istilah dalam online shop

Istilah Dalam Online Shop Atau Jual Beli Online Terpopuler

Posted on

Istilah dalam Online Shop – Pada saat ini, berbelanja online atau membeli barang melalui internet sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena dinilai praktis dan mudah.

Banyaknya masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja online dikarenakan dapat dilakukan dimana saja dan waktu kapanpun. Anda tinggal memilih barang, transfer dan tunggu pesanan barang anda datang dirumah.

Istilah Dalam Online Shop (Toko Online)

Seiring dengan perkembangan toko online ini membuat tercipta beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam bertransaksi.

Istilah dalam online shop atau jual beli online terpopuler diantaranya:

1. Supplier

Supplier artinya adalah seseorang atau badan usaha yang menyalurkan atau memasarkan suatu produk tertentu.

Istilah Supplier juga sering disebut dengan pemasok dan merupakan penjual pertama dalam distribusi barang.

Biasanya supplier memasok barang dengan satu merek yang berasal dari pabrik atau badan usaha lainnya.

2. Dropship

Istilah Dropship mungkin saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang cocok untuk pemula. Hal ini dikarenakan dengan sistem dropship memungkinkan tiap orang untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Apa itu Dropship ?

Arti dropship adalah suatu cara pemasaran online dimana penjual tidak memiliki stok barang namun jika pembeli melakukan order maka penjual akan meneruskan order tersebut kepada distributor.

Setelah distributor atau supplier menerima orderan tersebut maka mereka akan mengirimkan langsung produk tersebut langsung kepada konsumen.

Baca juga | Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses Dengan 5 Langkah Paling Mudah

3. Reseller

Sebenarnya cara kerja reseller dengan sistem dropship hampir sama. Perbedaan antara reseller dan dropship terletak pada cara pembeliannya.

Jika pembelian menggunakan dropship maka penjual baru membeli stok setelah mendapatkan order sedangkan reseller membeli barang sebelum memperoleh orderan.

Arti reseller adalah seseorang yang membeli produk langsung dari supplier dengan harga murah dari harga pasaran.

Kemudian reseller akan menjual kembali produk tersebut dengan harga pasar. Reseller akan memperoleh keuntungan dari selisih harga tersebut.

4. Seller

Dalam bahasa Indonesia seller berarti penjual atau sering disebut dengan pemilik Online Shop. Arti Seller adalah seseorang yang menjual langsung kepada pembeli atau konsumen.

5. Buyer

Buyer merupakan sebutan untuk pembeli produk di toko online. Sebenarnya buyer berasal dari bahasa inggris namun sangat umum digunakan untuk istilah jual beli online.

Untuk istilah buyer yang loyal terhadap toko online sering disebut dengan Customer.

6. Sold Out

Arti Sold Out adalah stok produk yang ditawarkan telah habis terjual dan anda tidak dapat memesan produk tersebut.

7. Restock

Restock merupakan istilah Olshop yang digunakan untuk menjelaskan bahwa barang sudah sold out sudah tersedia kembali (available).

8. Private Masagge (PM)

Arti PM adalah pesan pribadi antara penjual dan pembeli dan biasanya hal ini dilakukan informasi yang akan ditanyakan bersifat rahasia.

Biasanya PM dilakukan jika sudah ada keseriusan dari pembeli untuk membeli produk.PM ini biasanya dilakukan dengan cara SMS, BBM atau melalui Facebook Mesagge.

9. Shipping

Istilah Shipping dalam online shop merupakan istilah yang sering disebutkan. Arti Shipping dapat diartikan sebagai proses pengiriman barang dari penjual ke alamat pembeli.

Proses pengiriman barang ini biasanya penjual menggunakan jasa pengiriman barang seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI dan jasa pengiriman barang lainnya.

10. Ongkir atau Ongkos Kirim

Ongkos kirim atau Ongkir adalah biaya pengiriman produk yang di tanggung oleh pembeli. Jumlah ongkir biasanya ditentukan oleh beberapa faktor seperti berat barang, jarak tempuh atau kecepatan pengiriman.

11. Pre Order (PO)

Istilah PO dalam bisnis online sebenarnya terdapat beberapa pengertian. Tapi istilah PO yang paling populer adalah Pre Order.

Pre Order adalah cara pembelian barang dengan cara pemesanan terlebih dahulu dan biasanya pembeli membayar sebagian dari harga produk (DP). PO biasanya dilakukan untuk pembelian produk custom atau produk yang di impor dari luar negeri.

Baca juga | Apakah Arti PO Dalam Online Shop Dan Jenis-Jenisnya

12. Down Payment (DP)

Down Payment (DP) juga sering disebut dengan uang muka atau tanda jadi. Sistem pembayaran ini biasanya dilakukan untuk transaksi Pre Order.

13. Cash on Delivery (COD)

Kepanjangan COD adalah Cash on Delivery merupakan salah satu metode pembayaran yang paling digemari saat ini.

Arti COD adalah cara pembayaran yang dilakukan dengan cara pembeli membayar kepada penjual secara langsung.

Biasanya COD dilakukan setelah pembeli telah memilih produk kemudian membuat kesepakatan dengan penjual untuk bertemu.

Tidak semua Online Shop menyediakan fasilitas COD. jika anda ingin berbelanja online dan membayar dengan cara COD maka pastikan olshop terdapat fasilitas tersebut.

Baca juga| Apa itu COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya Dalam Online Shop

14. Want to Sell (WTS)

Istilah WTS ini biasanya digunakan seseorang untuk berjualan pada sebuah forum. Jika seseorang ingin menjual barang maka biasanya mereka menggunakan kata WTS (Want to Sell) pada awal kalimat.

Contohnya,

  • WTS – Baju wanita terbaru dan terpopuler saat ini
  • Want to Sell – 25 artikel SEO friendly berbahasa Inggris dengan tema Kesehatan
15. Want to Buy (WTB)

Jika WTS merupakan kata yang digunakan untuk menyatakan ingin menjual maka jika anda ingin membeli sesuatu anda menggunakan istilah WTB atau Want to Buy.

Penggunakan kata WTB ini juga biasa digunakan seseorang untuk mencari dan membeli barang di dalam forum.

Contoh penggunaan istilah WTB atau Want to Buy,

  • WTB – Jasa SEO blog murah dengan budget 1000k
  • Want to Buy – Hape Nokia 3310 dengan kondisi bagus
16. Testimoni atau testi

Arti testimoni adalah pernyataan atau kesaksian konsumen yang disampaikan konsumen karena kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang dibeli.

Testimoni biasanya berisi komentar, opini, saran atau penilaian yang di berikan oleh pembeli terhadap produk atau jasa pejual.

17. Endorse

Salah satu istilah dalam online shop yang populer saat ini adalah Endorse atau Endorsement. Kata endorse sebenarnya berasal dari kata Endoresment yang berarti saran atau dukungan.

Tapi pengertian Endorse dalam online shop berbeda dengan pengertian yang sebenarnya. Di dalam online shop, arti Endorse adalah memberi produk kepada orang terkenal secara gratis.

Sebagai balas jasanya orang terkenal tersebut akan menggunakan produk tersebut dan memperomosikannya. Bahkan terkadang orang terkenal tersebut di berikan bayaran.

18. Paid Promote (PP)

Paid Promote (PP) merupakan salah satu cara promosi online shop dengan cara mengiklankan produk pada media sosial orang terkenal atau berfollower banyak.

19. Keep

Keep dalam bahasa Indonesia berarti menjaga. Istilah dalam online shop ini digunakan oleh pembeli untuk meminta penjual agar tidak menjual barang terlebih dahulu.

Pembeli akan membayar sesuai dengan waktu yang telah di sepakati.

20. Booked

Istilah booked merupakan pernyataan penjual bahwa barang yang ada sudah dipesan pembeli lainnya. Sehingga barang tersebut tidak bisa di beli karena sudah dipesan.

21. BNIB (Brand New in Box)

Arti BNIB (Brand New in Box) adalah barang yang masih baru dan belum pernah dibuka segel pembungkusnya.

Istilah ini digunakan oleh penjual untuk menyakinkan pembeli bahwa barang masih baru dan bungkusnya belum pernah dibuka.

22. Mint Condition

Mint Condition merupakan istilah yang di gunakan penjualan untuk menjelaskan bahwa kondisi barang yang dijual masih dalam kondisi 90% baik.

23. OEM (Original Equipment Manufacture)

Pengertian Original Equipment Manufacture atau OEM adalah perusahaan yang merancang dan memproduksi komponen sesuai dengan spesifikasi perusahaan OEM sendiri kemudian dijual kepada perusahaan lain.

Kemudian perusahaan pembeli akan memproduksi produk yang lain dengan menggunakan komponen tersebut dengan merek perusahaan pembeli.

Nama komponen yang digunakan dalam produk tersebut berisi identitas perusahaan OEM.

24. ODM ( Original Design Manufacture)

Pengertian Original Design Manufacture atau ODM adalah produk yang dibuat oleh perusahaan yang membuat desain dan memperoduksi yang spesifikasinya disesuaikan dengan permintaan perusahaan pembeli.

Perusahaan pembeli akan memasarkan produk tersebut dengan menggunakan merek mereka sendiri.

25. Rare

Istilah Rare dalam toko online merupakan istilah untuk menjelaskan bahwa barang yang ditawarkan atau dijual merupakan barang yang langka dan sangat laku dipasaran.

26. Best seller

Arti best seller dalam online shop adalah untuk menunjukkan produk yang sangat laku atau laris

27. Murmer

Arti murmer adalah singkatan dari murah meriah dimana istilah dalam online shop ini untuk menjelaskan harga produk yang sangat murah.

28. Tingkat konversi

Arti tingkat konversi adalah Konsep pemasaran online yang memberikan persentase pengunjung toko online yang berubah menjadi pelanggan yang membayar dibagi dengan pengunjung yang diberi kesempatan untuk memenuhinya tetapi tidak.

29. Cookie

Arti cookie adalah File yang sangat kecil yang di simpan di komputer pengguna atau perangkat seluler dengan untuk tujuan untuk menyimpan informasi yang terkait dengan interaksi pengguna dengan situs tertentu.

30. Call to Action (CTA)

Arti Call to Action (CTA) adalah Frasa, tombol, tautan, atau elemen situs lainnya yang secara khusus meminta agar user untuk mengambil sebuah tindakan seperti membeli produk, mendaftar, berlangganan, atau dll.

31. Otorisasi

Arti Otorisasi adalah istilah untuk transaksi pembayaran dilakukan secara khusus untuk menentukan apakah akun pembayaran memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan transaksi yang diberikan.

32. Profit Margin

Profit Margin adalah perbedaan antara apa yang dibayar pengecer untuk suatu produk dan apa yang dibayar oleh pelanggan pengecer untuk produk tersebut.

Perhitungan margin hanya dapat mempertimbangkan biaya barang yang dijual atau dapat memperhitungkan biaya overhead dan biaya variabel lainnya.

33. Pay Per Click (PPC):

Arti Pay per Click (PPC) adalah Sebuah model iklan online di mana pengiklan hanya membayar ketika prospek mengklik iklan kemudian di arahkan ke dalam situs pengiklan.

34. Niche

Pengertian Niche adalah istilah untuk menjelaskan tentang segmen pasar yang berbeda

35. Laba Bersih (net profit)

Pengertian net profit adalah selisih antara pendapatan bisnis dengan semua biaya.

Laba bersih dapat dianggap sebagai uang yang tersisa setelah setiap tagihan dibayarkan.

36. Margin

Arti margin adalah perbedaan antara apa yang dibayar pengecer untuk sebuah produk dan apa yang di bayar oleh pelanggan untuk produk tersebut.

Perhitungan margin hanya dapat mempertimbangkan biaya barang yang dijual atau dapat memperhitungkan biaya overhead dan biaya variabel lain.

37. Transaksi

Pengertian transaksi adalah Catatan tindakan yang diambil untuk setiap pesanan.

38. Stock-keeping Unit (SKU)

Arti Stock keeping Unit (SKU) adalah kode identifikasi alfanumerik unik toko online untuk setiap produk atau layanan yang dapat dibeli.

39. Shopping cart

Shopping cart adalah representasi virtual dari keranjang belanja yang mencantumkan item yang telah “diambil” oleh pelanggan dari toko online.

40. Shipping

Shipping dapat diartikan sebagai mentransfer atau mendistribusikan produk dari gudang penjual ke alamat pengiriman pelanggan.

41. Outsource

Outsource adalah konsep bisnis yang melibatkan layanan kontrak kepada organisasi pihak ketiga dalam upaya untuk mengurangi biaya overhead.

42. Landing page

Landing page adalah halaman arahan dibuat untuk meminta pengunjung untuk menyelesaikan ajakan bertindak tertentu seperti mendaftar sebagai pelanggan email atau bergabung dengan keanggotaan gratis.

43. Inventory

Inventory adalah jumlah produk pengecer saat ini di tangan, menunggu untuk dijual.

44. Gateway

Gateway adalah penyedia layanan E-niaga yang berkomunikasi dengan Penyedia Akun Pedagang merchant untuk mengesahkan dan memproses pembayaran kartu kredit secara online.

45. Cross selling

Pengertian cross selling adalah taktik pemasaran di mana penjual menghadirkan produk tambahan yang dapat melengkapi, meningkatkan, atau meningkatkan produk utama yang mereka jual.

Baca juga | Apa Itu Rekber (Rekening Bersama), Arti dan Cara Menggunakan Rekber

Demikianlah beberapa istilah dalam Online Shop paling populer saat ini.

Istilah dalam online shop ini akan terus di update dan bila terjadi kesalahan dalam penulisan anda dapat menuliskan di komentar.

Ataupun anda ada pertanyaan tentang istilah yang ingin anda ketahui dan kami bahas silahkan ajukan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *