cara jualan sembako biar laris

Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis Dan Menguntungkan

Posted on

Jualan sembako – Berjualan sembako telah menjadi peluang usaha yang paling di minati oleh masyarakt Indonesia. Hampir di setiap tempat ramai seperti kompleks perumahan, jalan ramai atau sekolahan dapat mudah kita temui warung sembako.

Banyaknya orang yang memilih usaha warung sembako karena perputaran uang sangat cepat sehingga keuntungan akan mudah didapatkan. Selain itu dengan semakin sulitnya mencari pekerjaan membuat banyak orang memilih untuk berjualan.

Usaha ini juga dapat dilakukan oleh siapapun memulai warung sembako dari anak-anak, remaja, dan orang tua. mereka dapat memulai peluang usaha ini kemudian mengembangkannya hingga maju.

Walaupun demikian bukan berarti jualan sembako adalah hal yang mudah. tingkat persaingan yang ketat membuat banyak warung sembako sepi dan bahkan beberapa diantaranya harus gulung tikar. Oleh sebab itu di butuhkan niat yang kuat, kerja keras, patang menyerah dan terus belajar. Selain itu anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

Pengertian sembako

pengertian sembako

Istilah sembako mungkin sering anda dengar dan selalu menjadi perbincangan yang hangat. tapi tahukan anda pengertian sembako itu.

Kata sembako memiliki kepanjangan sembilan bahan pokok. Istilah ini muncul pada tahun 1998 di mana pemerintah melalui menteri industri dan perdagangan mengeluarkan keputusan mengenai kebutuhan pokok masyarakat yang terdiri dari 9 bahan.

Jenis sembako terlaris dan di butuhkan oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Makanan pokok (beras, jagung, sagu)
  • Buah-buahan dan sayur mayur
  • Gula pasir
  • Daging ayam, sapi dan ikan
  • Susu
  • Telur
  • Minyak goreng atau margarime
  • Garam ber-Iodium
  • Gas atau minyak tanah

Kesembilan bahan pokok tersebut merupakan kebutuhan paling mendasar masyarakat Indonesia.

Baca juga | Contoh Usaha Modal 5 Juta Dan Cocok Di Lakukan Dari Rumah

Cara jualan sembako biar laris

jualan sembako

untuk membuka warung sembako yang laris dapat dikatakan susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan banyak faktor penentu yang menyebabkan warung menjadi laris.

Sebelum memulai warung sembako anda harus menentukan jenis warung sembako anda. ada dua jenis warung sembako yang dapat dipilih yaitu :

1. Bisnis sembako grosir

Hal pertama yang harus dipertimbangkan jika anda ingin membuka warung secara grosir adalah permodalan. Permodalan yang di butuhkan untuk berjualan sembako secara grosir sangatlah besar sehingga jenis warung sembako ini sebaiknya tidak dilakukan bagi anda yang masih baru memulai.

Sistem grosir adalah warung yang di buka dengan membeli barang kemudian menjualnya kembali kepada pengecer, industri ataupun pedagang besar lainnya. Kapasitas barang yang diperjual-belikan juga relatif besar. Dan biasanyan usaha grosir tidak melayani pembelian secara eceran.

Penjual yang menjual barang secara grosir dapat dikatakan sebagai pedagang besar karena membutuhkan dana yang besar.

2. Berjualan sembako secara eceran

Berbeda dengan berjualan sembako secara grosir maka berjualan sembako secara eceran menjual barangnya secara satuan dan langsung kepada konsumen.

Maka tidak berlebihan bagi anda yang ingin memulai warung sembako maka dapat mencoba berjualan dengan sistem eceran. Hal ini karena untuk membuka warung sembako eceran tergolong mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Untuk memulai usaha inipun anda dapat memanfaatkan space rumah untuk dijadikan tempat berjualan. Tentunya hal ini dapat menghemat modal untuk biaya sewa toko yang saat ini sangat mahal.

Selain itu anda dapat mencari barang-barang sembako dari grosiran yang menawarkan harga murah dan juga dapat memanfaatkan sales yang sering datang ke warung.

Bahkan terkadang anda dapat menemui beberapa grosir atau sales yang menawarkan pembayaran barang setelah barang yang anda jual laku. Tentunya ini juga dapat menghemat permodalan anda.

Baca juga | Tips Bisnis Sembako Untuk Pemula yang Menguntungkan

Ilmu dagang sembako biar laris

ilmu dagang sembako

Setelah anda mengetahui tentang kasifikasi sembako dan beberapa cara berjualan sembako maka selanjutnya adalah anda akan mempelajari bagaimana cara berjualan sembako biar laris.

Beberapa cara berjualan sembako biar laris yang anda harus anda pertimbangkan :

1. Membuat perencanaan yang matang

Di dalam berbisnis maka hal pertama yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai adalah perencanaan bisnis yang matang. Dengan memiliki perencanaan yang matang tentunya anda dapat menjalankan warung sembako anda secara terkonsep.

Jika anda tidak mampu membuat perencanaan secara mendetail maka anda dapat membuat perencanaan dengan membuat gambaran atau garis besar tentang warung sembako anda.

Beberapa contoh perencanaan yang dapat anda lakukan seperti menentukan lokasi usaha yang strategis. Menganalisa target pasar di daerah sekitar, memastikan persaingan usaha sejenis di lingkungan sekitar, dll.

2. Memastliikan permodalan yang di miliki cukup

Sebenarnya poin kedua ini seiring dengan poin pertama dimana perencanaan haruslah menyesuaikan dengan modal yang kita miliki. Dalam artian bahwa sebuah perencanaan yang kita buat menjadi sia-sia hanya karena permodalan yang anda miliki tidak mencukupi. Oleh sebab itu anda harus memastikan permodalan yang di miliki cukup.

Saya tidak merekomendasikan kepada anda memaksa untuk mencukupi permodalan dengan cara berhutang. Bagi saya hal tersebut hanyalah akan menjadi beban anda untuk memulai usaha dan jika usaha anda tidak berhasil maka beban tersebut akan terus berlanjut. Oleh sebab itu mulailah warung sembako anda dengan sumber daya yang ada.

3. Menentukan lokasi usaha yang strategis

Lokasi usaha yang strategis merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan untuk berjualan sembako. Dengan memiliki lokasi usaha yang strategis memungkinkan untuk mendatangkan banyak pembeli atau konsumen.

Adapun ciri-ciri tempat strategis di antaranya adalah mudah untuk di jangkau oleh konsumen dan juga dekat dengan jalan yang banyak dilalui banyak orang.

Dengan berjualan sembako di tempat strategis tentunya ini merupakan keuntungan bagi anda karena tempat usaha anda memiliki peluang lebih besar di banding pesaing anda yang berada di daerah yang tidak strategis.

Namun saat ini mencari lokasi usaha yang strategis terbilang sulit dan biasanya harga sewa tempat tersebut sudah terlampau mahal.

Tapi hal ini dapat di antisipasi dengan anda membuka usaha dengan memanfaatkan space di rumah anda untuk dijadikan tempat untuk berjualan. Jika lokasi rumah anda tidak berada pada lokasi yang strategis maka target pasar yang dapat anda incar adalah penduduk sekitar.

Membuka warung sembako di rumah ini pernah saya coba sendiri dan terbukti berhasil. Sebelum saya membuka warung sembako hal pertama yang saya lakukan adalah menganalisa terlebih dahulu kebutuhan lingkungan sekitar.

4. Menetapkan barang-barang yang dijual

Setelah anda menentukan lokasi warung sembako anda maka langkah selanjutnya adalah menentukan barang-barang apa saja yang akan di jual.

Untuk memilih barang yang akan anda jual maka anda dapat menyesuaikan dengan anggaran modal yang di miliki. Anda dapat menjual semua produk sembako ataupun anda dapat menyesuaikan dengan produk sembako yang di butuhkan oleh lingkungan.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika permodalan yang anda miliki terbatas maka anda dapat sedikit melakukan analisa tentang kebutuhan masyarakat sekitar. Cara ini terbilang sangat efektif dan dapat mengurangi resiko kegagalan usaha anda.

5. Menentukan harga jual barang

Menentukan harga jual barang merupakan hal yang sangat penting dan harus dipertimbangkan dengan matang. Harga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk datang ke warung sembako anda.

Dengan selisih harga yang tipis saja dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli. Buatlah harga yang sedikit murah di bandingkan warung sembako merupakan salah satu strategi yang terbilang efektif bagi anda.

Agar anda dapat memberikan harga jual yang murah maka sebaiknya anda mencari supplier yang menawarkan harga murah. Cobalah anda melakukan survey harga ke beberapa supplier ataupun grosir.

6. Melakukan promosi

Poin ke enam ini sebenarnya hanyalah optional saja namun jika anda melakukannya akan membuat usaha anda cepat untuk dikenal. Cara paling efektif saat ini adalah cara promosi dari mulut kemulut.

Anda dapat member tahukan tetangga ataupun masyarakat lingkungan anda bahwa anda saat ini memiliki warung sembako dengan harga barang yang bersaing.

Baca juga | 4 Sumber Peluang Usaha yang Potensial Dan Cara Mengembangkannya

Cara mengelola warung sembako (Bonus)

cara mengelola warung sembako

Pada saat ini banyak orang yang memulai usaha warung sembako dengan berjualan di rumah. Cara berjualan di rumah ini banyak dipilih karena tidak memerlukan permodalan yang besar dan juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga.

Namun kelemahan berjualan di rumah adalah keterbatasan target pasar yang di incar (apabila lokasi rumah anda tidak strategis). Namun hal ini bukan berarti menjadi hambatan bagi anda untuk menjadi sukses karena banyak juga warung sembako rumahan yang terbilang sukses dan mampu meraih keuntungan puluhan juta rupiah.

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan dalam jualan sembako

1. Menata barang dagangan dengan rapi

Untuk dapat menarik pembeli maka anda harus menata barang dagangan anda dengan rapi. Dengan demikian warung anda akan terlihat menarik dan juga anda dapat mencari barang yang di beli konsumen dengan mudah.

Selain menata letak barang dagangan dengan rapi maka anda juga harus memperhatikan kebersihan warung sembako anda.

Jagalah agar barang-barang jualan dan tempat anda selalu bersih sehingga membuat warung anda menjadi higenis dan bebas dari tikus. Bayangkan jika anda menjadi konsumen dan harus membeli pada warung yang jorok dan tidak tertata dengan rapi.

2. Melengkapi barang jualan

Strategi ini merupakan strategi yang banyak dilakukan oleh banyak warung sembako di Indonesia. Biasanya mereka tidak hanya berjualan sembako saja tapi melengkapi dengan produk-produk kebutuhan lainnya seperti, alat mandi, mainan anak, pulsa, makanan ringan, dll.

Biasanya konsumen lebih suka membeli di warung yang memiliki barang-barang yang lengkap. Namun hal ini dapat anda lakukan secara bertahap dengan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

3. Memperhatikan ketersediaan stok

Memperhatikan ketersediaan stok sering dilupakan oleh pemiliki warung sembako. Hal ini banyak saya temui di banyak warung yang tidak memperhatikan hal ini sehingga ketika saya ingin membeli sesuatu barang, tapi barang tersebut tidak tersedia.

4. Memberikan pelayanan terbaik

Salah satu ilmu dagang sembako yang sering dilupakan adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.

Untuk memberikan pelayanan terbaik anda dapat bersikap ramah kepada komsumen dengan cara menyapa dan menanyakan kebutuhan mereka dengan baik. Buatlah suasana hati mereka menjadi nyaman selama berada di toko anda.

Berikanlah perhatian kepada konsumen sehingga mereka merasa di hargai. Anda dapat mengingat beberapa hal yang mereka ceritakan sehingga dapat anda jadikan sebagai bahan obrolan yang dapat mendekatkan anda dengan konsumen.

Baca juga | Pengertian Peluang Usaha Dan Ciri-ciri Peluang Usaha yang Potensial

Kesimpulan

Warung sembako merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan namun tidak memerlukan permodalan yang besar. Bahkan anda dapat memulai warung sembako dengan modal 5 juta saja.

Walau memulai usaha ini tergolong mudah namun banyak hal yang harus perhatikan agar jualan sembako anda laris.

Beberapa poin di atas merupakan gambaran besar tentang cara jualan sembako biar laris. Dengan gambaran tersebut tentunya anda dapat memiliki rambu-rambu dalam menjalankan usaha sehingga meminimalisasi kegagalan usaha anda.

Demikianlah pembahasana tentang cara jualan sembako biar laris di rumah.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *