cara memilih tempat usaha

10 Cara Memilih Tempat Usaha yang Strategis Dan Tepat

Posted on

Cara memilih tempat usaha – Pemilihan tempat usaha yang tepat dan strategis sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah usaha. Dengan memiliki tempat usaha yang strategis dan tepat dapat mempermudah pemasaran produk dan juga meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan.

Namun untuk memperoleh lokasi tempat usaha yang strategis terbilang sangat sulit ditambah lagi jika anda memiliki modal usaha yang terbatas. Tentunya ini menjadi sebuah kendala yang harus anda pecahkan.

Oleh sebab itu, ketika anda akan memilih tempat usaha yang tepat untuk produk anda maka sebaiknya anda melakukan riset dan analisa di beberapa tempat. Dengan memiliki banyak pilihan tempat usaha tersebut maka anda akan mudah menentukan lokasi tempat usaha yang paling strategis dan tepat.

Sebagai contoh, anda ingin memulai usaha fotocopy maka sebaiknya anda memilih tempat yang dekat dengan daerah perkantoran, sekolah atau universitas. Pertimbangannya adalah di lokasi-lokasi tersebut banyak orang yang membutuhkan jasa fotocopy.

Hal ini dapat mempermudah anda dalam mengembangkan dan memasarkan usaha anda karena usaha anda dekat dengan konsumen. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan tentang akses jalan menuju tempat usaha mudah untuk di capai.

Cara memilih tempat usaha

memilih tempat usaha

Kendala untuk memilih tempat usaha yang strategis dan tepat sering di alami oleh pebisnis pemula. Jika anda mengalami kesulitan untuk memilih tempat usaha maka anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Tempat usaha dapat dilihat dengan mudah

Dapat anda bayangkan jika anda tidak memiliki tempat usaha yang sulit untuk dilihat dan berada di tempat yang sepi. Dengan memilih tempat usaha yang mudah untuk dilihat maka usaha anda akan mudah mendapatkan perhatian.

Tentunya usaha anda akan sulit untuk di temukan dan akan memakan waktu yang lama agar lokasi anda tidak terlihat. Dengan memilih tempat usaha yang mudah terlihat juga dapat memperkenalkan usaha anda kepada konsumen. Hal ini akan menekan biaya promosi dan pemasaran produk anda.

Apabila memungkinkan sebaiknya anda memilih tempat usaha yang dilalui oleh transportasi umum. Hal ini akan membuat konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat menjangkau lokasi usaha anda.

Baca juga | Macam-Macam Jenis Usaha Dan Bisnis yang Laku Setiap Hari

2. Perhatikan keramaian lalu lintas dan aktivitas jalan

tempat usaha yang strategis

Jika anda ingin mencari tempat usaha maka sebaiknya memilih lokasi yang memiliki aktivitas lalu lintas jalan yang ramai.

Lokasi jalan ramai juga dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha.  Oleh sebab itu anda harus memperhatikan keramaian lalu lintas pejalan kaki atau kendaraan yang lewat. Anda dapat menyesuaiakan usaha dengan karakter lalu lintas yang melalui toko anda.

3. Lingkungan sekitar tempat usaha

Lingkungan di sekitar tempat usaha merupakan faktor yang harus anda perhatikan. Hal ini dikarenakan lingkungan daerah sekitar dapat mempengaruhi citra tempat usaha dan minat konsumen.

Misalkan anda membuka usaha rumah makan, namun lingkungan sekitar merupakan daerah tidak aman dan sangat rawan dengan kejahatan.

Tentunya ini akan membuat konsumen anda tidak merasa nyaman ketika mereka makan di tempat anda. Dengan demikian mereka akan mencari tempat alternatif lainnya.

Oleh sebab itu pastikan bahwa lokasi usaha anda merupakan daerah yang aman. Dengan lokasi yang aman akan menambah kenyamanan bagi diri anda dan konsumen.

Baca juga | Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita Bagi Pemula

4. Biaya yang harus di keluarkan

memilih tempat strategis

Faktor biaya yang harus dikeluarkan merupakan hal yang harus anda pertimbangkan ketika memilih tempat usaha. Bila anda memiliki anggaran besar maka membangun tempat usaha di tempat strategis merupakan pilihan yang bijak.

Hal ini menguntungkan dan memiliki nilai lebih karena membangun tempat usaha merupakan investasi jangka panjang yang bervalue tinggi.

Bila anda anggaran anda terbatas maka solusinya adalah menyewa tempat usaha. Namun kelemahan dari menyewa adalah harga sewa tempat usaha di lokasi strategis masih berharga mahal dan harga sewa ini akan terus meningkat tiap tahunnya.

Oleh sebab itu anda harus memperhitungkan bahwa hasil usaha anda dapat menutupi biaya sewa dan juga biaya operasional.

Kesimpulannya anda harus memperhitungkan tentang biaya yang harus dikeluarkan sehingga anda tidak mengalami kerugian.

5. Jarak tempat usaha dengan tempat tinggal

Jarak tempat tinggal dengan tempat usaha merupakan hal yang harus anda pertimbangkan. Banyak pebisnis yang menganggap remah hal ini. Namun poin ke lima ini dapat membantu dalam keefektifan dan keefisienan anda dalam menjalankan usaha.

Carilah tempat usaha yang dekat dengan tempat tinggal sehingga anda dapat menghemat biaya transportasi dan juga waktu anda. Dengan demikian anda tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dan uang anda untuk perjalanan pulang pergi ke tempat usaha.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Kambing Sebagai Usaha Sampingan

6. Ketersediaan lahan parkir

menentukan tempat usaha

Ketersediaan lahan parkir merupakan salah satu daya tarik konsumen untuk mampir ke tempat usaha anda. Carilah tempat usaha yang memiliki lahan parkir dengan kebutuhan usaha anda.

Misalkan usaha yang anda jalankan adalah grosir pakaian tentunya lahan parkir yang dibutuhkan cukup luas. Hal ini untuk mengakomodir kendaraan-kendaraan konsumen yang membeli pakaian di toko. Apabila usaha anda dalam skala kecil kebutuhan lahan parkir tidaklah terlalu luas.

7. Sesuaikan luas tempat usaha dengan kebutuhan anda

Sebelum memutuskan untuk memilih tempat usaha sebaiknya anda mengetahui luas yang dibutuhkan untuk mengakomodir usaha anda. Jangan sampai lokasi usaha anda tidak memadai karena terlalu sempit ataupun terlalu luas. Hal ini harus diperhitungkan agar dapat menghemat anggaran modal anda.

Sebagai contoh, anda memiliki usaha showroom mobil dan harus memajang belasan kendaraan. Tentunya anda harus memiliki ruangan yang luas agar dapat mengakomodir hal tersebut atau setidak halaman yang luas.

Contoh lainnya adalah usaha fotocopy dan hanya memiliki mesin 1 buah. Tentunya anda tidak memerlukan ruang yang terlalu luas. Maka anda cukup mencari tempat usaha yang tidak terlalu luas.

8. Ketersediaan air dan listrik yang memadai

cara menentukan tempat usaha

Cara memilih tempat usaha yang strategis lainnya adalah memastikan ketersediaan air dan listrik memadai untuk usaha anda.

Hal ini terkadang sering dilupakan dan di anggap remeh oleh banyak pebisnis dalam mencari tempat usaha. Padahal ketersediaan air dan listrik yang memadai adalah hal vital untuk kelancaran bisnis anda.

Jika tempat usaha anda menggunakan berbagai alat elektronik seperti AC, lampu, kulkas, televisi maka sebaiknya pastikan bahwa tegangan listrik di tempat tersebut mencukupi. Selain itu pastikan ketersediaan air juga memadai sehingga anda tidak perlu di pusingkan dengan mencari kebutuhan air karena tidak memadai.

Dengan memastikan ketersedian air dan listrik yang memadai maka usaha anda tidak akan terkendala dengan permasalah ini.

9. Memperhatikan struktur bangunan

Struktur bangunan tempat usaha wajib anda perhatikan dan periksa. Hal ini pernah saya alami ketika saya masih bekerja pada sebuah kantor besar. Bangunan kantor itu memang luas dan sangat rapi. Namun ternyata struktur bangunan tersebut sangat buruk karena ketika hujan ternyata atap bangunan banyak yang bocor.

Tentunya ini dapat memberikan dampak buruk dan membahayakan kegiatan usaha anda. misalnya usaha anda adalah toko elektronik dan bangunan anda bocor. Dengan bocornya atap toko elektronik tersebut merupakan hal yang dapat merusak barang jualan anda.

Perhatikan juga bangunan yang dijadikan tempat usaha anda apakah membutuhkan renovasi ulang. Karena banyak kita jumpai banyak toko-toko yang menghabiskan banyak uang hanya untuk memperbaiki kerusakan struktur bangunan.

10. Perhatikan pesaing di daerah sekitar

Ketika anda akan memulai usaha maka pilihlah tempat yang belum atau sedikit kompetisi barang sejenis. Anda harus sedikit mengadakan riset pesaing apakah ,di daerah sekitar. Ini dapat persaiangan yang sangat ketat dapat menghambat perkembangan bisnis anda.

Bila anda tetap ingin membuka usaha di lokasi yang memiliki kompetitor banyak maka sebaiknya anda memiliki strategi pemasaran yang mantang. Alasan paling utama adalah anda akan menghadapi tantangan yang berat karena harus dengan bersaing dengan kompetitor berpengalaman.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Dilahan Sempit Untuk Pemula

Kesimpulan

Setelah memahami beberapa cara menentukan tempat usaha yang strategis diatas tentunya anda harus mempertimbangkan dalam menemukan lokasi usaha. Walau beberapa cara diatas dapat anda jadikan sebagai panduan namun insting bisnis dalam memilih tempat harus dimiliki.

Lakukan analisa secara mendalam dari lingkungan sekitar tempat usaha, tingkat keamanan, hingga pesaing di daerah sekitar.

Dan hal terakhir yang wajib anda ingat adalah perizinan tempat usaha harus di urus sehingga ke depan usaha anda tidak mengalami kendala administratif.

Demikianlah 10 cara memilih tempat usaha yang strategis dan tepat.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *