cara menjadi youtuber

Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal Untuk Pemula

Posted on

Salah satu cara mendapatkan uang dari Internet yang paling populer saat ini adalah dengan cara menjadi Youtuber. Bahkan saat ini banyak kids jaman now yang memiliki cita-cita menjadi Youtuber yang sukses dan terkenal.

Banyak orang yang mencoba keberuntungan dengan memulai menjadi Youtuber namun mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut terjadi biasanya karena mereka tidak mengetahui cara menjadi Youtuber yang benar.

Hal yang paling penting yang anda butuhkan untuk menjadi Youtuber adalah anda harus memahami siapa audiens anda dan juga hal-hal apa saja yang mereka inginkan.

Cara menjadi Youtuber sukses

Konten video yang tepat dengan audiens maka dapat membantu anda untuk melakukan branding dan memperkenalkan diri anda atau bisnis yang anda jalankan.

Tentunya konten tersebut harus dapat menghibur, mendidik dan dapat dinikmati oleh penonton.

Beberapa cara yang harus anda lakukan untuk menjadi Youtuber

1. Membuat tujuan yang jelas

tips menjadi youtuber

Sebelum anda memulai untuk menjadi Youtuber maka sebaiknya anda mencari tahu tentang tujuan anda membangun Youtube.

Dengan memiliki tujuan yang jelas maka dapat membantu anda untuk memilih jenis video yang akan anda buat dan juga menentukan audiens yang tepat untuk konten anda.

Konten yang sesuai dengan target pemirsa anda tentunya akan mempermudah anda dalam mengembangkan channel anda.

Dengan membuat konten yang bermanfaat untuk pemirsa anda maka anda akan mudah untuk dikenal dan menjadi sumber inspirasi.

2. Membuat channel di Youtube

cara menjadi youtuber sukses dan terkenal

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi Youtuber adalah membuat channel youtube. Anda dapat membuat channel di Youtube secara gratis dengan syarat anda memiliki account google.

Anda dapat masuk kedalam Youtube dengan menggunakan username dan password yang anda gunakan untuk akun gmail, google+ atau fasilitas google lainnya.

Kemudian anda akan diminta untuk membuat nama saluran anda. Menggunakan nama bisnis merupakan pilihan paling bijak selain itu pemirsa akan mudah untuk menemukan channel Youtube anda.

Sebelum memperkenalkan channel Youtube anda maka sebaiknya anda memperbaiki tampilan channel anda terlebih dahulu.

Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memperbaiki tampilan channel Youtube

Upload Ikon bisnis

Upload ikon bisnis anda pada kotak ikon di kiri atas halaman channel anda. Jika anda tidak belum memiliki logo bisnis maka anda dapat menggunakan gambar berkualitas untuk membantu menjelaskan tentang channel anda.

Isi deskripsi singkat channel Youtube

Mengisi deskripsi singkat yang menjelaskan kepada pengunjung anda tentang channel dan diri anda.

Anda juga dapat memberikan tautan dengan sosial media sehingga penonton anda dapat diarahkan ke sosial media anda. Pada kolom deskripsi ini juga anda dapat mencantumkan tautan ke Website bisnis anda.

Membuat cover channel Youtube

Cover channel yang menarik dapat membantu saluran anda terlihat menarik dan menonjol. Sesuaikan cover dengan konsep video-video yang akan anda upload dan buatlah tetap sederhana.

Pastikan juga gambar dapat anda gunakan dan tidak melanggar copyright dan pastikan bahwa gambar tersebut dapat terlihat diperangkat lain seperti pada handphone, tablet dan desktop.

3. Membuat beberapa video

cara menjadi youtuber sukses

Setelah anda memiliki tujuan dan juga akun Youtube maka selanjutnya anda dapat membuat beberapa video yang akan di upload.

Untuk membuat video ini tentunya anda memerlukan kamera yang dapat membuat gambar berkualitas maksimal. Anda dapat menggunakan peralatan kamera yang di miliki seperti smartphone.

Banyak orang yang ingin menjadi Youtuber menganggap bahwa video yang bagus hanya bisa dibuat dengan kamera yang mahal.

Namun sebenarnya anda dapat membuat video Youtube yang baik dengan smartphone selama video tersebut dapat menghibur atau bermanfaat.

Bagi saya sebuah konsep sebuah video itu lebih penting daripada peralatan kamera yang canggih.

Namun jika anda benar-benar ingin serius terjun menjadi Youtuber maka berinvestasi dengan membeli kamera yang baik juga merupakan hal yang bagus.

Hal penting dalam membuat video anda harus percaya diri dan juga senang untuk mengerjakannya.

Bersenang-senanglah dalam membuat video sehingga anda dapat membuat video yang memiliki soul.

Untuk mempermudah anda dalam membuat konten video maka anda dapat menuliskan sekitar 50 ide video. Setelah itu buatlah judul-judul video yang mendalam untuk mengembangkan ide-ide yang telah anda buat.

Untuk melihat persaingan ide video tersebut maka anda dapat mengetik judul tersebut pada pencarian youtube dan lihat apa video yang dibuat oleh pesaing. Perhatikan konten mereka dan buatlah konten yang lebih baik.

Dengan konsep ide-ide unik anda maka saatnya untuk memulai untuk membuat konten video yang bagus.

Baca juga | 7 Persiapan Penting Untuk Jualan Online Laris Manis

4. Kualitas audio harus tetap maksimal

cara menjadi youtuber yang sukses

Mungkin anda pernah menonton sebuah video Youtube namun tidak suara yang dihasilkan video tersebut tidak maksimal. Tentunya hal ini dapat membuat anda malas untuk menonton video tersebut dan akhirnya tidak melanjutkannya.

Oleh sebab itu jika anda membuat konten video maka anda harus tetap memperhatikan kualitas audia yang dihasilkan. Jangan sampai penonton anda meninggalkan video anda dikarenakan kualitas video yang buruk dan mereka sulit untuk mengerti dengan apa yang anda katakan.

Anda dapat menggunakan mic atau juga dapat menggunakan smartphone untuk merekam suara. Jika anda ingin menggunakan backsound musik maka pastikan bahwa suara musik tersebut memiliki lisensi Creative Commons atau dapat digunakan secara gratis.

Baca juga | Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop yang Efektif Hingga 439 %

5. Membuat judul dan desain thumbnail yang menarik

cara menjadi youtuber pemula

Jika saluran Youtube anda belum dikenal dan populer maka cara paling mudah untuk menarik penonton adalah dengan cara mengoptimalkan judul dan juga thumbnail dan menarik.

Buatlah judul yang menarik minat pengguna Youtube dan selalu gunakan kata kunci pada judul anda. penggunaan kata kunci pada judul merupakan salah satu cara optimasi video anda pada mesin pencari.

Selain itu pastikan juga kata kunci anda terdapat pada dua baris pertama deskripsi video anda agar nampak pada pencarian Youtube.

Thumbnail adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna youtube. Oleh sebab itu anda harus membuat thumbnail yang dapat memasarkan video anda sehingga menarik pengguna youtube untuk menonton video anda.

Anda harus ingat bahwa video anda bersaing dengan video lain pada halaman pencarian youtube. Oleh sebab itu selain membuat judul dan deskripsi yang menarik maka gambar thumbnail harus menonjol dan lebih menarik dibandingkan dengan video pesaing anda.

Untuk membuat thumbnail ini dapat mendesain dengan sederhana dengan beberapa elemen, warna latar belakang yang terang.

Jangan menggunakan gambar thumbnail yang ada di youtube dan sebaiknya anda merancang sendiri thumbnail anda video anda.

Hal yang harus anda ingat anda harus membuat judul dan thumbnail yang relevan dengan isi video anda.

Jangan pernah rusak reputasi channel anda dengan hal-hal yang sebenarnya dapat anda hindari.

Baca juga | Aplikasi Edit Video Untuk Youtuber (Pilihan Terbaik)

6. Unggah dan promosi video anda

langkah-langkah menjadi youtuber

Setelah semua hal diatas sudah siap maka kini saatnya mengunggah video anda di Youtube. Video yang telah di unggah dapat disaksikan oleh orang seluruh dunia.

Namun hal ini bukanlah akhir dari tugas karena anda harus melakukan promosi video tersebut. anda dapat memberitahu teman-teman dan juga berpromosi di media sosial media seperti Facebook, Instagaram, Twitter, Google+ dan media sosial lainnya.

Jika anda memiliki list email maka anda dapat menggunakannya untuk melakukan promosi video. Beri tahu kepada mereka untuk menonton dan berlangganan pada akun Youtube anda.

Anda juga dapat meminta penonton anda untuk berlangganan pada akun Youtube pada akhir video atau meminta mereka untuk menonton video anda lainnya.

Cara paling efektif untuk berpromosi channel Youtube anda adalah dengan cara berkolaborasi dengan Youtuber lain yang terkenal (Panjat Sosial).

Dengan cara ini maka anda dapat menjangkau penonton yang lebih banyak untuk memperkenalkan channel anda. Anda dapat membuat video bersama kemudian mempromosikan channel anda.

Baca juga | Cara Bisnis Online Baju Untuk Pemula Tanpa modal Agar Sukses

7. Konsisten upload video

cara jadi youtubers sukses

Kunci sukses untuk menjadi Youtuber sukses dan terkenal adalah konsistensi. Namun poin ini merupakan hal tersulit yang harus dihadapi karena anda harus terus konsisten untuk mengupload dan juga membuat video yang berkualitas.

Selain itu anda juga harus tetap konsisten pada niche yang sudah tentukan seperti niche game, travelling, kuliner, dll.

Misalkan,

Anda membuat channel Youtube tentang game dan anda biasa untuk mengupload video baru setiap hari senin. Maka anda harus tetap konsisten setiap hari senin mengupload video baru.

Dengan demikian pelanggan channel anda akan mengetahui bahwa setiap hari senin video terbaru akan anda upload.

Manfaat lain dengan konsisten upload video adalah anda akan terus dapat belajar untuk memperbaiki kualitas video yang anda buat.

Membuat video bagus juga membutuhkan anda latihan dan akan menjadi lebih baik jika anda terus melakukan praktek. Jika anda hanya menunggu hasil video yang bagus dan memuaskan anda maka anda tidak akan pernah mengupload video anda.

Anda dapat membuat jadwal dengan menerbitkan 1 video dalam 1 minggu atau anda dapat menerbitkan 2 video dalam 1 bulan. Namun anda harus mematuhi jadwal upload yang telah anda buat tersebut.

Pada saat anda upload video, kualitas video yang di hasilkan belum maksimal namun dengan penjadwalan yang tetap seperti itu akan membuat anda konsisten untuk upload video walau hasilnya belum maksimal.

Dengan seiringnya waktu maka kualitas video yang anda hasilkan akan terus membaik karena konsisten.

8. Berinteraksi dengan penonton atau subcriber anda

menjadi youtuber sukses

Youtube merupakan salah satu platform media sosial untuk berbagi konten yang mengutamakan video. Dengan menggunakan Youtube maka seseorang bisa memperoleh banyak teman dan juga memberikan pengaruh terhadap penonton mereka.

Sebagai seorang Youtuber maka anda harus mampu berinteraksi dengan penonton dengan cara merespon komentar yang diberikan. Cara ini telah terbukti sebagai cara yang paling efektif untuk membangun reputasi channel anda.

Selain itu anda dapat berkomentar di channel Youtuber lainnya (jangan spam) sehingga anda dapat menjalin hubungan dengan Youtuber lainnya.

9. Jangan biarkan komentar negatif untuk video anda

cara menjadi youtuber sukses bagi pemula

Sama halnya dengan media sosial yang lain maka pada Youtube siapapun dapat berkomentar apapun bahkan dengan menggunakan akun tanpa nama.

Tentunya ketika anda berbagi video maka anda akan berada pada posisi rentan untuk mendapat komentar yang negatif. Namun anda harus tetap membuka diri terhadap penonton baru dan lama anda.

Terkadang hal ini membuat banyak orang merasa ketakutan untuk memulai untuk menjadi Youtuber sukses.

Salah satu cara untuk menghindari dari komentar negatif adalah anda harus fokus untuk membuat konten yang positif.

Sekalipun ada komentar negatif maka komentar tersebut dapat anda jadikan sebagai pecut untuk anda untuk terus memperbaiki kualitas video anda.

10. Belajar dan terus belajar

bagaimana cara menjadi youtuber

Belajar dan terus belajar merupakan hal yang harus anda lakukan jika ingin menjadi seorang Youtuber yang sukses.

Banyak hal yang dapat anda pelajari untuk memaksimalkan kualitas channel Youtube anda. Anda dapat belajar berbagai hal tentang Youtube dari internet atau anda dapat bergabung dengan beberapa forum yang secara khusus membahas tentang Youtube.

Anda dapat memulai belajar dengan menggunakan peralatan yang ada atau tools gratis yang banyak tersedia di internet.

Untuk belajar editing maka anda dapat menggunakan Windows Movie Maker. Walau gratis dan mudah tapi Windows Movie Maker merupakan tools yang bagus untuk Youtuber pemula.

Selain itu anda dapat mempelajari teknik SEO Youtube untuk memaksimalkan peringkat video anda dimesin pencari.

Dan masih banyak hal lagi yang dapat anda pelajari untuk memaksimalkan video anda.

Intinya anda harus terus belajar dan terus belajar.

Baca juga | Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Hingga Ratusan Juta Rupiah

Kesimpulan

Untuk Menjadi Youtuber sukses dan terkenal bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan sebuah konsistensi, disiplin dan juga kerja keras.

Banyak orang yang menjadi Youtuber karena ikut-ikutan karena ingin terkenal dan juga memperoleh banyak uang dengan mudah.

Padahal menjadi Youtuber membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk terus dapat memproduksi video yang berkualitas.

Jika ingin menjadi Youtuber maka langkah-langkah menjadi Youtuber pada artikel dapat memberikan gambaran pada anda.

Demikianlah pembahasan tentang cara menjadi Youtuber sukses dan terkenal untuk pemula.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *