contoh website e learning

Contoh website e Learning | Alternatif Pendidikan Era Digital

Posted on

Contoh website e-learning – Tingginya biaya kuliah dan tidak adanya jurusan yang sesuai keinginan mereka pada universitas membuat banyak siswa yang mencari alternatif lain untuk belajar.

Salah satu alternatif sarana pembelajaran adalah dengan belajar di web e-learning.

Contoh website e-learning

Pada saat ini banyak contoh website e-learning yang menawarkan jalur cepat dan dengan biaya pembelajaran yang murah, dapat belajar kapanpun.

Hal ini menjadikan e-learning menjadi pilihan yang paling menjanjikan bagi siswa dimana mereka dapat belajar hal yang diinginkan dengan biaya murah dan praktis.

Bahkan banyak juga website e-learning yang menawarkan pembelajaran gratis dan ada pula yang menawarkan sertifikasi terverifikasi dengan biaya tertentu.

Berikut beberapa contoh website e-learning :

1. Codecademy

contoh website elearning

Salah satu hal yang paling menarik dalam dunia teknologi adalah belajar bahasa kode.

Codecademy merupakan contoh websiite e learning yang menawarkan pembelajaran program sains data dan pemograman software yang sebagian besar berkaitan dengan website untuk semua umur.

Website Codecademy memungkinkan siswa untuk memilih pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang tepat agar dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka.

Baca juga | Apa Itu E Commerce Dan Jenis-Jenis E Commerce

2. Khan Academy

website e learning

Khan Academy adalah salah satu website pembelajaran online yang menawarkan sumber belajar gratis dengan banyak mata pelajaran untuk segala usia dan alat gratis untuk guru atau orang tua untuk memantau kemajuan dan melatih siswa.

Tentunya Khan Academy telah memiliki daya tarik bagi anak muda untuk belajar dan juga menjadi pilihan bagi orang dewasa untuk meningkatkan keterampilan teknis mereka.

3. W3Schools.com

website elearning

W3Schools.com adalah contoh website e Learning gratis yang ditujukan untuk mengajarkan siswa tentang berbagai aspek desain website.

Siswa dapat memilih apa saja yang ingin mereka pelajari di antaranya:

  • HTML
  • PHP
  • SQL
  • Jquery
  • dll

Untuk setiap konsep yang ingin dikuasai siswa, mereka menjalani berbagai tutorial online, mengikuti tes, dan pada akhirnya menyelesaikan setiap kursus.

Siswa dapat mengambil tes ujian akhir untuk membuktikan penguasaan mereka, dan jika mereka membayar biaya tambahan maka mereka akan menerima sertifikat kelulusan.

Baca juga | Contoh Web E commerce Indonesia di Tahun 2019

4. Cousera

contoh situs e learning

Coursera adalah situs pembelajaran yang menawarkan kelas gratis kepada siswa denganberbagai topik.
Lebih dari 100 mitra yang berasal dari universitas terkenal dari lebih dari 20 negara dan juga terdapat juga mitra non-universitas

Situs Coursera juga menyediakan sertifikat terverifikasi sebagai opsi berbayar, ditambah spesialisasi, yang mengelompokkan kursus terkait bersama dalam urutan yang disarankan.

5. Open Culture

contoh situs elearning

Open culture adalah situs yang menyediakan pendidikan online gratis yang dikurotori.

Peserta dapat mendaftar untuk mengambil kelas pada bebeagai pelajaran yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi dan universitas.

Website ini dirancang untuk memberikan akses kepada siswa disegala usia untuk belajar online bahkan program sertifikasi berbasis internet.

6. edX

contoh website e learning di dunia

Website edX menawarkan banyak materi pelajaran gratis dari berbagai universitas terkemuka, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah dari seluruh dunia, termasuk MIT dan Harvard, serta banyak program telah di verifikasi yang menawarkan sertifikat penyelesaian untuk biaya minimum.

7. How Design University (How U)

contoh website elearning di dunia

How Design University (How U) menawarkan berbagai pelajaran online gratis dan berbayar yang berkaitan dengan desain grafis dan interaktif dan membuka peluang bagi mereka yang ingin mengajar.

8. Canvas Network

contoh website e learning populer

Canvas Network menawarkan sebagian besar sumber kursus online gratis dari berbagai perguruan tinggi dan universitas, dengan konten video dan teks yang dipimpin instruktur dan opsi sertifikat untuk program tertentu.

9. Udacity

contoh web elenarning udacity

Udacity merupakan website e learning yang sangat populer bagi orang-orang yang menyukai sains komputer, website dan developer.

Sangat banyak perusahaan yang merekrut alumni udacity seperti Goggle, Microsoft, Apple, dll.

Untuk sistem pembelajarannya, Udacity hanya menawarkan dua alternatif yaitu nonodegree ( berbayar dan bersertifikat) dan gratis.

10. Udemy

contoh web e learning udemy

Materi yang ditawarkan oleh Udemy sedikit berbeda dengan web e learning lainnya karena yang lain lebih fokus pada bidang akademis sedangkan Udemy lebih fokus kepada bidang profesi seperti Photografy Profesional, Programing, dll.

Lebih dari 40.000 kursus di tawarkan di Udemy tapi sayangnya pembelajaran di website e learning ini bersifat berbayar yang berkisar antara USD $10 – $100 per kelas.

Tidak semua pangajar di Udemy adalah pengajar dari universitas atau sekolah.

11. Alison

web e learning

Website e learning ini sangat cocok bagi anda yang memiliki akses internet sangat terbatas karena Alison menawarkan sistem pembelajaran yang berbasis teks sehingga lebih ringan dan hemat.

Walaupun demikian Alison juga menawarkan materi pembelajaran yang diselingi oleh gambar agar materi tidak membosankan.

Tidak hanya menawarkan kursus secara gratis, Alison juga menawarkan sertifikat kepada siswanya yang akan dikirimkan kealamat (berbayar).

Apabila pengguna tidak ingin membuat sertifikat maka mereka dapat melihat rekaman nilai selama proses pembelajaran di Alison.

Dengan demikian pengguna dapat melihat peningkat kemampuan mereka selama belajar di Alison.

Untuk mendapatkan akses gratis berbagai kursus di Alison, Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa contoh website e learning di dunia dan sebenarnya masih banyak lagi situs yang menawarkan pembelajaran baik gratis maupun yang berbayar yang dapat anda manfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *