cara meningkatkan omset penjualan online

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Dengan Anggaran Kecil

Posted on

Cara meningkatkan omset penjualan online – Setiap pebisnis onlinein selalu ingin meningkatan omset penjualan unkjuk mendapatkan keuntungan.

Untuk meningkatkan omset penjualan tidak jarang pebisnis online tidak segan untuk menghabiskan sebagian besar anggaran pemasaran untuk mengakuisisi pelanggan.

Hal ini disebabkan banyak pebisnis online beranggapan bahwa semakin besar anggaran pemasaran maka akan berpengaruh terhadap omset penjualan.

Padahal berapapun anggaran pemasaran yang anda miliki sebenarnya selalu ada cara untuk meningkatkan omset penjualan.

Hal terpenting untuk meningkatkan penjualan adalah tantangan untuk meningkatkan penjualan sekaligus menjaga pemasaran anda dalam kendali.

Baca juga | Apa Itu Reseller ? Dan Cara Menjadi Reseller Online Shop Untuk Pemula

Cara meningkatkan omset penjualan online

Berikut beberapa cara meningkatkan omset penjualan online yang menguntungkan :

1. Memproduksi konten

Salah satu hal penting untuk meningkatkan omset penjualan adalah pemasaran konten. Dengan anda berhasil dalam pemasaran konten maka dapat memperbesar anda untuk melakukan penjualan.

Oleh sebab itu anda harus banyak memproduksi konten di dalam web anda karena sebuah bisnis yang memiliki 97% tautan memiliki kemungkinan untuk menghasilkan lalu lintas.

Sebuah situs bisnis yang memiliki lebih dari 400 halaman memiliki kemungkinan enam kali lebih besar mendapatkan prospek dibandingkan dengan web dengan 50 halaman.

Pemasaran konten memang tidak secara langsung berhubungan dengan penjualan. Namun dengan pemasaran konten akan memberikan nilai lebih pada bisnis anda dimata konsumen.

Konten-konten yang di produksi akan membantuk pengunjung untuk memecahkan masalah, memberi nilai, menjalin hubungan serta membangun audiens.

Walaupun tidak secara langsung tapi hal ini tentunya dapat membantu pertumbuhan bisnis anda.

2. Meletakkan Call to Action (CTA) dengan menarik

Ketika terjadi penjualan online tentunya konsumen akan melakukan klik pada tombol CTA.
CTA merupakan panggilan kepada konsumen untuk melakukan tindakan sehingga terjadi eksekusi penjualan.

Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya tombol CTA di dalam toko online harus terlihat menarik.

Oleh sebab itu pemilik toko online harus pandai dalam menempatkan tombol CTA dan mengoptimalkannya. Anda dapat melakukan berbagai tes untuk menghasilkan letak tombol CTA yang tepat.

3. Berkomunikasi dengan pelanggan anda

Pelanggan merupakan salah satu aset bagi anda dalam meningkatkan penjualan. Dengan komunikasi dengan pelanggan maka anda akan memperoleh masukan yang membangun.

Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan berbagai aspek bisnis anda seperti pekerjaan, kualitas produk serta layanan.

Dengan membangun hubungan dengan pelanggan maka akan membuat mereka menganggap anda sebagai mitra yang terpercaya. Oleh sebab itu mereka akan bersedia berbagi dengan tantangan yang sedang anda hadapi.

Dengan menjalin komunikasi dengan pelanggan juga dapat membantu anda untuk menganalisis berbagai permasalahan dan juga menawarkan berbagai alternatif produk.

Dengan melakukan pendekatan dengan pelanggan maka anda akan memperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu memungkinkan anda menjadi mitra yang baik serta dapat meningkatkan omset penjualan anda.

4. Membuat bundel produk atau layanan

Pada saat ini banyak bisnis yang sukses dengan menjual produk atau layanan dengan sistem paket atau bundel.

Dengan penjualan dengan sistem bundel akan lebih terlihat menarik serta mudah untuk di jual di bandingkan anda menawarkan produk satuan.

Apabila memungkinkan anda dapat menawarkan bundel produk atau layanan dengan fleksibel. Hal ini dikarenakan beberapa konsumen tidak menyukai bundel produk atau layanan yang kita tawarkan.

Terkadang mereka hanya membutuhkan beberapa item dari bundel yang ditawarkan.

Oleh sebab itu anda harus fleksibel sehingga konsumen dapat menukar produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Meminta referensi dari pelanggan

Ketika anda telah memiliki pelanggan yang banyak maka hal ini adalah aset yang harus tetap anda jaga. Bahkan mereka dapat memberikan referensi potensial kepada anda.

Anda dapat menanyakan pada apakan pelanggan anda memiliki referensi calon pelanggan lainnya yang juga membutuhkan produk atau layanan anda.

Selain itu anda juga dapat meminta pada mereka memberikan testimonial yang positif sehingga dapat anda tampilkan di dalam situs anda atau dalam email pemasaran.

Namun pastikan anda meminta izin kepada mereka untuk menampilkan testimoni yang telah di berikan.

6. Menggunakan media sosial

Media sosial seperti Facebook atau Instagram merupakan media yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan anda.

Cara promosi ini tergolong sangat baik karena dapat meningkatkan kesadaran pelanggan anda.

Media sosial juga sarana yang tepat untuk menampilkan testimoni pelanggan sehingga memicu minat pada calon pembeli.

Selain sebagai sarana promosi dan alat penjualan, media sosial juga dapat anda jadikan sebagai jalur komunikasi antara bisnis anda dengan konsumen.

Anda datap menyebarkan informasi yang menarik, memberikan gambaran tentang bisnis anda atau juga foto atau video yang menarik.

Baca juga | Belajar Instagram Marketing : Strategi Marketing di Instagram

7. Memberikan diskon dalam waktu terbatas

Memberikan diskon dalam waktu yang terbatas adalah salah satu cara meningkatkan omset penjualan online yang terbukti efektif.

Dengan memberikan diskon tentunya dapat mengurangi sedikit keuntungan yang anda dapatkan. Tapi cara ini akan membuat penawaran anda terlihat lebih menarik.

Anda harus benar-benar memperhitungkan berbagai paramater penjualan seperti waktu di mulainya diskon dan berakhirnya waktu diskon sehingga tidak membuat konsumen menjadi bingung.

8. Mendengarkan

Teknik mendengarkan pelanggan ini sering di abaikan karena di anggap penting oleh para pebisnis. Padahal cara sederhana ini terbilang efektif dalam meningkatkan omset penjualan online.

Dengan mendengarkan berbagai keluhan pelanggan akan membantu anda dalam memahami dan memunuhi kebutuhan mereka.

Tanpa komunikasi yang baik tentunya akan meningkatkan terjadinya kesalahfahaman antaran anda dengan pelanggan anda sendiri.

Oleh sebab itu anda harus memastikan kepada tim penjualan untuk selalu mendengarkan segala keluhan yang di sampaikan oleh pelanggan sehingga anda dapat memperbaiki keluhan tersebut di kemudian hari.

Baca juga | Bisnis Online Terbaru Dan Terbaik di Tahun 2018 (Update)

Kesimpulan

Walaupun berbagai cara meningkatkan omset penjualan diatas membutuhkan modal yang tidak sedikit tapi hal-hal tersebut harus dilakukan dengan mengorbankan banyak waktu dan komitmen anda.

Oleh sebab itu anda harus menjaga komunikasi dengan pelanggan baik melalui telepon atau media sosial.

Dengan terus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan tentunya dapat memperbesar peluang anda untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Demikianlah pembahasan tentang cara meningkatkan omset penjualan online dengan anggaran kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *