contoh copywriting fashion

Contoh Copywriting Fashion Untuk Meningkatkan Penjualan Hingga 340%

Posted on

Contoh copywriting fashion

Dalam dunia fashion, konsumen memiliki banyak pilihan untuk memilih gaya berpakaian. Bahkan konsumen dapat memilih dan membelinya di pasar offline bahkan di toko online.

Bagi anda yang ingin memiliki bisnis online dibidang fashion maka anda harus memastikan anda dapat mempresentasikan penawaran luar biasa tentang pakaian yang dijual. Dan anda harus memperlajari tentang bagaimana cara pesaing melakukan penawaran kepada konsumennya.

Contoh fashion yang dapat anda jual :

  • Pakaian wanita atau pria
  • Hijab
  • Sepatu

Banyak yang mencoba untuk membuka toko fashion online dengan membeli berbagai jenis pakaian, membuat situs web, kemudian mencoba melakukan berbagai cara untuk membawa orang ke situs mereka.

Tapi didalam situs mereka hanya menampilkan produk dan hanya dilengkapi dengan deskripsi yang asal-asalan. Tentunya ini akan mengganggu kenyamanan dari pengunjung situs anda.

Ditambah dengan bermunculannya toko online lainnya sehingga pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai pilihan toko online.

Oleh sebab itu anda harus membuat strategi untuk menarik minat pengunjung untuk  mengkonversinya menjadi pembeli. Maka anda dapat mencari referensi contoh copywriting fashion.

Jika anda tidak dapat mendiskripsikan produk anda secara singkat dan menarik maka pelanggan memiliki banyak pilihan toko online lainnya.

Kesalahan ini yang sering saya lihat pada toko online yang ada saat ini. sehingga mereka hanya meramaikan persaingan tapi tidak pernah mendapatkan penjualan.

Disini saya akan mencoba memberikan anda beberapa contoh copywriting fashion untuk mendongkrak merek pakaian anda lebih unggul dibanding pesaing.

Contoh kalimat copywriting untuk promosi jualan baju

Di dalam penjualan online dibutuhkan kata-kata yang terbaik untuk menarik konsumen. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan.

Beberapa tips dan contoh dalam membuat kalimat copywriting terbaik untuk menarik pembeli. Anda juga dapat menggunakan contoh ini untuk promosi produk anda.

Menggunakan angka sehingga dapat memberi pengaruh kepada pembeli

Contoh,

  • Beli 2 baju gratis 1 baju
  • Beli  lebih dari 100 ribu gratis sepatu
Memberikan rasa urgensi agar konsumen dapat merespon dengan cepat

Contoh,

  • Diskon 70% hingga minggu depan.
  • Gratis voucher Rp. 100.000 untuk  10 pembeli pertama.
  • Cuci gudang hingga akhir tahun.
Menggunakan nama orang terkenal.

Contoh,

  • Syahrini aja pakai produk ini
  • Baju ini dipilih oleh syahrini karena kualitasnya.
Menulis harga dalam copywriting

Contoh,

  • Hanya dengan 100 ribu anda memperoleh pakaian ini
  • Tampil cantik dengan 168 ribu

beberapa contoh kata promosi dapat memancing calon pembeli. kemudian anda juga harus memperhatikan deskripsi produk agar memberikan penjelasan yang menarik.

Kesalahan pembuatan deskripsi produk

Beberapa alasan mengapa para pemilik toko online fashion tidak memperhatikan deskripsi produk mereka

  • Supply barang mereka terlalu besar sehingga kurang memahami produk mereka sendiri.
  • Tidak memiliki anggaran besar untuk pemasaran dengan menuliskan diskripsi produk
  • Menggunakan deskripsi standart yang diberikan oleh distributor
  • Mereka mengguna jasa copywriter yang tidak berpengalaman dibidang fashion
  • Deskripsi produk ditulis hanya untuk kebutuhan mesin pencari bukan untuk pelanggan

Salah satu hal yang baik untuk meningkatkan penjualan adalah dengan cara meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media sosial sebagai jalur pemasaran. Dengan demikian anda tidak perlu membuat spam pada diskripsi untuk kepentingan mesin pencari.

Baca juga | Konten Yang Disukai Pembaca Dan Mesin Pencari

Anda dapat fokus mendeskripsikan produk secara matang untuk pelanggan untuk mendeskripsikan nilai dan kualitas produk.

Sekarang mari kita mulai untuk belajar tentang bagaimana menulis deskripsi produk yang menjual.

1. Memberikan sentuhan emosional pada deskripsi produk anda

Sentuhan emosional pada deskripsi produk sering diabaikan oleh penjual online pemula. Sehingga tidak terjadi ikatan emosional yang membuat pembaca terlibat. Padahal pelanggan menginginkan terjadi koneksi emosional sehingga mereka bisa terhubung dengan produk anda.

Sebagai contoh,

Ketika anda memiliki sebuah toko dipusat perbelanjaan. Kemudian anda menawarkan produk kepada konsumen yang masuk kedalam toko anda.

Bila anda langsung berkomunikasi dengan konsumen maka anda akan memiliki kesempatan untuk mengkonversi pada penjualan. Tentunya anda akan lebih memperhatikan dan kemungkinan kesalahan lebih kecil dibandingkan anda hanya berdiam diri dan acuh tak acuh.

Oleh sebab itu anda jangan hanya malas dan tidak peduli dengan konsumen anda. tentunya anda menginginkan pelanggan anda keluar dari toko anda dengan membawa tas belanja yang penuh dengan produk anda.

Jadi anda harus menjemput pelanggan anda yang berada pada toko anda dan tunjukkan rasa peduli anda pada mereka.

Berdasarkan contoh diatas anda juga dapat menerapkannya pada toko online anda. Mulailah membangun ecommerce anda dengan memberikan sentuhan emosional pada pengunjung.

Anda dapat memulai melatih untuk merasakan kehadiran pelanggan anda dan merasakan tentang kebutuhan mereka dan jalinlah hubungan dengan mereka. Tentunya ini akan membuat pelanggan anda dilayani dengan baik.

Ini sebenarnya menjadi poin plus untuk anda karena biasanya jika konsumen puas dengan pelayanan anda maka mereka akan memberikan testimoni yang baik dan memberikan rekomendasi produk anda pada rekan mereka.

Tips membuat deskripsi produk yang mudah di fahami. Tips membuat deskripsi produk yang mudah di fahami.

  • Menulis deskripsi  produk yang pendek, menarik dan mudah dipahami• Mengunakan bullet untuk spesifikasi.
  • Berikan banyak ruang pada tulisan.
  • Menggunakan font mudah dibaca.
  • Tunjukkan deskripsi 2 baris kecil dibawah nama produk.

2. Menulis seolah Berbicara langsung kepada konsumen

“ berbicaralah dengan konsumen anda tentang keresahan dihati mereka” – Jonathan Lister“ 

Pada dasarnya tidak semua orang memiliki keinginan untuk membeli produk anda. Berbagai alasan mereka tidak memiliki keinginan tersebut seperti produk kita terlalu mahal, model yang tidak sesuai, dll. Ini akan membuat anda tidak dapat menjual apapun kepada mereka.

Baca juga | Formula Copywriting : 17 Rumus Untuk Membuat Storytelling

Tapi anda tidak dapat memaksa mereka untuk membeli, disinilah peran copywriting fashion. Anda harus berbicara langsung kepada pelanggan utama anda dengan menggunakan cara, bahasa, dan perspektif mereka.

Untuk melakukan itu maka anda harus mengetahui beberapa informasi tentang konsumen utama anda :

  1. Siapakah audiens anda
  2. Memahami bagaimana cara mereka berbicara
  3. Menggunakan informasi ini sebagai bahan copywriting anda

Contoh,

Jika pelanggan anda adalah para gadis remaja maka anda harus menggunakan gaya bahasa mereka yang cenderung menyenangkan dan bersemangat.

Anda harus menggunakan istilah-istilah trendy atau bahasa keseharian yang sering mereka gunakan. Walau terkadang hal ini terkesan tidak tulus dan terlalu memaksa. Selain itu hindari menggunakan tata bahasa yang sulit untuk di mengerti oleh target pasar anda.

Contoh lainnya,

Anda memiliki produk fashion untuk pria yang profesional. Maka anda harus menggunakan bahasa dan nada yang lebih profesional sehingga akan mudah dipahami oleh target anda.

Dengan mengetahui siapa konsumen anda maka anda dapat menuliskan deskripsi yang tepat sehingga dapat di mengerti pengunjung anda. Hal ini akan membangun hubungan emosional antara merek, produk dan pelanggan.

3. Membuat imajinasi pembaca tentang produk anda

Kesulitan penjualan online adalah konsumen tidak bisa memegang produk anda secara langsung. Oleh sebab itu deskripsi harus mampu memberikan imajinasi kepada pelanggan bahwa mereka memegang produk tersebut.

Untuk membuat tulisan yang memancing imajinasi pembaca ini diperluakan teknik copywriting yang harus terus anda latih.

Jika anda sedang jualan baju maka konsumen anda dapat merasakan tampilan pakaian dan mereka akan merasakan bagaimana jika mereka memakainya.

Jika anda dapat menggunakan kata sifat secara benar maka anda dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk. Kata sifat ini merupakan rahasia copywriter dalam membuat copywriting.

Sebagai contoh,

Ketika anda menjual pakaian pengantin maka anda dapat menggunakan kata romantis, nostagia, rindu, mewah, dll. Kata-kata ini akan yang ingin didengar oleh pengantin sehingga akan menarik konsumen untuk membeli.

4. Menggunakan judul produk dengan sederhana (to the point)

Menggunakan judul dengan kata-kata yang sederhana. Kata-kata dasar yang sederhana dimengerti oleh target konsumen anda.

Jangan menggunakan jargon pada nama produk atau kata-kata yang sulit dimengerti oleh pelanggan. Namun anda dapat mengunakan istilah fashion pada deskripsi produk anda.

Selain itu anda dapat menggunakan judul dengan mengajukan pertanyaan yang membuat mereka berpikir. Jika produk anda memiliki fitur unggulan maka anda dapat menjadikan ini sebagai point utama pada saat anda mengajukan pertanyaan tersebut.

Baca juga | Cara Membuat Headline Yang Menarik

Hal ini akan membuat konsumen bertanya dan memperoleh jawaban pada deskripsi anda. tentunya ini akan memberikan wawasan pada konsumen anda.

5. Memikat konsumen dengan manfaat bukan menjelaskan spesifikasi.

banyak penjual online hanya berfokus pada spesifikasi produk. ini bukanlah sebuah kesalahan karena spesifikasi produk juga penting.

Tapi yang harus anda tahu adalah konsumen tidak tertarik dengan penjelasan dan spesifikasi. Mereka sebenarnya ingin mengetahui tentang manfaat dan keuntungan dari produk tersebut.

Hal yang diperhatikan oleh konsumen :

  • Bagaimana perasaan mereka menggunakan produk tersebut ?
  • Bagaimana produk tersebut membuat mereka terlihat oleh lainnya ?
  • Keuntungan dan manfaat produk tersebut untuk mereka ?

Ketika anda ingin menjelaskan tentang spesifikasi produk maka sebaiknya anda menjelaskan secara sederhana. Hindari penjelasan yang terdengar terlalu teknis. Karena terkadang beberapa tempat mengharuskan untuk menjelaskan spesifikasi produk seperti :

  • Jenis produk
  • Jenis kain
  • Ukuran
  • Instruksi perawatan

Namun anda harus menjelaskan spesifikasi produk ini harus menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti.

Penjelasan spesifikasi secara teknis merupakan bagian penting dalam deskripsi produk anda. Hal ini akan membantu pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli.

Kesimpulan

Setelah kita membahas tentang bagaimana cara meningkatkan jualan baju online tentunya anda dapat menarik kesimpulan.

Pengelolaan toko fashion online anda bukan sekedar membuat web dan mempercantik tampilannya. Tapi anda harus mampu menerapkan copywriting.

Alasan paling utama seseorang membeli produk  adalah memperoleh manfaat dan menyelesaikan permasalahan mereka. Pentingnya anda untuk mempresentasikan produk anda sebagai solusinya.

Deskripsi harus mampu memberikan informasi produk yang dapat menjadikan pertimbangan mereka untuk membeli.

Oleh sebab itu ketika anda ingin membuka toko fashion online maka anda harus memahami strategi untuk memenangkan persaingan.

Jadi…

Karena pentingnya membuat tulisan copywriting terbaik maka anda harus belajar copywriting untuk menunjang toko online anda.

Demikianlah pembahasan tentang Contoh Copywriting Fashion Untuk Meningkatkan Penjualan Hingga 340%.

 

4 thoughts on “Contoh Copywriting Fashion Untuk Meningkatkan Penjualan Hingga 340%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *