faktor yang mempengaruhi minat beli

Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Menurut Kotler dan Susanto (2001)

Posted on

Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli – Menurut Kotler dan Susanto (2001), minat beli merupakan bagian dari perilaku membeli sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli kurang lebih sama dengan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku membeli.

Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli yaitu:

a. Faktor-faktor Kebudayaan

Minat beli dapat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan yang dapat terbagi menjadi :

Budaya

Budaya merupakan faktor penentu yang dapat mempengaruhi keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar.

Bila makhluk yang lebih rendah perilakunya sebagian besar diatur oleh naluri maka perilaku manusia sebagian besar dapat dipelajari.

Sub Budaya

Sub Budaya memiliki kelompok sub budaya yang lebih kecil yang merupakan identifikasi dan sosialisasi yang khas bagi perilaku anggotanya.

Setidaknya terdapat empat jenis sub budaya yaitu kelompok kebangsaan, kelompok keagamaan, kelompok ras dan wilayah geografis.

Kelas Sosial

Kelas sosial adalah kelompok didalam masyarakat dimana setiap kelompok memiliki kecenderungan memiliki nilai, minat dan tingkah laku yang sama.

Baca juga | Pengertian Minat Beli Adalah, Indikator, Aspek-Aspek dan Tahapan

b. Faktor-faktor Sosial

Minat beli dapat dipengaruhi oleh faktor sosial yaitu :

Kelompok Referensi

Kelompok Referensi adalah kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung atau tidak langsung kepada sikap dan perilaku seseorang.

Pada umumnya kelompok ini sering di sebut dengan kelompok keanggotaan, yaitu sebuah kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung terhadap seseorang.

Adapun anggota kelompok ini biasanya merupakan anggota dari kelompok primer seperti keluarga, teman, tetangga dan rekan kerja yang berinteraksi dengan secara langsung dan terus menerus dalam keadaan yang informal.

Keluarga

Keluarga merupakan anggota keluarga yang bisa memberikan pengaruh yang kuat kepada perilaku pembeli.

Pada sebuah organisasi pembelian konsumen atau keluarga dapat di bedakan menjadi 2 (dua) yaitu keluarga yang dikenal dengan istilah keluarga orientas.

Jenis keluarga yang pertama dapat terdiri dari orang tua dan saudara kandung seseorang yang bisa mengarahkan orientasi beragama, berpolitik dan ekonomi serta ambisi pribadi, harga diri dan cinta.

Kedua adalah keluarga yang terdiri dari pasangan dan jumlah anak yang dimiliki seseorang. Keluarga jenis ini biasa dikenal dengan keluarga prokreasi.

Peranan dan Status

Peranan dan Status adalah kedudukan seseorang dalam setiap kelompok dapat dijelaskan dalam pengertian peranan dan status.

Setiap peranan membawa satu status yang mencerminkan penghargaan umum oleh masyarakatnya meliputi kelompok acuan, keluarga serta peran dan status.

Peran dan status seseorang di dalam masyarakat dapat mempengaruhi perilaku pembelian.

Dengan semakin tinggi peranan seseorang didalam organisasi maka semakin tinggi status seseoramg tersebut didalam organisasi dan secara langsung bisa mengakibatkan terhadap perilaku pembeliannya.

c. Faktor-faktor Pribadi

Berikut adalah faktor pribadi yang dapat mempengaruhi minat beli :

Usia dan Tahap Daur Hidup

Usia dan Tahap Daur Hidup merupakan pembelian seseorang terhadap barang dan jasa akan berubah-ubah selama hidupnya.

Begitu juga halnya dengan selera seseorang sangat terkait dengan usianya.

Pekerjaan

Adanya kelompok-kelompok pekerjaan ini maka sebuah perusahaan bisa memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan kelompok pekerjaan tertentu.

Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi seseorang dapat dilihat dari tingkat pendapatan yang dapat berpengaruh terhadap pilihan produk.

Secara umumnya, pemilihan produk dilakukan berdasarkan keadaan ekonomi seseorang seperti besaran penghasilan yang dimiliki, jumlah tabungan, hutang dan sikap terhadap belanja atau menabung.

Gaya Hidup

Gaya Hidup merupakan sebuah pola hidup individu yang terlihat pada kegiatan, minat serta opininya yang terbentuk dari kelas sosial dan pekerjaan.

Walaupun demikian, kelas sosial dan pekerjaan yang sama tidak menjamin munculnya sebuah gaya hidup yang sama.

Melihat hal ini sebagai sebuah peluang dalam kegiatan pemasaran, banyak pemasar yang mengarahkan merek kepada gaya hidup seseorang.

Kepribadian dan Konsep Diri

Faktor minat beli ini merupakan kepribadian merupakan ciri-ciri psikologis yang membedakan setiap orang sedangkan konsep diri lebih kearah citra diri.

Setiap orang akan memiliki berbagai karateristik kepribadian yang bebeda yang bisa mempengaruhi kegiatan-kegiatannya dalam pembelian.

Kepribadian ini dapat dikatakan sebagai ciri khas bawaan psikologis manusia yang berbeda sehingga melahirkan tanggapan yang konsisten dan bertahan lama terhadap rangsangan lingkungannya.

Pada umumnya, kepribadian ini dilukiskan dengan memakai ciri bawaan seperti kepercayaan diri, dominasi, kemampuan bersosialisasi, pertahanan diri dan kemapuan beradaptsi.

Baca juga | Cara Mengukur Efektivitas Iklan Dan Indikator yang Mempengaruhi

d. Faktor-faktor Psikologis

Bila dilihat dari faktor psikologis maka minat beli dapat dipengaruhi oleh :

  • Motivasi, yaitu suatu kebutuhan yang cukup kuat mendesak untuk mengarahkan seseorang agar dapat mencari pemuasan terhadap kebutuhan itu.
  • Persepsi, yaitu proses individu memilih, merumuskan, dan menafsirkan masukan informasi dari panca indera untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti mengenai dunia.

Persepsi juga merupakan interpretasi dari sensasi dan proses pemilihan informasi akan hal-hal tertentu yang berarti bagi konsumen.

Faktor psikologis persepsi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi perilaku membeli.

Persepsi akan suatu produk menjadi salah satu karakteristik dasar dalam pemasaran lewat pemberian perhatian lebih serta penciptaan produk yang kuat tersebut akan dipersepsi oleh konsumen dalam melakukan pembelian (Sulistiyawati, 2010).

Demikianlan pembahasan tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Menurut Kotler dan Susanto (2001).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *