copywriting modern

7 Dasar Utama Dalam Membuat Copywriting Modern

Posted on

Pada bab sebelumnya kita membahas tentang “Apa itu copywriting ?“.

Setelah anda memahami pengertian copywriting maka selanjutnya kita akan membahas cara membuat copywriting modern.

Bagaimana cara mengenali Copywriting modern?

Dulu kita mengenal copywriting sebagai seni menulis untuk mengkonversinya menjadi penjualan.

Namun era saat ini tren tersebut berangsur mulai berubah. Pada saat ini copywriting tidak hanya ditujukan pada penjualan tapi juga di tujukan untuk membangun hubungan antara brand dengan konsumennya.

Mungkin hubungan emosional inilah yang akan menciptakan sebuah ikatan emosi yang baik antara konsumen dengan brand tersebut.

Konten-konten yang disajikan dalam copywriting modern harus mampu menciptakan sebuah ikatan emosi.

Seolah konten tersebut dapat mengajak tertawa, bercerita ataupun bagaimana brand tersebut melayani pembacanya. Namun membangun sebuah ikatan yang kuat antara brand dengan komsumen bukanlah hal yang mudah.

Bahkan penerapan copywriting yang salah pada sebuah brand dapat merusak reputasi dari brand itu sendiri. Diperlukan sebuah aturan-aturan dasar dalam pembuatan copywriting modern yang baik.

7 dasar copywriting modern yang harus kamu ketahui.

1. Fokus pada pembaca

Kesalahan yang paling sering terjadi pada copywriting adalah hanya berfokus pada pelanngan untu mengkoversi menjadi penjualan.

Apakah ini salah ?

Mungkin ketika anda mendengar copywriting maka akan terlintas tentang konversi penjualan.

Pendekatan tradisional ini hanya berorientasi pada penjualan dan menyakinkan konsumen akan produk atau kebutuhan akan jasa.

Karena jika kita berbicara tentang dua elemen tersebut maka copywriting anda terkesan memaksa. Oleh sebab itu copywriting mengambil sebuah cara yang berbeda untuk membangun hubungan dengan pembacanya.

Copywriting modern yang digunakan pada saat ini menggunakan berbagai data seperti fakta, data atau alur cerita. Hal dapat memberikan sebuah hubungan yang lebih nyata antara brand dan pelanggannya.

Seorang copywriter modern harus mampu untuk mengakomodasi semua pembaca karena memiliki karakter dan keunikan masing-masing.

Setelah dia memahami, copywriter akan membuat konten-konten berkualitas yang dapat untuk memberikan solusi dan pemecahan permasalahan pembaca.

Dapat dikatakan metode copywriting ini mengutamakan kepentingan pembaca untuk menjaga sebuah hubungan emosional yang terus berkelanjutan.

2. Mengutamakan pada kualitas dan relevansi

Konten berkualitas akan memberikan sebuah nilai tersendiri bagi sebuah brand. Copywriter modern akan menciptakan sebuah konten berkualitas dan menonjol .

Mengapa harus menyajikan konten berkualitas dan menonjol ?

pada saat ini pembaca sangat menuntut kualitas sebuah konten sehingga dapat memberikan informasi yang tepat. Selain itu mesin pencari sudah menjadi pintar untuk membedakan konten berkualitas ataupun tidak.

Oleh sebab itu, ketika anda masih mengandalkan konten yang buruk dan teknik spam atau blackhat lainnya akan menjadi sia-sia.

Mungkin hal tersebut dapat mendapatkan perhatian dari pembaca namun hal tersebut dapat memberikan reputasi yang buruk terhadap brand anda.

Oleh sebab itu, sebuah konten yang berkualitas dan menonjol akan memperoleh tempat tersendiri di mesin pencari dan pembaca.

3. Pendistribusian konten pada media sosial.

Dengan hadirnya media sosial merupakan sebuah pertimbangan dalam pendistribusian konten. Copywriting modern merupakan selalu melibatkan media promosi yang tepat untuk konten mereka.

Copywriter tak hanya dituntut menjadi penulis yang baik, tapi juga mereka harus menjadi ahli media sosial dan lain-lain.

Seperti saya katakan diatas, copywriter modern harus pandai dalam melakukan pendekatan dengan pembaca.

Keberhasilan sebuah copywriting harus ditunjang dengan pendistribusian yang tepat. Dan media modern yang dianggap paling tepat adalah media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

Hal ini dikarenakan komonitas pada media sosial sering menghasilkan sebuah keterlibatan dalam brand. Oleh sebab itu salah satu cara pendistribusian copywriting yang paling efektif dan murah adalah melalu media sosial.

4. Memiliki kemampuan untuk bercerita

Menggunakan cerita dan memasukkannya kedalam strategi pemasaran menjadi begitu populer saat ini.

Melibatkan sebuah cerita dalam copywriting dapat mempermudah proses pendekatan kepada konsumen.

Jadi seorang copywriter harus memiliki keterampilan dan kecerdasan dalam menceritakan sebuah cerita pendek untuk menarik perhatian pembaca.

Copywriting dengan teknik Menggunakan cerita saat ini banyak kita lihat saat ini. Seperti peluncuran sebuah produk baru atau pengembangan sebuah produk.

5. Menambahkan konten dengan video, audio ataupun gambar.

Membuat konten berkualitas saja tidaklah cukup untuk disajikan kepada pembaca. Hal ini membuat seorang copywriter harus membuat menarik secara visual untuk pembacanya.

Bayangkan jika anda melihat konten tidak memiliki visual yang baik.

Apakah anda akan tertarik dengan konten tersebut ?

Konten-konten berkualitas juga harus memiliki kelengkapan untuk memperindah visual seperti gambar atau konten video.

Tambahan gambar dan video merupakan sebuah cara yang sangat efektif untuk memaksimalkan penyampaian informasi konten pada pembaca.

Hal ini dilakukan oleh copywriter modern untuk menghadapi tantangan dalam persaingan dunia digital saat ini. Penambahan media visual nenbuat copywriting bukan hanya sekedar kata-kata.

Untuk pengaturan media visual dalam copywriting maka copywriter harus Di presentasikan dengan :

  • Konseptual
  • fleksibilitas.
  • Mengontekstualisasikan

Pada saat ini copywriting bukan hanya sekedar slogan, tagline tapi juga harus menyentuh bagaimana agar menarik bagi pembaca.

Oleh sebab itu setiap ide harus disesuaikan dengan produk sehingga dapat menghasilkan sebuah tindakan dari pembaca.

Di era digital, penggunakan gambar dan video dalam konten merupakan sebuah keharusan. Penggunaan media visual tersebut membuat copywriter harus bekerja keras karena membuat konten yang pendek.

Seorang copywriter harus fleksibel dalam membuat konten pendek untuk menarik perhatian pembaca.

Copywriting yang mengiringi visual juga harus di tulis dengan kontekstual bergerak. Hal ini dikarenakan bermunculan berbagai media sosial yang memiliki karakter audiens yang berbeda.

Sehingga copywriter harus memiliki keterampilan mengontekstualkan visual secara berbeda pada setiap media.

6. Membuat copywriting yang kreatif dan unik

Kreatif dan unik merupakan salah strategi dalam teknik copywriting modern. Bahkan copywriter yang mengkhususkan diri pada pembuatan konten yang kreatif dan unik.

Baca juga : 5 Cara Membuat Headline Menarik Dalam Copywriting

Copywriting kreatif dan unik merupakan sebuah cara paling efektif dalam mencapai target pasar yang sulit.

Misalkan,

Sebuah produk tidak terkenal dan cenderung membosankan. Tentunya hal ini memerlukan sebuah copywriting yang unik dan kreatif.

Dalam kasus seperti itu, copywriter dapat membuat sebuah konten yang tidak terlalu kaku dan fleksibel. Dalam ini tentunya dapat membantu para pembaca dalam memahami produk tersebut.

7. Berani untuk berbeda untuk terlihat

Copywriting modern pada saat ini dapat memberikan keleluasaan dalam mengembangkan kreatifitas inovatif dan fleksibel.  Sehingga Copywriting dapat menyesuaikan dengan industri saat ini.

Mungkin hal ini begitu sulit untuk dilakukan pada saat ini, tapi inilah jalan untuk kemajuan.

Mengapa copywriting harus berani berbeda ?

Mungkin beberapa tahun yang lalu banyak perusahaan tidak peduli dengan pemasaran dalam dunia digital.

Tapi pada saat ini kesadaran akan hal tersebut telah membuat industri tersebut berbondong-bondong mulai melakukan pemasaran secara online.

Tentunya hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seorang copywriter. Oleh sebab itu seorang copywriter modern harus mampu beradaptasi dan menjadi berbeda untuk mengatasi tantangan tersebut.

Akhirnya…

Dasar-dasar copywriting modern memiliki banyak perbedaan dengan konsep copywriting lama. Inti dari copywriting modern adalah kebebasan dalam mengekspresikan diri yang lebih komplek dari sebelumnya.

Jiwa kreatif, inovatip dan unik menjadi beberapa komponen wajib dimiliki oleh copywriter modern.

Oleh sebab itu copywriting telah membuat sebuah brand menjadi lebih menarik dan jauh lebih menyenangkan bagi pembaca.

Copywriting modern telah membuat dunia industri berubah menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *