ciri-ciri perubahan sosial

Ciri-Ciri Perubahan Sosial yang Terjadi di Masyarakat

Posted on

Ciri-Ciri Perubahan Sosial – Perubahan Sosial merupakan hal yang bisa dilihat dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Proses perubahan sosial ini terjadi karena adanya adaptasi kelompok masyarakat atas kondisi eksternal atau internal yang terjadi.

Walaupun demikian, tidak semua gejala sosial dapat mengakibatkan terjadi perubahan sosial.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Menurut Jacobus Ranjabar (2008:58-63), terdapat beberapa ciri-ciri perubahan sosial yaitu:

  • Diferential social organization.
  • Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong perubahan pemikiran ideologi, politik dan ekonomi.
  • Mobilitas
  • Culture conflict
  • Perubahan sosial yang di rencanakan dan perubahan sosial yang tidak direncanakan
  • Kontroversi (pertentangan).

Sedangkan menurut Seojono Soekanto (2007:267) perubahan sosial memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu :

  • Tidak adanya masyarakat yang berhenti perkembangannya karena setiap masyarakat mengalami perubahan yang terjadi secara lambat atau cepat.
  • Perubahan yang terjadi di dalam lembaga kemasyarakatan tertentu akan di ikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya karena lembaga sosial sifatnya interpenden maka sulit sekali untuk mengisolasi perubahan pada lembaga-lembaga sosial tertentu saja.  Proses awal dan proses-proses selanjutnya merupakan suatu mata rantai.
  • Perubahan-perubahan yang cepat biasanya mengakibatkan di organisasi yang bersifat sementara karena berada di dalam proses.

Sedangkan Menurut Janu Murdiyatmoko menyatakan bahwa perubahan pada masyarakat dapat dikatakan sebagai perubahan sosial dengan beberapa ciri-ciri, yaitu :

1. Berkelanjutan

Ciri-ciri perubahan sosial yang paling utama adalah bersifat berkelanjutan di mana setiap kelompok masyarakat akan mengalami perubahan baik secara cepat ataupun secara lambat.

Proses perubahan sosial akan selalu terjadi dan akan terus mengalami berkembangan karena hal ini merupakan konsekuensi manusia sebagai mahluk sosial.

Baca juga | Pengertian Nilai Sosial Adalah, Ciri-Ciri dan Fungsi

2. Imitatif

Ciri-ciri perubahan sosial selanjutnya adalah bersifat imitatif yaitu perubahan yang terjadi pada sebuah kelompok masyarakat yang akan diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya.

Hal ini terjadi karena setiap kelompok dapat saling mempengaruhi dan mereka tidak bisa mengnisolir dari perubahan yang terjadi tersebut.

3. Disorganisasi Sementara

Disorgansiasi merupakan situasi yang tidak menentuk dan hal ini dikarenakan dari adaptasi dari bagian masyarakat terhadap perubahan sosial yang terjadi.

Perubahan sosial yang terjadi dengan cepat dapat menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara.

4. Hubungan Kausalitas (Timbal Balik)

Perubahan tidak hanya terbatas pada material atau immaterial belaka tapi juga kedua hal tersebut dapat terjadi pada perubahan sosial.

Hal ini disebabkan karena material dan immaterial memiliki hubungan timbal balik atau kausalitas.

Baca juga | Pengertian Perubahan Sosial, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi

5. Penggolongan Watak (Tipologis)

Penggolongan watak atau tipologis didalam perubahan sosial dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu proses sosial, perubahan struktur, perubahan struktur kelompok dan segmentasi.

6. Sering Menimbulkan Kontroversi

Terjadinya perubahan sosial pada umumnya dapat menimbulkan kontroversi seperti penggunaan mesin yang canggih untuk memproduksi barang karena dapat menekan biaya produksi.

Tapi hal ini dapat menimbulkan kontroversi karena dapat menggurangi penggunaan tenaga kerja.

Ketika perusahaan tidak lagi membutuhkan banyak tenaga kerja maka dapat menyebabkan terjadi konflik sosial di dalam masyarakat.

7. Dapat Terjadi Dimana Saja

Proses perubahan sosial dapat terjadi dimana saja walau tingkatan perubahan yang terjadi dapat bervariasi antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Sebuah masyarakat yang masih tradisional biasanya perubahan sosial akan berjalan dengan lambat.

Sedangkan pada masyarakat modern, perubahan sosial akan berjalan sangat cepat dibandingkan dengan masyarakat tradisional.

Baca juga | Teori Perubahan Sosial di Dalam Masyarakat dan Sosiologi

8. Dilakukan dengan sengaja

Terkadang, perubahan sosial ini dilakukan dengan sengaja oleh masyarakat namun pada umumnya perubahan sosial ini terjadi dengan tidak ada perencanaan.

Contohnya adalah penciptaan kendaraan bermotor yang memiliki tujuan untuk mempermudah manusia.

Namun pada dasarnya mereka tidak mengetahui bahwa hasil dari penemuannya tersebut dapat menyebabkan polusi udara yang mengganggu kesehatan manusia.

Demikianlah pembahasan tentang Ciri-Ciri Perubahan Sosial yang Terjadi di Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *