fungsi iklan dalam pemasaran

Fungsi Iklan Dalam Pemasaran Modern di Era Digital

Posted on

Fungsi iklan dalam pemasaran – Di era digital saat ini periklanan merupakan salah satu bagian penting dalam dunia pemasaran modern.

Perkembangan periklanan sangat dipengaruhi oleh perkembangan media cetak maupun media elektronik.

Pada dasarnya fungsi dari iklan adalah membantu seseorang untuk menjual atau memasarkan sesuatu atau meningkatkan penjualan pemasang iklan.

Pada saat ini iklan tidak hanya menggunakan jaringan televisi, surat kabar atau billboard pinggir jalan tapi juga telah menggunakan media internet.

Bahkan iklan di internet telah menjadi populer di kalangan pebisnis karena lebih efektif, murah dan mudah dalam pendistribusian.

Baca juga | Pengertian iklan, Tujuan dan Manfaat Iklan yang Harus Diketahui

Fungsi iklan menurut para ahli

fungsi iklan menurut para ahli

Berikut beberapa fungsi iklan menurut para ahli :

Monie Lee dan Carla Johnson (1999)

Menurut Monie Lee dan Carla Johnson fungsi dari iklan ada 2 (dua) yaitu :

1. Fungsi Informasi

Sebuah iklan memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi informasi produk, ciri-ciri atau lokasi penjualan serta memberitakan kepada konsumen tentang produk baru.

2. Fungsi persuasif

Iklan memiliki fungsi untuk membujuk atau mengubah sikap calon konsumen untuk membeli produk atau jasa layanan.

3. Fungsi Pengingat

Iklan berfungsi untuk mengingatkan konsumen tentang produk tertentu sehingga mereka membeli produk tanpa menghiraukan brand yang ditawarkan kompetitor.

 Baca juga | Cara Membuat Iklan yang Menarik Untuk Pemasaran Bisnis

Terence A. Shimp

Terence A. Shimp adalah seorang praktisi dan juga akademisi asal Amerika Serikat yang memiliki keahlian dibidang komunikasi bisnis.

Menurut Terence A. Shimp, mengemukakan iklan memiliki fungsi yang sangat penting di antaranya :

1. Informing (Menyampaikan informasi)

Iklan dapat menyampaikan pada pasar seperti produk baru, perubahan harga produk atau juga mempresentasikan manfaat dari produk baru, dll.

2. Persuading (merayu)

Fungsi periklanan selanjutnya adalah membentuk citra brand, merubah pandangan konsumen atau juga membujuk konsumen untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Reminding (mengingatkan)

Iklan memiliki fungsi untuk menjaga agar sebuah produk tetap dalam ingatan konsumen dan juga meningkatkan minat konsumen terhadap brand tersebut.

4. Memberi nilai tambah

Iklan dapat memberikan nilai tambah terhadap brand dengan memberikan pengaruh terhadap persepsi konsumen dibandingkan dengan pesaing.

 Baca juga | Jenis-Jenis Iklan Online yang Populer Saat Ini Dan Contohnya

Fungsi iklan dalam pemasaranfungsi iklan

 

Untuk memaksimalkan iklan yang dibuat, pengiklan akan melakukan persiapan seperti membuat tujuan iklan lebih spesifik agar memberikan arah kepada pengiklan.

Setelah itu pengiklan akan melakukan evaluasi setiap akhir periode untuk memastikan iklan yang dibuat telah berjalan dengan baik.

Berikut beberapa fungsi iklan dalam pemasaran

1. Mengkomunikasikan identitas brand

Fungsi pertama dari periklanan adalah mengkomunikasikan identitas brand produk kepada kepada pelanggan yang ada dan juga menjalin hubungan dengan pelanggan baru.

Dengan komunikasi identitas brand yang baik akan membangun hubungan emosional dengan brand anda dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan identitas merek yang kuat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama akan menjadi aset yang berharga.

2. Memberi informasi kepada konsumen

Fungsi iklan selanjutnya memberikan informasi kepada konsumen sehingga mereka mengetahui.

Dengan mengiklankan brand anda pada target pasar adalah strategi terbaik untuk memberitahu masyarakat tentang brand anda dan menunjukkan potensi besar yang dimiliki produk anda.

Seorang pemasar dapat menggunakan media iklan untuk menyiarkan fitur secara mendalam sehingga orang akan tertarik pada produk tersebut.

Anda dapat memberikan segala informasi tentang potensi besar yang dimiliki seperti informasi tentang produk, layanan dan ide yang dijual di pasar terbuka.

Anda dapat menjelaskan tentang fitur-fitur khusus yang dijual, warna serta ukuran produk yang tersedia.

Baca juga | Unsur Unsur Iklan Komersial yang Harus Di Perhatikan

3. Merayu pelanggan untuk menggunakan produk anda

Salah satu strategi untuk membuat iklan yang dapat memaksa konsumen membeli produk anda dengan membuat presentasi iklan visual yang menarik dan unik.

Dengan membuat presentasi visual iklan yang menarik juga bisa membuat brand anda dapat dipercaya.

Iklan yang dapat membujuk pelanggan juga harus menunjukkan keunggulan produk dibandingkan dengan produk lain dan pelanggan anda dapat memahami bahwa produk anda merupakan solusi terbaik dari permasalahan mereka.

4. Menghasilkan permintaan

Fungsi iklan yang penting lainnya adalah menghasilkan permintaan konsumen untuk produk, layanan, ide.

Untuk mendapatkan hati konsumen merupakan tugas yang sulit bagi setiap perusahaan.

Namun bila hal ini terjadi maka akan mempermudah proses pemasaran dari produk anda dan pada akhirnya dapat meningkatkan permintaaan.

Oleh sebab itu anda harus menciptakan kampanye iklan dengan menargetkan calon konsumen yang memiliki kemungkinan besar untuk membeli produk anda

5. Menciptakan loyalitas pelanggan

Selain dapat menghasilkan permintaan, sebuah iklan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk, layanan serta ide.

Fungsi utama dari iklan adalah mencari pelanggan baru serta menjaga loyalitas konsumen terhadap brand anda.

Dengan iklan maka anda bisa mempertahankan basis pelanggan dan membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan atau prospek.

Selain iklan maka yang harus dilakukan adalah tetap memperhatikan konsistensi terhadap kualias produk karena akan membuat pelanggan menjadi puas.

Tentunya hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen sehingga anda bisa memperoleh kepercayaan pelanggan.

6. Menciptakan tren baru

Ketika produk baru masuk kedalam pasar maka sangat mungkin bahwa produk tersebut dapat menciptakan tren baru.

Namun hal ini tergantung kepada tingkat kualitas periklanan yang dilakukan untuk mempromosikannya serta ancaman yang ditimbulkan dari pesaing.

Dengan memberikan gambaran tentang keunggulan produk atau layanan serta inovasi baru akan memberikan dorongan pada konsumen untuk mendapatkannya karena tidak ingin ketinggalan tren terbaru.

Fungsi iklan ini akan memungkinkan anda melihat tren yang didorong oleh produk baru dan memotivasi konsumen untuk membeli.

Dengan iklan memungkinkan anda untuk mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan dan juga penjualan.

Kesimpulan

Setiap fungsi iklan memiliki efek dan hasil yang berbeda namun tetap memiliki tujuan untuk membawa perusahaan menuju kesuksesan.

Fungsi iklan tidak hanya lagi sebagai media untuk memperkenalkan brand ke pasar yang anda targetkan tapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan fitur produk dan mendorong pelanggan baru untuk mencoba produk atau jasa layanan anda.

Demikianlah pembahasan tentang Fungsi Iklan Dalam Pemasaran Modern di Era Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *