fungsi komunikasi massa

Fungsi Komunikasi Massa Menurut Dominick dan Effendy

Posted on

Fungsi Komunikasi Massa – Pada prinsipnya, Komunikasi massa dapat di artikan sebagai sebuah komunikasi yang memakai berbagai jenis media seperti media sosial, cetak, elektronik yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

Menurut beberapa ahli, fungsi dari komunikasi massa dapat memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin mengetahui dan dapat mempengaruhi setiap kehidupan manusia.

Berikut adalah beberapa fungsi dari komunikasi massa menurut para ahli :

Dominick

Menurut Dominick terdapat beberapa Fungsi dari komunikasi massa dalam buku Komunikasi Massa karangan Ardianto adalah sebagai berikut:

1. Fungsi surveilance (pengawasan)

Dalam hal ini, Komunikasi massa tidak lepas dari peranan media massa sebagai watch dog atau anjing pengawas dalam tatanan sosial masyarakat, media massa bisa disebut sebagai alat kontrol sosial.

2. Fungsi interpretation (penafsiran)

Komunikasi massa memberi fungsi bahwa media massa sebagai salurannya sedang memasok pesan atau data, fakta, dan informasi dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pendidikan bagi masyarakat.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Interpersonal Adalah, Tujuan Dan Ciri-Ciri

3. Fungsi linkage (keterkaitan)

Komunikasi massa selanjutnya dalam fungsi keterkaitan (linkage) adalah saluran media massa dapat digunakan sebagai alat pemersatu masyarakat yang tidak sama antara satu dengan yang lain.

4. Fungsi transmission of value (penyebaran nilai)

Komunikasi massa sebagai fungsi penyebaran nilai mengacu pada bagaimana individu atau masyarakat dapat beradaptasi terhadap perilaku dan nilai kelompok lain.

Hal ini terjadi karena media massa di jadikan sebagai salurannya telah menyajikan pesan atau nilai-nilai yang berbeda kepada masyarakat yang berbeda pula.

5. Fungsi entertainment (hiburan)

Dalam fungsinya sebagai sarana penghibur, komunikasi massa dapat di jadikan sebagai saluran komunikasi massa dapat mengangkat pesan-pesan yang sifatnya mampu menciptakan rasa senang bagi khalayak.

Kondisi ini sebetulnya menjadi nilai lebih komunikasi massa yang pasti selalu saja menghibur, sekalipun isi pesan tidak murni menghibur.

Berdasarkan dari Ke lima fungsi di atas akan berimplikasi juga pada media massa sebagai saluran pengirim pesannya, sehingga dewasa ini media massa pun dicirikan sebagai alat pengontrol sosial.

Komunikasi massa menjadi punya fungsi sebab media massa sebagai alat penyampai pesan kepada khalayak dan atas pesan yang disampaikanya dipastikan akan memiliki dampak untuk orang banyak, mengingat isi pesan dalam komunikasi massa tentu memiliki tujuan memengaruhi perasaan, sikap, opini, atau perilaku khalayak maupun individu.

Baca juga | Pengertian Komunikasi Massa, Fungsi, Efek, Karakteristik dan Etika

Effendy (1993)

Menurut Effendy (1993), fungsi dari komunikasi massa adalah sebagai berikut :

1. Fungsi informasi

Fungsi memberikan ini di artikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa.

Berbagai informasi di butuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan kepentingannya. Khalayak sebagai makhluk sosial akan selalu merasa haus akan informasi yang terjadi.

2. Fungsi pendidikan

Media massa merupakan salah satu sarana pendidikan bagi masyarakat (mass education).

Hal ini dikarenakan media massa dapat menyajikan hal-hal yang sifatnya mendidik.

Salah satu cara untuk mendidik yang di lakukan oleh media massa adalah dengan pengajaran nilai, etika, serta aturan yang berlaku pada pembaca.

Media massa dapat melakukannya melalui drama, cerita, diskusi dan artikel.

3. Fungsi mempengaruhi

Fungsi mempengaruhi dari media massa secara implisit bisa terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan dan artikel.

Masyarakat bisa terpengaruh oleh iklan-iklan yang ditayangkan televisi ataupun surat kabar.

Baca juga | Unsur-Unsur Negosiasi Dalam Melakukan Negosiasi

4. Fungsi menghibur

Media massa terkait dengan fungsi menghibur tiada lain adalah bertujuan untuk megurangi ketegangan pikiran masyarakat

Hal ini karena dengan membaca berita yang ringan atau melihat tayangan hiburan di televisi dapat membuat pikiran masyarakat menjadi segar kembali.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Fungsi Komunikasi Massa Menurut Dominick dan Effendy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *