cara menulis copywriting

6 Cara Menulis Copywriting Yang Menarik Minat Pembaca (Untuk Pemula)

Posted on

Cara Menulis copywriting untuk pemula

Cara Menulis copywriting bukanlah hanya sekedar membuat dan mengetahui tentang aturan tanda baca dan tata bahasa yang benar. Karena esensi dari penulisan copywriting adalah dapat memberikan pengaruh kepada pembacanya.

Terkadang aturan tentang ejaan dan tata bahasa dapat membuat sebuah copywriting menjadi hal yang membosankan.

Oleh sebab itu seorang copywriter harus benar-benar memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Menulislah dengan jelas

Copywriter harus mengetahui bahwa pembaca melihat sebuah konten karena ingin memperoleh informasi yang dibutuhkan mereka. Oleh sebab itu, anda harus menulis secara singkat dan jelas.

Jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan dan cenderung tidak dibutuhkan oleh pembaca terutama ketika menuliskan informasi.

Harus anda fahami adalah pembaca akan mengabaikan seluruh konten jika dalam waktu 3 detik mereka bosan.

Berarti anda harus membuat sebuah konten yang tidak bertele-tele dan informatif sehingga dapat menarik untuk pembaca. Jangan sampai membuat pembaca anda menjadi bosan karena dalam hitungan 3 detik maka konten anda akan ditinggalkan

Namun kebanyakan copywriter melakukan kesalahan ini karena mereka ingin mengejar panjangnya konten. Justru hal ini akan membuat tulisan anda jadi tidak menarik bagi pembaca.

2. Menuliskan kalimat perkenalan dengan singkat.

Pada saat ini, sering saya temukan banyak penulis yang salah dalam membuat kalimat perkenalan. Sebagian dari penulis membuat kalimat perkenalan terlalu panjang.

Terkadang hal ini akan membuat pembaca merasa bosan dan tulisan tersebut cenderung tidak menarik. Pada aturan pertama ini, penulis harus menjaga kalimat pendahuluan dalam konten adalah penting.

Cara paling baik adalah membuat kalimat pendahuluan sebanyak 80 kata dan ringkasannya kurang lebih 100 kata. Walau kalimat tersebut singkat namun kalimat tersebut harus memberikan gambaran jelas terhadap topik yang akan dibahas.

Baca Juga : 5 Cara Menulis headline Menarik Dalam Copywriting

Selain itu, pada awal bagian konten ini berupa informasi yang menarik agar pembaca mau membaca konten hingga akhir. Hal ini akan membuat konten anda memiliki peluang untuk dibaca hingga akhir.

3. Jangan fokus pada diri sendiri

Jangan terlalu banyak berbicara tentang anda sendiri. Tapi anda harus memberikan sedikit informasi tentang bisnis anda. Namun harus lebih fokus kepada pembaca anda.

Jika kita membuat copywriting yang berfokus pada diri sendiri akan membuat pembaca merasa bosan. Anda membuat kalimat yang ditulis dengan nada percakapan.

Namun pada saat ini, banyak copywriter membuat konten yang hanya berfokus pada diri sendiri dan tidak kepada pembacanya.

Mungkin anda pernah membaca artikel seperti ini …

Pasti anda bosan membacanya.

Terlebih lagi konten tersebut panjang, tentunya anda akan berhenti membacanya.
Konten tersebut akan tampak membosankan dan mengerikan.

Hal dikarenakan pembaca tidak ingin mengetahui tentang anda, namun pembaca ingin memperoleh manfaat yang ada dalam konten.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda membuat sebuah konten yang berfokus pada pembaca.

Baca juga | Teknik Copywriting : 17 Hal Yang Harus Diketahui Dalam Tulisan Copywriter

4. Jangan membuat paragraf panjang

Pernahkah anda membaca artikel dengan paragraf yang panjang ?

Pasti artikel tersebut akan sulit dibaca dan membuat mata anda lelah.

Paragraf panjang dan terlalu kaku lebih cenderung tidak mendapatkan perhatian dari pembaca. Hal ini akan membuat kesan tidak menarik bagi pembaca.

Pembaca biasanya akan lebih tertarik pada konten yang terbagi menjadi potongan paragraf yang pendek. Oleh karena itu, sebaiknya kalimat dalam paragraf tersebut di pecah sehingga dapat memudahkan pembaca membacanya.

Dengan melonggarkan isi dalam paragraf dapat memberikan relaksasi mata pada pembaca anda. Anda dapat membuat paragraf konten sekitar 3-4 baris (bukan kalimat).

Selain itu, anda dapat menggunakan sub judul untuk membagi konten. Tentunya ini akan membantu pembaca anda dalam memahami isi dari konten.

Sub judul akan mengarahkan tentang makna dari isi konten. Hal ini akan membuat prespektif yang lebih baik tentang bagaimana konten tersebut mengalir.

Dengan demikian konten akan mudah untuk di cerna dan memberikan petunjuk kepada pembaca tentang apa yang copywriter ingin sampaikan.

Pembuatan sub judul ini dapat dilakukan dengan cara membuat dengan cara menggunakan bullet atau nomor.

Selain itu dapat juga menggunakan frase yang dapat menggambarkan isi dari paragraf. Buatlah sub judul yang menarik sehingga mendapat perhatian pembaca.

Baca juga | Contoh Copywriting Fashion Untuk Meningkatkan Penjualan Hingga 340%

5. Jangan melakukan plagiarisme

Seorang copywriter harus dapat membuat sebuah konten yang tidak plagiarisme. Jangan melakukan copy paste secara langsung terhadap artikel milik orang lain. Anda dapat mencari beberapa konten orang lain kemudian dapat diikombinasikan satu dengan lainnya.

Hal penting yang harus diingat adalah penyampaian dalam konten anda harus berbeda dan juga dapat menyampaikan sebuah ide.

Jangan pernah menyalin 5 kata yang sama dalam setiap kalimat dan jangan membuat sub judul yang sama dengan konten aslinya.

Cara terbaik dalam membuat copywriting adalah dengan menggunakan kata-kata yang berbeda namun dengan ide yang sama.

6. Fokus dengan satu topik dan relevan.

Sekarang, dunia internet telah menjadi salah satu sumber informasi yang lengkap. Banyak orang diseluruh dunia mencari informasi didalam internet dengan tujuan yang berbeda.

Oleh sebab itu, seorang copywriter harus mampu mempersembahkan konten yang relevan dengan kebutuhan informasi mereka.

Misalkan,

Anda sedang mencari sebuah informasi tentang cara membuat donat. Kemudian anda mencarinya di internet. Maka anda akan menemukan konten tentang cara membuat donat.

Tapi konten ini isinya banyak membahas tentang cara memelihara ikan lele. Tentunya pembahasan cara memelihara lele tidak relevan dengan informasi yang ingin anda cari.

Kemungkinan terbesar anda adalah kembali mencari konten yang lainnya.

Dengan kita fokus dengan satu topik bahasan dan relevan tentunya akan membantu pembaca memperoleh informasi yang dicari.

Dengan demikian pembaca akan menemukan titik fokus sehingga dapat memahami informasi yang diberikan.

Untuk menjadi seorang copywriter yang handal tidaklah mudah. Satu-satu jalan untuk membuat copywriting untuk pemula adalah dengan belajar.

Namun harus tetap mengikuti aturan dan memiliki kemauan untuk terus meningkatkannya.

Dengan mengikuti panduan cara menulis copywriting diatas maka anda dapat membuat tulisan yang menarik.

Summary
6 Cara Menulis Copywriting Yang Menarik Minat Pembaca (Untuk Pemula)
Article Name
6 Cara Menulis Copywriting Yang Menarik Minat Pembaca (Untuk Pemula)
Description
Artikel ini membahas tentang beberapa cara menulis copywriting yang menarik minat pembaca bagi pemula. Banyak orang yang tidak mengerti tentang pentingnya untuk menulis copywriting yang dapat menarik pembaca untuk membaca copywriting anda sehingga dapat menghasilkan konversi penjualan.
Author
Publisher Name
pahlevi dot net
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *