cara melihat peluang usaha

Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita Bagi Pemula

Posted on

Salah satu kesulitan seorang yang akan memulai usaha adalah cara melihat peluang usaha yang menjanjikan. Banyak pemula yang masih bingung untuk memilih usaha yang tepat sehingga mereka menunggu sebuah peluang.

Sebuah peluang tidak datang begitu saja sehingga anda harus mencari dan menciptakan peluang sendiri.

Permasalahan ini biasanya timbul karena mereka takut gagal, tidak memiliki modal yang cukup, keterampilan hingga tidak mengetahui usaha yang pas.

Apabila anda mengalami kesulitan untuk mencari peluang usaha maka anda dapat mencari beberapa ide bisnis dari lingkungan sekitar. Karena banyak ide bisnis yang dapat anda temukan dengan hanya menganalisa pasar lingkungan sekitar.

Dengan menjalankan peluang yang berasal dari lingkungan sekitar maka anda dapat melakukan analisa pasar lebih praktis karena dekat dengan rumah.

Beberapa hal cara melihat peluang usaha di sekitar kita :

1. Melihat potensi daerah sekitar

cari peluang usaha dagang

Terkadang banyak orang tidak menyadari tentang potensi usaha yang ada di lingkungan sekitar kita. Mereka hanya berfokus mencari peluang usaha di daerah lain.

Oleh sebab itu jika anda sedang mencari potensi usaha maka anda dapat mulai dengan mulai dengan mengamati dan menganalisa potensi lingkungan sekitar.

Anda dapat mulai mengamati dan menganalisa beberapa usaha yang sukses di daerah sekitar. Pelajari dan analisa usaha tersebut mengapa bisa berhasil di daerah anda.

Sebagai contoh anda mengamati usaha warung sembako yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian anda pelajari faktor-faktor yang membuat warung tersebut ramai dan juga sukses.

Cari tahu kelebihan dan kelemahan yang di miliki oleh warung sembako tersebut. Dengan demikian anda akan memperoleh data tentang potensi warung sembako di lingkungan anda.

Berdasarkan dari data tersebut anda dapat membuat sebuah warung sembako dengan konsep yang berbeda dan memperbaiki kelemahan yang di miliki oleh warung sembako lainnya.

Anda dapat mengamati beberapa jenis usaha sehingga memperoleh potensi peluang usaha yang terbaik.

2. Mencari tahu kebutuhan masyarakat sekitar

cara melihat peluang

Cara lainnya untuk melihat peluang usaha adalah dengan cara mencari dan mengamati kebutuhan masyarakan sekitar. Cara ini merupakan cara paling mudah untuk melihat peluang usaha di sekitar anda.

Misalkan daerah anda merupakan daerah pertanian yang memerlukan berbagai kebutuhan seperti pupuk, bibit dan alat pertanian. Maka kebutuhan para petani ini dapat anda jadikan sebagai peluang usaha dengan memenuhi kebutuhan meraka.

Contoh lainnya adalah daerah sekitar anda merupakan daerah kost-kostan para karyawan. Tentunya banyak kebutuhan mereka yang dapat anda jadikan sebagai peluang usaha. Salah satunya adalah usaha laundry atau jasa cuci baju.

Peluang usaha laundry di daerah ini tentunya sangat menjanjikan. Karena seorang karyawan terkadang malas untuk mencuci baju sendiri. Oleh sebab itu permasalahan ini dapat anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Dengan membuat usaha yang berdasarkan dengan kebutuhan lingkungan sekitar tentunya anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan anda sudah memiliki pasar dan juga konsumen yang tertarget.

Baca juga | Peluang Usaha Di Desa Terpencil Paling Menjanjikan Dan Potensial

3. Bekerja sama dengan usaha lainnya

melihat peluang usaha dagang

Jika anda tidak memiliki lokasi tempat usaha yang strategis maka anda dapat bekerja sama dengan pemilik usaha lainnya.

Anda dapat bekerja sama dengan pemilik usaha dengan cara menitip barang jualan kepada mereka.

Untuk memperoleh barang tersebut anda bisa anda dapat dengan cara memproduksi sendiri atau mencari suplier barang.

Misalkan anda membuat donat untuk dijual namun anda tidak memiliki lokasi yang bagus untuk berjualan. Agar donat dapat terjual maka anda dapat menitipkan pada warung yang ramai dengan perjanjian bagi hasil keuntungan.

Tentunya dengan cara ini tentunya produk anda berpotensi untuk dibeli orang.

4. Memulai dari hobi

cara mencari peluang bisnis

Jika anda masih bingung untuk mencari peluang usaha yang tepat maka memulai dari hobi merupakan cara yang paling tepat. Dengan memanfaatkan hobi anda sebagai usaha tentunya banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Selain menjalankan hobi anda juga dapat memperoleh penghasilan.

Untuk memulainya anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu dengan daerah sekitar. Misalkan anda sangat hobi bermain gitar maka anda dapat membuat usaha seperti kursus gitar ataupun berjualan gitar.

Intinya anda harus mencari kebutuhan masyarakt sekitar yang masih berhubungan dengan hobi anda. Anda dapat memulai memperkenalkan usaha anda dari masyarakat sekitar terlebih.

Baca juga | Peluang Usaha Kuliner Yang Paling Laku Dan Menguntungkan

5. Mencari peluang usaha dari internet

cara mencari peluang usaha

Mungkin cara ini adalah cara paling simple dan mudah di bandingkan dengan cara lainnya. Cukup menggunakan smartphone anda dan mencari di internet maka akan muncul berbagai ide bisnis yang dapat di kembangkan.

Bahkan dengan menggunakan internet akan timbul beberapa ide usaha yang tidak pernah terpikirikan oleh anda sebelumnya. Terkadang kita tidak menyadari bahwa sebuah usaha telah berkembang didaerah lain namun belum ada di lingkungan anda.

Dengan demikian anda dapat membuka sebuah peluang usaha yang benar-benar unik didaerah anda. Namun anda harus mempertimbangkan bahwa ide bisnis tersebut dapat berkembang di daerah anda dan juga belum banyak kompetitor.

Perhatikan juga bahwa jenis usaha yang akan di jalankan di butuhkan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian usaha tersebut dapat mudah di terima dan berkembang di daerah anda.

Baca juga | Peluang Usaha Dan Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

6. Memulai dengan menciptakan hal yang baru

 

mencari peluang usaha

Sebenarnya poin ke enam ini masih berkaitan dengan poin ke lima. Namun poin ini anda di tuntut memiliki kreatifitas yang tinggi dan kemampuan untuk membaca pasar.

Oleh sebab itu anda harus memperhatikan banyak hal di lingkungan sekitar dan mencari permasalah yang banyak di hadapi oleh masyarakat sekitar. Ketika permasalahan telah ditemukan kemudaian carilah solusi dari permasalahan tersebut.

Disinilah sering timbul ide-ide bisnis baru yang dapat mulai anda kembangkan menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Sapi yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

7. Melihat peluang usaha dari bakat anda sendiri

cara melihat peluang untuk pemula

Cara paling efektif untuk mencari peluang usaha adalah dengan mencari bakat yang anda miliki. Karena terkadang kita tidak menyadari bahwa sebenarnya potensi yang kita miliki dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Terkadang kita memiliki bakat yang unik dan tidak di miliki oleh orang lain sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai potensi usaha.

Untuk mencari potensi maka anda harus terus belajar untuk mengupgrade kemampuan diri sekecil apapun potensi yang anda miliki.

Kesimpulan

Untuk mencari cara untuk melihat peluang usaha terbilang sulit namun tidak sesulit yang di bayangkan. Karena peluang-peluang tersebut dapat anda peroleh dari sekitar anda.

Tinggal cara anda untuk melihat dan membaca bahwa peluang usaha yang ada tersebut memiliki potensi yang baik. Hal yang harus anda tekankan dalam memulai usaha adalah keberanian, tekat kuat, disiplin dan semangat untuk terus belajar.

Demikianlah Cara melihat peluang usaha di sekitar kita bagi pemula

Selamat mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *