lebar.

Dengan semakinnya mahalnya harga buku kuliah dan tingkat kebutuhan akan buku tersebut tinggi tentunya buku bekas menjadi alternatif yang baik. Hal ini membuka peluang bagi anda untuk memulai usaha jual beli buku bekas.

Anda dapat membeli buku bekas yang masih layak dari teman mahasiswa ataupun anda dapat berburu di penjual buku bekas. Kemudian anda dapat menawarkan buku-buku tersebut pada teman-teman anda.

Berjualan buku melalui media sosial juga menjadi pilihan yang tepat karena anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Berjualan pulsa

Peluang usaha berjualan pulsa merupakan bisnis yang paling banyak di lakukan oleh mahasiswa. Selain mudah berjualan pulsa juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sebenarnya keuntungan berbisnis pulsa ini tidaklah terlalu besar namun jika dikelola dengan baik maka keuntungan yang diperoleh sangatlah menjanjikan.

Namun usaha berjualan pulsa di kalangan mahasiswa harus sedikit memerlukan modal yang sedikit besar. karena biasanya mahasiswa akan melakukan pembayaran setelah mereka mendapatkan kiriman dari orang tua. Sehingga anda harus memiliki tambahan modal untuk menutupi pembelian pulsa yang belum terbayar.

Anda juga harus memiliki pembukuan yang baik untuk mencatat transaksi yang ada.

6. Jasa desain grafis

Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian desain grafis maka jasa pembuatan desain grafis adalah peluang usaha yang tepat untuk anda. anda harus menguasai beberapa aplikasi edit gambar seperti Corel Draw, Photoshop, dll.

Jasa desain grafis saat ini sangat dibutuhkan seiring dengan pekembangan bisnis online dan bisnis kreatif di Indonesia sehingga membuat jasa desain grafis sangat di cari.

Anda dapat memulai usaha ini dengan mengerjakan desain kaos, buat logo, edit foto dan jasa desain grafis lainnya.

7. Peluang usaha isi ulang parfum

Harga parfum yang sangat tinggi membuat kalangan mahasiswa menggunakan parfum isi ulang. Selain murah, wangi parfum isi ulang terkadang identik dengan parfum aslinya. Hal ini membuat penggunaa parfum isi ulang dikalangan mahasiswa saat ini menjadi populer.

Untuk menjalankan peluang usaha ini sangatlah mudah dan dapat dijalankan oleh mahasiswa. Hal paling penting dalam menjalankan usaha isi ulang parfum adalah lokasi berjualan yang strategis dan banyak dilalui banyak orang. Selain itu usaha refill parfum ini tidak memerlukan tempat yang luas.

8. Jasa penerjemah

Jasa penerjemah merupakan peluang usaha yang banyak dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan modal paling utama dari bisnis ini adalah keterampilan menerjemahkan bahasa. Bahkan usaha ini terkadang berlanjut setelah mereka sudah tidak lagi menjadi mahasiswa.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha jasa penerjemah maka anda harus menyediakan peralatan seperti komputer atau laptop.

Usaha ini sangat cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa karena dapat melatih kemampuan dan keahlian mereka dalam berbahasa.

9. Jasa fotocopy dan Jual Alat tulis

Jika anda memiliki tempat usaha dekat dengan kampus, daerah perkantoran, sekolah, dll maka usaha jasa fotocopy dan jualan alat tulis adalah usaha yang tepat. Dengan berada dekat dengan target market potensial maka anda mudah untuk menjalankan sekalipun anda seorang pemula.

Jika anda belum memiliki modal yang terlalu besar untuk membeli mesin fotocopy maka dapat menyewa terlebih dahulu. untuk pemeliharaan mesin fotocopy juga terbilang murah dan mudah.

Keuntungan yang diperoleh dari usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Oleh sebab itu jika anda sebagai mahasiswa maka dapat mempertimbangkan peluang usaha jasa fotocopy dan jual alat tulis sebagai pilihan terdepan.

10. Jual kaos

Peluang usaha untuk mahasiswa yang sangat di favoritkan adalah berjualan kaos. Memang bisnis satu ini banyak mengantarkan banyak mahasiswa menjadi pebisnis yang sukses.

Banyak kita dengar mahasiswa yang berjualan kaos memperoleh omset puluhan juta hingga milyaran rupiah.

Tentunya anda juga dapat memulai untuk berjualan kaos sekalipun anda pemula. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah mencari konveksi dan tempat sablon yang bagus. Kemudian anda membuat desain kaos yang unik agar kaos anda terlihat menarik. Anda dapat membuat gambar lucu atau kata-kata yang unik.

Baca juga | Peluang Usaha Di Desa Terpencil Paling Menjanjikan Dan Potensial

Kesimpulan

Memulai usaha sejak menjadi mahasiswa sebenarnya banyak keuntungan. Selain memperoleh tambahan penghasilan, anda juga dapat belajar untuk menjalankan bisnis dengan benar.

Dengan bermodalkan pengalaman anda dalam menjalankan bisnis tentunya juga dapat menjadi bekal anda ketika menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Demikianlah beberapa contoh peluang usaha  dan bisnis untuk mahasiswa pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *