cara bisnis online baju

Cara Bisnis Online Baju Untuk Pemula Tanpa modal Agar Sukses

Posted on

Apakah anda tertarik untuk berjualan baju secara online ?

Namun terkendala dengan masalah permodalan

Saat ini banyak orang yang mencoba untuk berjualan secara online dan produk yang paling banyak diminati adalah baju. Tapi sebagian dari mereka masih belum memulai berjualan online karena mereka tidak mengetahui bagamana cara bisnis baju online

Baju merupakan salah satu produk yang paling di cari dan paling banyak peminatnya di toko online. Oleh sebab itu banyak toko online yang memanfaat hal ini sebagai peluang untuk berjualan baju.

Sebelum anda memulai untuk berbisnis baju online sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Mempelajari dasar-dasar bisnis online

Ketika anda hendak ingin berjualan baju online sebaiknya anda harus mempelajari dasar-dasar bisnis online. Tanpa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk berbisnis online anda akan sulit menghadapi kesulitan dalam menjalankan bisnis online.

Anda harus mempelajari bagaimana cara berjualan di internet dan juga memiliki strategi pemasaran online.

2. Menguasai produk yang akan di jual

Hal yang tidak kalah penting ketika anda akan memulai bisnis online maka menguasai produk yang ditawarkan.

Jangan sampai ketika anda memulai berjualan anda tidak menguasai produk sehingga tidak menjelaskan produk pada konsumen.

Anda harus mengetahui tentang kelebihan dan kelemahan produk jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

3. Mengetahui bagaimana melayani konsumen dengan baik

Salah satu kemampuan yang harus anda kuasai adalah mengetahui bagaimana melayanai konsumen dengan baik.

Anda harus dapat melayani konsumen dengan baik mulai dari mereka bertanya, proses pengiriman yang cepat, memperhatikan konsumen hingga cara menghadapi komplain konsumen.

Dengan kepuasan konsumen tentunya akan meningkatkan reputasi toko online anda dan tentunya pembeli akan memberikan testimonial yang bagus.

Baca juga | Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop yang Efektif Hingga 439 %

Cara bisnis online baju untuk pemula

cara bisnis online baju untuk pemula

Salah satu keuntungan berjualan baju online adalah anda dapat menentukan harga dengan fleksibel. pemiliki dapat menentukan harga dengan mudah karena produk baju tidak dapat dibandingkan antara toko online satu dengan toko online yang lainnya.

Oleh sebab itu pemilik toko online dapat menaikkan atau menurunkan harga sesuai dengan model yang di jual.

Selain itu model baju saat ini terus berkembang sehingga bisnis online tidak akan pernah ada matinya.

Baca juga | Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses Dengan 5 Langkah Paling Mudah

1. memilih produk

usaha online shop baju

Hal pertama yang harus dilakukan ketika anda memulai berbisnis baju online adalah memiliki produk. Untuk memiliki produk maka anda dapat menggunakan beberapa cara berikut :

  • Menjual baju yang diproduksi sendiri
  • Mencari baju yang dijual di pasar kemudian di jual kembali
  • Menjadi dropship atau reseller
Menjual baju yang diproduksi sendiri

Membuat produk sendiri merupakan cara paling efektif memperoleh barang dan juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Namun bagi pemula memproduksi baju sendiri memerluakan waktu yang lebih panjang karena harus mampu menentukan desain baju sendiri. Setelah produksi baju telah selesai maka mereka harus memikirkan cara untuk membangun jaringan jualan dan juga target market yang akan di tuju.

Anda dapat mempekerjakan penjahit untuk membuat pakaian anda dan buatlah merek untuk produk anda sendiri.

Kedua hal tersebut harus berjalan secara bersamaan karena jika salah satu tidak berjalan tidak sempurna akan menghambat perkembangan bisnis online baju anda.

Oleh sebab itu menjual baju dengan produksi sendiri sebaiknya di hindari oleh pemula karena proses yang begitu panjang dan memakan waktu yang lama..

Mencari baju yang dijual dipasar kemudian dijual kembali

Untuk memperoleh baju jualan maka anda dapat memperolehnya dari pasar. Anda dapat mencari model-model baju yang sedang tren kemudian anda jual kembali secara online.

Anda bisa memperoleh baju dengan harga murah di pasar Tanah Abang, pasar Senen atau pasar-pasar terdekat didaerah anda.

Pasar Tanah Abang merupakan pasar yang menjadi favorit para pedagang pakaian karena harga dipasar ini tergolong murah dan model baju yang tersedia sangat bervariasi.

Memperoleh baju dengan menjadi reseller atau dropship

Cara paling populer dalam berjualan baju online adalah dengan menjadi reseller atau dropship. Hal ini dikarenakan dengan menjadi reseller atau dropship tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Selain itu dengan menjadi reseller atau dropship anda akan terhindar dari resiko kerugian yang besar.

Namun menjual baju dengan menjadi reseller atau dropship memiliki beberapa kelemahan yang harus anda hadapi. Dengan menjadi reseller atau dropship maka anda tidak memiliki pengetahuan tentang produk yang anda jual dan anda tidak bisa melakukan kontrol terhadap kualitas yang anda jual.

Oleh sebab itu jika anda ingin menjadi reseller atau dropship anda harus benar-benar memilih agen atau distributor yang terpercaya.

2. Memilih media pemasaran

bisnis online baju

Setelah memiliki produk maka langkah kedua yang harus anda lakukan adalah memilih media pemasaran untuk meng-online-kan bisnis anda.

Beberapa media pemasaran yang sering digunakan oleh internet marketer adalah sosial media, email marketing, blog atau website, dll.

Bagi anda yang masih baru memulai bisnis online maka dapat menggunakan berbagai media online gratis yang banyak tersedia di internet.

Sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter merupakan media pemasaran online gratis yang dapat anda maksimalkan. Jika anda telah memiliki website atau blog maka semua sosial media yang telah dimiliki harus diarahkan juga menuju website anda.

Media pemasaran online gratis lainya yang dapat anda gunakan adalah Marketplace. Marketplace seperti Tokopedia, Olx dan bukalapak merupakan cara paling mudah untuk memasarkan produk anda.

Bahkan anda dapat membuka toko online secara gratis dan mudah di marketplace tersebut.

3. Mengatur cash flow bisnis online anda dengan baik

cara bisnis online baju untuk pemula

Pengaturan cash flow bisnis online anda harus anda perhatikan dan anda ukur. Anda dapat membuat perhitungan cash flow yang sederhana namun harus tetap terukur.

Dengan mengetahui dan menghitung cash flow maka anda dapat mengetahui profit dan juga dapat membantu menyusun strategi untuk bisnis online anda.

Banyak pebisnis online pemula yang melupakan dan tidak menghitung cash flow mereka sehingga bisnis mereka hanya berjalan tanpa pekembangan.

Baca juga | Cara jualan baju online agar cepat laku dan laris

Kesimpulan

cara berbisnis pakaian

Jualan baju online merupakan salah satu bisnis online paling populer dan digemari saat ini. hal ini dikarenakan kemudahan dan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Selain itu berbisnis online dapat dilakukan kapapun dan dimanapun. Keuntungan bisnis online baju terbilang sangat menjanjikan.

Beberapa tips tambahan untuk anda yang ingin berbisnis online baju :

  • Percaya diri
  • Memiliki niat dan kemauan yang kuat
  • Terus belajar dan belajar
  • Tetap disiplin dan optimis
  • Praktek dan praktek

Apakah anda mulai tertarik untuk berbisnis baju online ?

Jika anda mulai tertarik maka tidak ada salahnya jika anda untuk mencoba untuk memulainya hingga sukses.

Demikianlah cara bisnis online baju untuk pemula tanpa modal agar sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *