cara merekrut karyawan baru

Cara Merekrut Karyawan Baru Berkualitas Untuk Usaha Kecil

Posted on

Cara merekrut karyawan – Dengan semakin berkembangnya usaha tentunya seorang pebisnis akan membutuhkan karyawan untuk membantu mereka dalam menjalankan usaha mereka.

Namun untuk merekrut karyawan yang berkualitas merupakan hal sulit karena mereka belum memiliki pengalaman dalam memilih karyawan yang tepat.

Salah satu faktor keberhasilan sebuah usaha adalah memiliki karyawan yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi positif.

Oleh sebab itu anda tidak boleh sembarangan dalam merekrut karyawan dan anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari usaha anda.

Baca juga | Definisi Manajemen SDM Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Cara merekrut karyawan

Bagi anda yang ingin merekrut karyawan dan belum mengetahui cara merekrut karyawan yang berkualitas maka anda dapat mengikuti beberapa tips berikut :

1. Harus mengetahui kebutuhan anda

Langkah pertama yang harus di lakukan sebelum merekrut karyawan adalah anda harus menentukan apa saja yang di butuhkan dan harapkan. Anda harus memastikan kebutuhan karyawan secara spesifik seperti jenis pekerjaan, tugas yang harus dilakukan, kualitas karyawan yang akan di rekrut.

Mengapa anda membutuhkan untuk merekrut karyawan ?

Pertanyaan itu tersebut dapat membantu anda untuk mengetahui dan memahami secara spesifik karyawan yang di butuhkan.

Jangan sampai anda merekrut karyawan tapi tidak mempengaruhi perkembangan dari usaha anda.

2. Membuat kualifikasi karyawan sesuai dengan kebutuhan

Hal yang harus di perhatikan dalam merekrut karyawan adalah anda harus menentukan kualifikasi karyawan yang di butuhkan.

Contoh,

Anda membutuhkan karyawan yang dapat membantu di bidang akuntansi keuangan maka sebaiknya anda mencari karyawan yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi keuangan.

Anda dapat memperhatikan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan juga karakter yang dimiliki oleh calon karyawan.

Oleh sebab itu anda harus mempersiapkan kriteria karyawan sesuai dengan kebutuhan. kriteria yang anda buat tidak hanya mengenai keterampilan, pendidikan tapi juga harus memperhatikan attitude atau karakter karyawan.

Dengan memiliki attitude atau karakter yang baik tentunya akan membuat karyawan anda dapat berkontribusi secara baik di dalam usaha.

Pastikan juga calon karyawan memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tim sehingga dapat menjalankan strategi bisnis secara bersama-sama.

3. Mencari rekomendasi dari relasi terpercaya

Cara paling mudah untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas adalah dengan mencari rekomendasi dari relasi atau kerabat anda.

Anda dapat meminta bantuan dari relasi atau kerabat terdekat anda untuk memperoleh karyawan yang berkualitas sesuai dengan standar anda. Anda dapat memberikan standart karyawan yang di butuhkan kepada relasi.

Namun anda harus tetap memastikan bahwa calon karyawan yang diajukan memiliki kualitas dan kemampuan yang sesuai dengan yang di inginkan.

Selain itu anda juga dapat mencoba untuk menghubungi beberapa lembaga pendidikan disekitar anda untuk mencari calon karyawan yang berkualitas.

Anda dapat mencoba untuk memasang iklan di lingkungan lembaga pendidikan sehingga dapat menarik para siswa untuk bekerja untuk anda.

4. Memperluas area pencarian karyawan

Selain anda mencari karyawan melalui rekomendasi relasi terpercaya anda juga harus memperluas area pencarian karyawan. Cara paling efektif adalah dengan cara memasang iklan kerja yang jelas.

Anda dapat memasang iklan lowongan pekerjaan pada majalah atau koran. Cara ini juga terbilang sangat efektif untuk menarik orang untuk mendaftar menjadi karyawan di perusahaan anda.

Selain melalui koran atau majalan anda juga dapat mencari kandidat karyawan melalui online advertising.

Pada saat ini banyak website yang menyediakan tempat untuk anda memasang iklan lowongan pekerjaan secara gratis seperti Jobstreet.co.id, Karir.com, dan Linkedin.com.

Anda dapat memasang iklan lowongan pekerjaan dan mencari calon karyawan sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan.

5. Mereview CV yang diberikan oleh kandidat karyawan

Setelah anda memperoleh lamaran dari calon karyawan maka langkah selanjutnya adalah melakukan review terhadap CV (Curricullum Vitae) yang di berikan. Pilihlah resume yang paling sesuai dengan kriteria yang telah anda tentukan.

Langkah ini terbilang sepele tapi untuk mereview dan memilih CV yang tepat di butuhkan ketelitian karena menentukan kualitas calon karyawan anda.

Baca juga | Macam-Macam Manajemen Serta Penjelasannya Secara Singkat

6. Wawancara

Langkah selanjutnya untuk merekrut karyawan adalah melakukan wawancara terhadap calon karyawan yang sesuai dengan kriteria anda.

Untuk melakukan wawancara anda dapat mempersiapkannya dengan menentukan jadwal wawancara, menyusun pertanyaan dan berbagai informasi yang anda butuhkan dari calon karyawan anda.

Pilihlah waktu dan tempat untuk melakukan wawancara yang membuat anda dapat calon karyawan dapat melakukan wawancara dengan nyaman.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan wawancara diantaranya :

a. Evaluasi standart

Ketika melakukan wawancara maka anda harus memiliki standart karyawan yang anda butuhkan. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh anda adalah mengetahui hal-hal yang harus sebaiknya anda ketahui. Anda dapat harus dapat memberikan standar penilaian kepada calon karyawan.

Dengan penilaian tersebut maka anda dapat mengakumulatifkan penilaian tersebut sesuai dengan kriteria calon karyawan yang anda butuhkan.

a. Mengetahui motivasi calon karyawan

Hal yang yang wajib anda ketahui ketika melakukan wanwancara adalah mengetahui motivasi calon karyawan untuk melamar pekerjaan.

Motivasi calon karyawan harus anda perhatikan karena motivasi ini dapat mempengaruhi keberhasilan usaha anda.

b. Menguji kemampuan calon karyawan

Setelah anda melakukan evaluasi dan juga mengetahui motivasi calon karyawan maka langkah selanjutnya adalah menguji kemampuan calon karyawan.

Dengan melakukan pengujian kemampuan atau keterampilan calon karyawan maka anda dapat memastikan bahwa calon karyawan tersebut dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan harapan anda.

c. Menentukan gaji

Langkah terakhir dalam melakukan wawancara adalah menentukan gaji yang tepat untuk calon karyawan.

Anda dapat menentukan gaji sesuai dengan kesepakatan dengan calon karyawan. Selain itu anda memberikan masa percobaan kepada calon karyawan selama beberapa bulan dengan memberi gaji berupa honor magang.

d. Mengetahui karakter yang dimiliki karyawan

Karakter merupakan hal yang harus anda perhatikan terhadap calon karyawan. Untuk melihat karakter calon karyawan tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Untuk itu anda dapat memberikan masa training kepada calon karyawan sehingga anda bisa memperhatikan karakter calon karyawan.

Selama masa training ini juga anda dapat memperhatikan integritas calon karyawan seperti :

  • Konsisten dalam melakukan pekerjaan
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan juga dapat dipercaya
  • Bersifat terbuka
  • Selalu menepati janji
  • Memiliki loyalitas dan komitment yang tinggi terhadap perusahaan

Terakhir…

Cara merekrut karyawan yang berkualitas merupakan hal yang harus anda perhatikan agar anda dapat membantu perkembangan usaha anda.

Demikianlah beberapa cara merekrut karyawan berkualitas untuk usaha baru.

Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *