jualan baju online

Cara Jualan Baju Online Agar Cepat Laku Dan Laris

Posted on

Jualan baju online merupakan salah satu cara cari uang di internet yang sangat digemari saat ini. Hal ini dikarenakan fashion telah menjadi gaya hidup masyarakat modern terutama wanita.

Perkembangan teknologi informasi memungkinkan banyak orang untuk berjualan baju secara online. Kemudahan dalam membuat online shop atau toko online membuat semakin banyaknya orang memulai untuk menjual pakaian.

Jika anda memiliki niat untuk membuka toko online maka diperlukan cara jualan online yang tepat agar dapat bersaing dengan pedagang lainnya.

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang cara memulai berjualan baju secara online agar cepat laku dan laris.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Manfaat jualan baju online

Berjualan secara online memiliki banyak manfaat bagi anda yang berjualan baju. Pada saat ini banyak orang yang mencari produk secara online karena kemudahan dan kepraktisannya.

Secara umumnya, manfaat jualan baju secara online diantaranya,

  • Tidak membutuhkan tempat dan dapat beroperasi selama 24 jam
  • Dapat dilakukan siapa saja dan mudah untuk dilakukan
  • Jangkauan pasar sangatlah luas
  • Tidak membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak
  • Informasi dapat anda sampaikan secara mendetail
  • Tidak memiliki batasan geografis

Mengapa bisnis fashion sangat menguntungkan untuk anda?

Sebenarnya banyak alasan mengapa jualan baju online menjadi pilihan yang tepat dalam berbisnis online.

Namun alasan paling banyak dikemukakan oleh penjual baju online diantaranya,

  • Tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak
  • Harga pakaian lebih fleksible karena model baju belum tentu ada di toko online lainnya
  • Pilihan model atau varian baju sangat banyak sehingga anda tidak khawatir kehabisan model

Setelah anda mengetahui manfaat dan alasan mengapa harus berjualan baju online. Maka tahap selanjutnya adalah anda harus mengetahui beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuka toko baju online anda.

Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum berjualan online baju,

1. Memilih jenis baju yang akan dijual

Memilih jenis baju yang akan kita jual merupakan pondasi utama dalam memulai berbisnis. Jenis baju yang anda pilih tersebut akan berpengaruh terhadap desain toko, menentukan konsumen dan juga cara untuk berpromosi.

Anda tidak boleh sembarangan memilih jenis baju untuk di jual sebelum melakukan riset. Riset ini dilakukan agar anda memperoleh gambaran bahwa produk fashion yang anda jual memiliki peminat.

Jenis baju sendiri memiliki banyak varian dari baju couple, baju korea, baju muslimah, baju anak, baju wanita atau baju kaos. Disini anda harus menentukan jenis baju mana yang akan dijual.

Untuk pemilihan tersebut maka anda dapat melakukan beberapa riset agar produk anda memiliki peminatnya.

Cara paling mudah untuk melakukan riset produk baju adalah dengan cara melihat kebiasaan konsumen dan tren baju yang sedang berkembang.

Untuk mengetahui perkembangan tren fashion maka bisa anda dapatkan di majalah fashion, media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Anda juga dapat memperoleh tren dengan cara melihat koleksi terpopuler dengan mengunjungi online shop populer. Kunjungi beberapa online shop sehingga anda akan memperoleh beberapa refrensi yang populer.

Selalin itu anda bisa mencari beberapa supplier baju atau grosir baju murah online shop untuk mencari produk baju yang populer.

Untuk memantau tren di mesin pencari google maka gunakan alat gratis dari google yaitu google trend. Anda dapat memperoleh banyak informasi tentang tren baju yang banyak dicari.

Dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kompetisi juga akan mempermudah positioning bisnis anda.

Hal ini dapat membuat toko anda akan mudah untuk dikenal oleh pelanggan. Tentunya akan mempermudah untuk mengembangkan bisnis online anda.

Bagi anda yang ingin berjualan baju secara online saya akan memberikan anda beberapa referensi jenis baju yang paling laris di pasaran.

Berikut beberapa produk fashion yang paling laris dipasaran yang dapat anda jadikan referensi,

Baju muslim

Mayoritas penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi anda yang ingin berjualan baju online.

Berjualan baju muslim merupakan jenis baju yang banyak di pilih karena memiliki pangsa pasar yang sangat besar.

Baju anak-anak

Berjualan baju anak-anak merupakan salah satu peluang usaha yang potensial bagi anda. Pada saat ini berbagai jenis model baju anak-anak tersedia dalam berbagai model, hal ini menunjukkan bahwa perkembangan dunia fashion anak-anak sudah berkembang dengan sangat pesat.

Jersey olahraga

Jersey olahraga terutama jersey sepakbola merupakan jenis baju yang mudah untuk dijual online. Anda dapat memilih jersey club sepakbola yang memiliki basis penggemar terbesar di indonesia seperti jersey Manchester United, Real Madrid, Barcelona dan Liverpool.

Baju korea

Perkembangan fashion anak muda di indonesia terutama kaum wanita pada saat ini banyak mengikuti tren  baju korea. Tentunya ini merupakan peluang bagi anda yang ingin berjualan pakaian secara online.

Baju ala korea ini di minati oleh anak muda di Indonesia terutama oleh wanita karena desain baju korea sangat unik dan menampilkan sisi feminin seorang wanita.

Baca juga | Cara Memilh Produk Atau Barang yang Cepat Laku Dijual Online

2. Membuat foto dan kemasan yang menarik

Mengemas produk dengan baik tentunya dapat membuat kesan yang menarik pada pembeli. Oleh sebab itu anda harus dapat menampilkan produk secara menarik.

Anda dapat membuat foto atau gambar yang menarik sehingga ketika ditampilkan dapat menarik.
Foto yang menarik merupakan salah salah satu elemen penting didalam berjualan online. Kualitas foto yang buruk tentunya akan membuat produk anda menjadi tidak menarik dan sulit untuk di fahami oleh pembeli.

Bahkan hal ini dapat mengecewakan konsumen ketika terjadi pembedaan antara produk yang mereka beli dengan foto yang anda tampilkan.

Tentunya reputasi toko anda dipertaruhkan karena anda akan dinilai penipu oleh konsumen anda sendiri.

Beberapa tips untuk membuat foto yang menarik,

Menggunakan desain yang simpel

Ketika anda akan membuat foto untuk jualan baju anda maka sebaiknya membuat kemasan yang baik dan menarik. Buatlah desan foto yang simpel namun harus tetap menarik.

Membuat foto yang memiliki desain yang rumit justru akan membuat konsumen menjadi bingung dan enggan melihat produk anda.

Selain itu buatlah sebuah foto yang unik sehingga produk baju anda memiliki ciri khas dan mudah untuk dikenali.

Anda juga harus mengambil gambar produk baju anda dari beberapa sudut dan juga memberikan informasi kondisi produk. Pengambilan gambar dari beberapa sudut ini dapat membantu pembeli mengetahuin kondisi barang yang ditawarkan.

Untuk membuat foto yang fokus pada produk anda maka buatlah foto dengan latar belakang yang polos. Latar belakang yang polos dapat membantu pembeli untuk tetap fokus pada produk.

Anda dapat menggunakan model agar produk anda terlihat lebih menarik dan hidup. Bagi online shop baju, hal ini dapat membantu pembeli membayangkan jika baju tersebut saat dipakai.

Anda dapat menambah properti lainnya tapi jangan sampai membuat fokus pembeli terpecah terhadap properti tambahan tersebut.

Membuat foto dengan warna yang cerah

Foto yang bagus adalah foto yang dapat menjelaskan produk baju yang anda jual. Oleh sebab itu membuat foto merupakan salah satu prioritas ketika anda akan jualan baju online.

Faktor penunjang dari foto yang jelas adalah menggunakan background yanng cerah. Latar belakang yang cerah dapat membantu untuk meningkatkan kecerahan foto.

Namun jika produk baju anda berwarna cerah maka anda dapat menggunakan background yang berwarna gelap. Hal ini bertujuan agar produk anda tampil menonjol dan pembeli fokus pada produk anda.

Selain itu, gunakan resolusi foto yang cukup tinggi agar gambar terlihat berkualitas dan jelas untuk dilihat pembeli.

Untuk membuat foto dengan resolusi tinggi maka anda dapat menggunakan smartphone yang saat ini rata-rata telah menggunakan kamera beresolusi tinggi.

Dengan menggunakan warna yang cerah akan membuat produk menjadi lebih menonjol dan terlihat menarik.

Menggunakan watermark pada foto

Watermark pada foto merupakan cara untuk memproteksi foto anda. Dengan menggunakan watermark ini juga merupakan cara agar pembeli dapat mengenali produk anda.

Anda dapat meletakkan harga barang, nomor telpon, nama toko atau deskripsi singkat produk anda sebagai watermark.

Tentunya ini akan memudahkan anda dalam menjelaskan produk anda kepada konsumen.
Buatlah watermark sesimple mungkin dan tidak terlalu berlebihan sehingga tidak menganggu kenyamanan pengunjung.

Setelah membuat foto yang menarik maka langkah selanjutnya adalah cara membungkus produk saat pengiriman.

Dapat anda bayangkan ketika anda menerima barang pembelian ternyata cara pembungkusan terlihat sembarangan.

Hal ini akan membuat anda menilai toko online tersebut kurang profesional.

3. Memulai untuk berjualan baju online

Untuk memulai berjualan secara online maka hal pertama yang harus anda miliki adalah jaringan internet dan gadget yang memadai. Dengan memiliki jaringan internet dan gadget yang memadai tentunya akan menunjang kinerja anda dalam berbisnis online.

Setelah siap dengan hal tersebut maka langkah selanjutnya adalah anda harus membuat toko online untuk memajang produk.

Cara jualan online yang mudah dan efisien untuk membuka toko online adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Selain dapat digunakan sebagai media promosi, media sosial dapat dijadikan sebagai toko online anda. Anda dapat mengisi konten media sosial dengan informasi dan gambar produk baju yang dijual.

Pada saat ini media sosial merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat efektif karena masyarakat di Indonesia banyak menggunakan media sosial.

Bahkan pemasaran dengan menggunakan media sosial dapat tersebar hingga keluar negeri. Selain itu anda dapat juga membuka toko online di marketplace seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, dll.

Marketplace adalah situs jual beli online yang juga merupakan tempat jual beli layaknya pasar.

Tips membuka toko online agar mudah berkembang

  • Membuat perencanaan dan persiapan toko online dengan matang
  • Memperhatikan segala kebutuhan konsumen dan memberikan solusi terhadap masalah mereka
  • Menjual produk yang jelas fungsi dan kegunaannya
  • Menjaga kualitas barang yang di jual (produk difoto berkualitas sama dengan produk asli
  • Memperhatikan stok barang yang tersedia agar pelanggan tidak kecewa karena barang tidak tersedia.
  • Melayani konsumen dengan ramah dan komunikatif
  • Ikuti tren fashion sehingga stok anda tidak ketinggalan zaman

4. Promosi jualan baju anda

Dengan memiliki toko online yang bagus saja tidaklah cukup untuk menghasilkan konversi. Oleh sebab itu anda harus tahu cara untuk mempromosikan toko online anda agar lebih dikenal.

Sebuah toko online yang memiliki banyak produk juga tidak akan efektif untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Cara memperomosikan toko online anda diantaranya,

Penawaran menarik

Salah satu cara untuk menarik minat pembeli adalah dengan memberikan penawaran yang menarik untuk mereka. Penawaran yang sering dilakukan pada jualan baju online adalah memberi diskon harga.

Cara ini merupakan cara paling banyak digunakan oleh pedagang online karena terbukti sangat efektif untuk menghasilkan penjualan

Anda juga dapat memberikan beberapa bonus yang relevan dengan produk yang anda jual.

Email Marketing

Teknik email marketing adalah cara berpromosi produk atau konten melalui fasilitas email. Cara ini merupakan cara paling sering saya jumpai di beberapa online shop.

Dengan metode pemasaran email ini maka anda dapat berpromosi yang dikirim melalui email pelanggan anda

Dengan mengirimkan email maka anda dapat memberikan berapa konten menarik dan juga penawaran diskon.

SEO

Optimasi mesin pencari atau sering disebut dengan SEO adalah teknik pengoptimasian sebuah blog atau website agar mudah dikenali oleh google.

Dengan menggunakan SEO yang baik maka anda memiliki kemungkinan masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Tentunya teknik ini akan membuka peluang usaha baju online anda untuk mendapatkan konversi semakin besar.

Baca Juga | Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Kesimpulan

Jualan fashion online merupakan jenis bisnis yang sangat potensial bagi pemula. Kemudahan dalam pengelolaan, modal yang kecil dan juga dapat dilakukan dimana saja asal terkoneksi dengan internet. Namun cara berjualan fashion online menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Keuntungan besar ini tidak terlepas dari pangsa pasar fashion yang sangat besar di indonesia.

Demikianlah 4 cara jualan baju online agar cepat laku dan laris. Dengan menggunakan cara jualan yang tepat tentunya anda dapat membangun bisnis online dan memperoleh pelanggan.

One thought on “Cara Jualan Baju Online Agar Cepat Laku Dan Laris

  1. sangat menarik ulasannya gan… tapi saya bingung mau cara nyari supplier yang pas untuk jualan baju online gan. Apakah ada rekomendasi dari agan untuk supplier terpercaya yang bisa dijadikan pemasok produk untuk jualan online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *