cara meningkatkan penjualan online

Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop yang Efektif Hingga 439 %

Posted on

Cara meningkatkan penjualan online – Pada saat ini banyak toko online bermunculan di internet. hampir semua jenis produk dan jasa dijual dan ditawarkan oleh toko online yang ada. Hal ini tentunya membuat sesama online shop bersaing untuk mendapatkan pengunjung dan memperoleh pembeli.

Salah satu kendala terbesar bagi pemilik bisnis online adalah mencari cara untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan yang diharapkan.

Di tengah persaingan toko online yang ketat saat ini membuat banyak toko online yang tutup karena tidak dapat bersaing dengan kompetitor.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online saat toko anda sepi ?

Tentunya pertanyaan ini sering timbul ketika toko online tidak dapat meningkatkan penjualan atau jumlah pembelian.

Jika anda masih belum memperoleh jawaban maka artikel ini akan menjelaskan cara meningkatkan penjualan toko online anda.

Simak beberapa tips berikut :

1. Membuat navigasi toko online yang mudah

cara meningkatkan penjualan online shop

Hal pertama yang harus dilakukan ketika toko online anda sepi adalah memperbaiki navigasi toko online anda. Salah satu penyebab konsumen enggan untuk berbelanja secara online adalah navigasi toko online yang tidak mudah untuk di fahami dan terlalu rumit.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan :

  • Etalase produk harus terlihat menarik
  • Deskripsi produk yang menjual
  • Mencantumkan kontak yang dapat dihubungi
  • Memisahkan kategori produk dengan tepat
  • Membuat fitur pencarian produk agar konsumen mudah mencari produk yang di inginkan
  • Menampilkan testimoni dari konsumen
  • Memberikan penjelasan cara pemesanan
  • Buatlah kebijakan toko online

Selain poin diatas anda juga harus membuat tampilan toko online tetap sederhana namun tetap menarik.

2. Mempersiapkan perencanaan promosi

cara meningkatkan omset penjualan

Banyak toko online gagal saat ini karena tidak menggunakan strategi promosi yang baik. Pemilik bisnis biasanya hanya berpikir tentang keuntungan yang akan diperoleh dan memikirkan menambah jumlah pembelian.

Hal ini terkadang membuat mereka lupa mempersiapkan perencanaan strategi promosi toko online.

Tanpa menggunakan cara promosi toko online yang baik maka anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan.

Anda dapat menggunakan cara promosi berbayar dengan memasang iklan atau juga anda dapat memanfaatkan cara promosi gratis dengan memaksimalkan sosial media dan berjualan di marketplace.

Berpromosi di sosial media merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh pebisnis online karena telah terbukti mampu meningkatkan penjualan. Anda dapat berpromosi di beberapa media sosial yang ramai seperti Facebook, Twitter atau Instagaram.

Sosial media yang kini paling banyak untuk berpromosi adalah Instagaram. Hal ini dikarenakan instagram memiliki pengguna yang lebih serius dibandingkan dengan sosial media lainnya.

penggunaan Instagram untuk berpromosi tergolong efektif karena mudah menarik konsumen karena anda dapat Instagram dapat digunakan seperti toko online. Anda dapat menampilkan foto produk yang menarik dan juga caption untuk memberikan penjelasan produk.

Selain menggunakan sosial media anda juga dapat memaksimalkan dengan berjualan di marketplace. Dengan menyebarkan jaring pemasaran yang banyak tentunya akan membuka peluang untuk terjadinya penjualan.

Baca juga | Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

3. Memberikan pelayanan konsumen yang optimal

strategi marketing online yang efektif

Sebaik apapun tampilan toko online anda dan sehebat apapun promosi yang anda lakukan tanpa didukung pelayanan yang maksimal.

Konsumen adalah raja…

Kalimat diatas merupakan sebuah yang mungkin sering anda. Namun menurut saya kalimat diatas memang benar karena konsumen selalu ingin mendapatkan pelayanan terbaik.

Bahkan saya sering menemukan sebuah toko online yang memiliki konsumen yang loyal padahal harga yang mereka tawarkan lumayan tinggi.

Namun setelah di selidiki ternyata mereka memiliki sistem pelayanan yang sangat baik bahkan melebih kompetitornya.

Biasanya seorang konsumen akan memberikan rekomendasi kepada orang lain jika toko online anda memiliki pelayanan yang sangat baik. Bahkan mereka akan memberi testimonial dengan ikhlas sehingga dapat meningkatkan reputasi online shop anda.

Strategi pemasaran ini sering di sebut dengan word of mouth (WOM) atau cara pemasaran dari mulut ke mulut. Cara pemasaran ini merupakan cara paling efektif namun cara ini tergolong untuk dilakukan.

Untuk membangun reputasi ini anda dapat menjalin komunikasi dua arah dengan konsumen anda secara personal atau anda selalu memberikan hadiah kecil kepada konsumen loyal anda.

4. Memberikan garansi kepada konsumen

cara jitu meningkatkan penjualan

Cara meningkatkan penjualan konsumen lainnya adalah dengan memberikan garansi terhadap produk yang anda jual. Dengan adanya garansi terhadap produk yang ditawarkan menjadi pertimbangan seorang konsumen untuk berbelanja online.

Anda dapat memberikan garansi pengembalian uang atau penggantian barang jika barang yang beli konsumen rusak atau cacat.

Anda juga dapat memberikan jaminan keamanan data informasi konsumen ketika bertransaksi di toko online milik anda.

Baca juga | Cara Berbelanja Online yang Aman Agar Terhindar Dari Penipuan

5. Meningkatkan penjualan online dengan memberi diskon

strategi penjualan yang efektif

Cara paling umum dilakukan para pebisnis untuk meningkatkan penjualan online adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga pada produk.

Dengan penerapan diskon yang tepat dapat memberikan manfaat kepada pebisnis untuk menarik pelanggan baru dan dapat meningkatkan penjualan.

Ketika anda akan memberikan potongan harga atau diskon harus merencanakan dan memperhitungkan dengan matang agar anda tetap memperoleh margin keuntungan.

Persentase diskon yang anda berikan harus perhitungkan dan di sesuaikan dengan banyaknya target penjualan yang anda inginkan.

Selain itu pemberian diskon ini juga bertujuan untuk berpromosi dan memperkenalkan toko online anda.

Anda dapat memberikan diskon kepada konsumen dengan beberapa cara

  • Potongan harga untuk setiap pembelian
  • Pemberian diskon dengan menggunakan batas waktu
  • Menambahkan bonus atau free gift untuk pembelian produk
  • Memberikan diskon kepada anggota member
  • Dll

Selain sebelum anda memberikan diskon sebaiknya anda melakukan promosi dengan memasang iklan berbayar atau gratis. Dengan berpromosi terlebih dahulu tentunya akan membuat program diskon anda diketahui banyak orang . Sehingga strategi diskon yang anda lakukan dapat berjalan dengan efektif.

Baca juga | Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal Untuk pemula

6. Menambah jenis produk yang anda jual

cara meningkatkan penjualan

Ketika anda ingin meningkatkan penjualan toko online berikutnya adalah dengan menambah produk baru yang masih relevan dengan produk utama anda. Penambahan produk baru yang masih relevan ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam menerapkan strategi penjualan.

Misalkan,

Anda memiliki toko online yang menjual handphone maka sebaiknya anda memilih jenis produk yang masih relevan seperti asesoris hape atau sparepartnya.

Dengan penambahan jenis produk ini tentunya dapat memberikan jangkauan konsumen yang lebih luas. Selain itu pilihan produk toko online anda semakin banyak dan akan meningkatkan penjualan anda.

7. Mengoptimalkan toko online anda di mesin pencari

cara meningkatkan omset penjualan online

Cara paling murah untuk meningkatkan penjualan toko online anda adalah dengan cara mengoptimalkan toko online anda di mesin pencari. Pengoptimasian mesin pencari ini sering disebut juga dengan SEO. Dengan penerapan SEO yang tepat maka posisi toko online anda akan berada di halaman mesin pencarian google.

Anda dapat dapat mengoptimalkan toko online anda dengan menggunakan beberapa kata kunci yang masih berkaitan dengan produk anda.

Pastikan kata kunci yang anda optimasi memiliki banyak pencarian sehingga toko online anda akan memperoleh banyak traffik sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak cara meningkatkan penjualan toko online anda yang dapat diterapkan. Bahkan beberapa pebisnis online memiliki strategi yang berbeda dari ke tujuh poin diatas.

Namun tujuh cara meningkatkan penjualan online diatas merupakan cara-cara paling populer dan sudah terbukti efektif.

Anda harus terus melakukan keseluruhan cara diatas dan terus melakukan percobaan hingga anda mendapatkan cara paling sesuai dengan bisnis anda.

Demikianlah pembahasan tentang 7 cara meningkatkan penjualan online saat toko anda sepi.

Selamat mencoba dan terima kasih telah membaca artikel ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *