Jenis-jenis bisnis startup

Jenis-Jenis Bisnis Startup yang Populer Di Indonesia Saat Ini

Posted on

Jenis-jenis bisnis startup – Beberapa tahun terakhir ini, banyak bermunculan jenis-jenis bisnis startup baru di Indonesia.

Perkembangan bisnis startup di indonesia tidak terlepas dari banyaknya pengguna smartphone dan juga jaringan internet di Indonesia yang semakin cepat.

Bisnis startup merupakan kombinasi antara dua hal yaitu permasalahan atau kebutuhan dengan solusi atau pemecahan dari permasalahan tersebut.

Tantangan terbesar dari bisnis startup bukan untuk menemukan permasalahan di masyarakat tapi bagai mana mereka menemukan solusi atau pemecahan permasalahannya.

Terkadang kita dapat menemukan permasalahan dengan mudah namun sering kali kita kesulitan untuk menemukan pemecahan dan solusinya.

Ada 3 (tiga) jenis masalah atau kebutuhan :

  • Kebutuhan manusia: segala sesuatu yang dianggap berharga oleh manusia
  • Kebutuhan bisnis : segala sesuatu yang akan membantu organisasi atau perusahaan untuk bekerja lebih baik.
  • Permasalahan teknis : segala kebutuhan beberapa sistem atau komponen untuk dapat berkinerja lebih baik

Jenis-jenis bisnis startup

Pada saat anda ingin memulai bisnis startup di tahap awal mungkin anda mengalami kesulitan untuk mencari ide atau bagaimana cara melakukannya.

Dengan membagi kategori jenis startup ini maka anda akan lebih mudah untuk menemukan ide startup anda.

Untuk mempermudah untuk menemukan ide dan bagaimana cara memulai bisnis startup maka anda dapat membagi jenis-jenis bisnis startup menjadi 6 (enam).

Berikut adalah beberapa contoh jenis-jenis startup :

1. Startup lifestyle

jenis-jenis bisnis startup di indonesia

Jenis perusahaan rintisan ini adalah jenis startup yang memungkinkan anda memiliki waktu kerja yang fleksibel dan dapat dikerjakan dimanapun.

Biasanya bisnis lifestyle ini dimulai berdasarkan dari gaya hidup founder atau dari permasalahan gaya hidup di masyarakat yang belum terpecahkan.

Misalkan saja seseorang yang memiliki hobby mengajar lalu dia memulai startup kursus secara online karena mereka dapat memperoleh kesempatan untuk melakukan hobby mereka.

Contoh diatas mengambarkan bahwa startup lifestyle adalah tentang bagaimana seseorang memulai bisnis mereka berdasarkan passion mereka dan mereka bisa memperoleh penghasilan dari bisnis tersebut.

Pebisnis startup gaya hidup biasanya memulai bisnis mereka berdasarkan kehidupan mereka dan tidak bekerja untuk siapapun dan hanya mengejar keinginan pribadinya.

Baca juga | Pengertian Startup dan Contoh Bisnis Startup Indonesia yang Sukses

2. Buyable startup

kategori bisnis startup

Perkembangan bisnis startup telah memunculkan berbagai jenis startup diantaranya adalah jenis startup buyable startup.

Jenis startup ini biasanya tidak mencari modal atau keuntungan secara tradisional melainkan mereka mencari pendanaan dari investor.

Pada umumnya jenis startup ini akan dijual kepada pihak ketiga setelah beberapa waktu untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Jenis startup ini diperkirakan akan menjadi populer dan terus berkembang di masa yang akan datang.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Startup Sendiri yang Sukses (Panduan 2018)

3. Jenis Startup bisnis kecil

jenis startup

Jenis bisnis startup ini tidak dirancang untuk menjadi besar karena pemiliknya hanya ingin memiliki usaha atau untuk menghidupi keluarganya saja.

Biasanya mereka membangun startup dengan modal dari tabungan mereka sendiri, bank atau pinjaman dari kerabat mereka.

Walaupun jenis startup ini sulit untuk mendapatkan keuntungan yang besar tapi jumlahnya terbilang sangat banyak dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara lokal.

4. Social startup

jenis-jenis bisnis perusahaan rintisan

Jenis bisnis startup ini tidaklah seperti jenis startup lain yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Social startup dibentuk bukanlah untuk memperoleh keuntungan tapi didorong oleh penyebab yang sangat kuat atau suatu alasan.

Tapi terkadang juga terdapat perusahaan rintisan sosial yang masih digunakan untuk memperoleh keuntungan.

Tujuan dari startup sosial adalah membuat sesuatu hal yang membuat keadaan menjadi lebih baik atau lebih ditujukan pada masalah sosial.

Walaupun bukan ditujukan untuk mendapatkan keuntungan tapi bukan berarti mereka membangun social startup dengan setengah hati untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga | Apa itu CEO ? Dan Cara menjadi CEO yang berhasil di Usia muda

5. Scalable Startups

jenis bisnis startup

Scalable Startups adalah jenis startup yang dirancang untuk menjadi besar dan dapat menghasil keuntungan yang banyak dan startup jenis ini biasanya dilakukan secara berkelompok

Para founder dari startup ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa bisnis mereka akan memperoleh perhatian banyak orang.

Born to Be Big

Berbeda dengan startup bisnis kecil, Scalable Startups tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntunganyangbesar tapi hanya memperoleh penghasilan untuk menghidupi keluarga.

Tapi Scalable Startups memiliki tujuan untuk menciptakan ekuitas di perusahaan yang pada akhirnya akan memperoleh keuntungan besar.

Jenis startup ini memiliki resiko yang sangat tinggi dan juga modal yang tidak sedikit untuk membiayai perjalanan mereka.

Oleh sebab itu biasanya mereka akan mencoba untuk menarik investor untuk membiayai startup mereka.

Pemilik jenis startup ini biasanya akan merekrut orang-orang terbaik dibidangnya untuk mencari model bisnis yang dapat diulang dan skalable.

Setelah mereka menemukan model bisnis yang tepat maka mereka akan membutuhkan modal yang lebih besar untuk melakukan ekpansi yang cepat.

Demikianlah pembahasan tentang Jenis-jenis bisnis startup yang Populer di Indonesia saat ini.

Baca juga | Istilah Bisnis Startup Populer yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *