cara menjadi freelancer

Cara Menjadi Freelancer Online yang Sukses Untuk Pemula

Posted on

Cara menjadi freelancer – Di era digital saat ini telah menciptakan banyak peluang bisnis yang dapat kita lakukan di internet. perkembangan internet telah memungkinkan setiap orang untuk memulai bisnis atau memiliki pekerjaan secara online.

Salah pekerjaan yang banyak menjadi pilihan adalah menjadi freelance karena penghasilan yang di peroleh sangat menjanjikan. Tentunya hal ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran.

Bekerja sebagai freelancer memiliki banyak keuntungan dan kemudahan. Hal yang di butuhkan untuk berhasil menjadi freelancer adalah kedisiplinan dan jujga profesianalisme. Selain itu anda tidak akan terikat pada kontrak kerja pada perusahaan tertentu.

Menjadi freelancer merupakan cara cepat dan terjangkau untuk memperoleh penghasilan dari rumah. Dengan tidak terikatnya kontrak pada perusahaan tertentu tentunya pekerjaan ini dapat dilakukan secara paruh waktu.

Apa itu freelancer ?

Seorang freelancer adalah seseorang yang menawarkan layanan mereka untuk biaya dan biasanya tanpa harapan dari seorang klein tunggal yang permanen walaupun hubungan kerja masih dapat terus berlanjut.

Secara umumnya freelance juga dapat diartikan sebagai pekerja yang bekerja secara mandiri dan tidak terikat kontrak yang mengikat (dalam jangka panjang) antara pemberi kerja dengan freelance.

Cara menjadi freelancer

cara menjadi freelancer online

Bagi anda yang ingin menjadi freelance maka anda dapat mengikuti tips berikut :

1. Menentukan tujuan anda

Tanpa memiliki tujuan yang jelas dan mudah untuk di ukur maka anda mengalami kesulitan dalam mencapai keberhasilan sebagai freelancer.

  • Apakah anda dengan menjadi freelancer hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?
  • Atau apakah anda ingin menjadi freelancer full time karena anda bekerja tanpa terikat ?
  • Dan apakah anda ingin menjadi freelancer sebagai batu lompatan sebelum akhirnya anda mencapai tujuan utama ?

Apapun tujuan anda, anda harus membuat sebuah tujuan yang sangat jelas. Sebelum anda terjun menjadi freelancer luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan tentang tujuan anda.

Barulah setelah anda memiliki kejelasan tujuan menjadi freelance maka anda memiliki tolak ukur dan mencari hal-hal yang akan mendukung tercapainya kesuksesan anda sebagai freelance.

Contohnya,

Misalkan saja anda memiliki tujuan untuk menjadi freelancer full time maka anda harus menentukan waktu anda bekerja, memutuskan siapa saja partner kerja anda dan mencari klien usaha anda.

Anda juga harus menentukan target pendapatan freelance berdasarkan gaya hidup, resiko dan harapan untuk menopang diri kehidupan anda. Dan menentukan jumlah pekerjaan klien yang sanggup anda kerjakan.

2. Mengenali keahlian diri sendiri

Ketika anda ingin memulai menjadi freelancer maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali keahlian atau kemampuan diri sendiri. Hal ini dikarenakan keahlian merupakan modal pokok seorang freelance.

Setelah anda mengetahui keahlian anda maka anda dapat menentukan pekerjaan sesuai dengan keahlian.

Banyak pekerjaan sebagai freelancer yang dapat anda lakukan seperti menjadi penulis artikel, desain grafis, pakar seo, fotografi, dll.

Pada dasarnya hampir semua keahlian dapat anda jadikan modal untuk berkarir sebagai freelancer. Oleh sebab itu anda harus menggunakan keahlian terbaik anda sebagai modal utama anda menghasilkan uang.

3. Menemukan niche yang menguntungkan

Sebelum anda memulai menjadi freelancer sebaiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk menemukan niche yang menguntungkan. Anda harus secara aktif mencari industri dan jenis klien yang sangat menghargai kualitas.

Untuk mencari industri dan jenis klien yang tepat maka anda dapat melakukan sedikit riset pasar. Kunci kesuksesan seorang freelancer adalah riset pasar agar anda mempermudah anda kebutuhan pasar sehingga mempermudah anda dalam berpromosi.

Langkah menjadi freelancer ini sering dilupakan oleh seseorang yang baru terjun sebagai freelance sehingga membuat banyak pemula yang gagal dan sepi orderan.

Dengan mengetahui kebutuhan pasar melalui riset pasar maka anda akan mengetahui jenis pekerjaan yang memiliki prospek baik, cara mendapatkan pekerjaan freelance ataupun penentuan harga jasa.

Dengan melakukan riset pasar, anda juga dapat membandingkan antara harga jasa anda dengan harga jasa freelance lainnya.

Baca juga | Apa Itu Reseller ? Dan Cara Menjadi Reseller Online Shop Untuk Pemula

4. Mengidentifikasi klien target anda

Mengidentifikasi klien target anda merupakan hal yang sama pentingnya seperti menemukan niche yang menguntungkan untuk bisnis freelance anda.

Ketika anda masih baru terjun kedalam bisnis freelance maka tidak ada salahnya anda mencoba sedikit melakukan pedekatan dengan beberapa klien.

Salah-satu cara adalah anda bekerja dengan beberapa klien tanpa mengenakan tarif atau gratis. Setelah anda mendapatkan dan bekerja dengan beberapa klien maka anda dapat sedikit memperoleh asumsi tentang siapakah klien setelah anda bekerja denganmereka dan juga anda dapat mengetahui apakah anda ingin mengejar klien yang serupa atau tidak.

Untuk mengidentifikasi klien target anda maka tanyakan pada diri anda 3 (tiga) pertanyaan berikut :

  • Jenis bisnis apa yang membutuhkan keahlian saya ?
  • Apakah bisnis tersebut dapat membayar dengan harga yang sesuai sehingga saya bisa mencapai target pendapatan yang telah di tentukan ?
  • Bagaimana cara saya terhubung dengan klien ?

Jika anda memiliki semua informasi ini maka anda dapat langsung mengarah dan mengetahui tentang kebutuhan klien. Dari sinilah anda dapat menawarkan keahlian kepada mereka.

5. Menetapkah harga yang tepat untuk layanan anda

Penentuan harga yang tepat untu layanan anda merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan anda dalam bisnis freelance.

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam penentuan tarif adalah dengan memeriksa ulang apakah harga yang anda tentukan dapat memenuhi biaya kehidupan anda.

Namun hal yang harus anda ingat adalah menentukan harga harus berdasarkan kualitas pekerjaan yang anda berikan bukan berdasarkan dari harga dari pesaing anda.

Jangan pernah menentukan harga jasa di atas nilai pekerjaan anda sehingga membuat harga yang anda berikan tidak sesuai dengan kualitas yang klien harapkan.

6. Membangun personal branding

Salah satu hal yang harus perhitungkan sebelum memulai menjadi freelancer adalah memiliki pengalaman kerja. Jika anda masih pemula sebaiknya anda jangan langsung menjadi full time freelancer.

Sebelum menjadi full time freelancer, seorang freelancer harus membangun personal branding dan portofolio sehingga anda dapat dikenal oleh pasar.

Personal branding dapat dikatakan sebagai popularitas diri kita sehingga kita memiliki reputasi yang baik sebagai freelance.

Dengan memiliki reputasi yang baik di bidang freelance tentunya kita akan mendapatkan kepercayaan dari klien.
Sebagai langkah awal untuk membangun personal branding maka anda dapat membuat web portofolio.

Dengan web portofolio akan menciptakan kehadiran online anda menjadi lebih kuat dan meningkatkan potensi untuk mendapatkan kline yang bernilai tinggi.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam web portofolio anda agar efektif menjual layanan anda :

  • Memberikan contoh pekerjaan anda agar calon klien mengetahui kualitas jasa yang anda berikan.
  • Mencantumkan informasi kontak yang bisa di hubungi dan informasi tentang diri anda.
  • Berikan informasi tentang keterampilan, pendidikan dan prestasi anda yang relevan.
  • Menampilkan testimonial.
  • Selalu melakukan pembaruan secara reguler agar menunjukan kepada klien contoh terbaru pekerjaan anda.

Ketika anda mengembangkan web portofolio maka anda dapat mencari inspirasi dari web portofolio freelancer lainnya.

Hal ini akan membantu anda untuk mempelajari bagaimana mereka memposisikan diri mereka, merumuskan proporsi nilai mereka dan bagaimana mereka membangun bisnis mereka.

7. Belajar untuk menawarkan pekerjaan

Jika anda baru memulai sebagai freelancer maka anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengajukan penawaran diri kepada klin. Hal ini merupakan kemampuan yang harus di miliki oleh seorang freelancer.

Sehebat apapun keahlian anda tanpa di bekali dengan kemampuan berkomunikasi dan mengubah percakapan menjadi transakasi maka anda tidak akan mendapatkan klien dalam bisnis freelance anda.

Berikut beberapa cara pembuatan penawaran seorang freelance untuk calon klien :

  • Membuat surat penawaran memlaui email dan tunjukan bahwa anda memiliki nilai dan mampu untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang di berikan.
  • Menjual kekuatan dan kelebihan dari keahlian anda.
  • Menjawab setiap pertanyaan yang mungkin muncul.
  • Selalu bersandar pada sampel pekerjaan yang relevan dari proyek masa lalu untuk menunjukkan keahlian anda.

Baca juga | Cara Berjualan Di Tokopedia Agar Laris Manis Bagi Pemula

Kesimpulan

Menjadi seorang freelancer yang sukses tidaklah dicapai dengan mudah dan cepat. Dibutuhkan proses yang panjang dan kedisiplinan yang tinggi.

Namun jika anda sebagai freelancer paruh waktu dan masih memiliki pekerjaan anda maka jangan pernah membahayakan pekerjaan penuh waktu anda. Hal ini dikarenakan anda masih memerlukannya untuk menopang kehidupan anda selama masih merintis pekerjaan anda sebagai freelancer.

Sebaiknya anda menghindari beberapa hal berikut :

  • Melanggar kontrak atau perjanjian dengan atasan anda.
  • Bekerja sebagai freelancer ketika anda sedang bekerja pada pekerjaan full time anda.
  • Menggunakan sumber daya perusahaan seperti kompeter dan internet untuk keperluan pekerjaan anda sebagai freelancer.
  • Dll

Demikianlah beberapa cara menjadi freelancer online yang sukses untuk pemula.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda..

Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *