kelebihan dan kekurangan instagram

Kelebihan Dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram ?

Semenjak di luncurkan sejak tahun 2013, Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini. Media sosial satu ini lebih fokus kepada layanan berbagi foto atau video yang pendek secara gratis.

Instagram dapat menarik banyak orang yang mulai jenuh dengan media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan Instagram menawarkan hal yang unik dan tampilan yang sederhana.

Banyak fotografer desainer, seniman atau pebisnis mulai memanfaatkan Instagram dengan menghasilkan konten yang berkualitas untuk memasarkan produk mereka.

Dengan menggunakan konten visual memungkinkan sebuah brand atau produk dapat mengembangkan reputasi atau citra mereka.

Baca juga | Apa Itu Endorse Dan Cara Mendapatkan Endorse Di Instagram

Kelebihan dan kekurangan Instagram

kelebihan dan kekurangan instagram untuk bisnis

Walaupun Instagram merupakan media promosi yang banyak di gunakan oleh pebisnis namun Instagram memiliki kelebihan dan kekurangan untuk dijadikan sarana berpormosi.

Dalam berpromosi mereka dapat memberikan gambaran rinci melalui foto produk atau juga mereka dapat memperkenalkan produk mereka melalu video. Anda juga dapat memberikan keterangan produk anda melalui teks atau tulisan secara terperinci.

Untuk mendukung promosi di Instagram maka anda dapat menggunakan hashtag sehingga pengguna IG dapat mudah menemukan produk anda.

Berikut kelebihan dan kekurangan Instagram untuk berbisnis online :

Kelebihan Instagram

kelebihan instagram

Terdapat banyak kelebihan Instagram yang dapat dinikmati penggunanya karena instagram dapat support dengan dengan beberapa konten seperti gambar, muliti gambar, video pendek dan juga teks.

Dengan support dengan beberapa media tersebut membuat pebisnis online menjadi lebih fleksibel untuk berpromosi.

Ada beberapa kelebihan Instagram lainnya untuk bisnis online anda di antaranya :

1. Gratis atau tidak berbayar

Kelebihan nomer satu dari Instagram adalah anda dapat menggunakannya secara gratis. Cukup dengan mendownload aplikasi di smartphone kemudian anda dapat mendaftar akun. Anda dapat menggunakannya sepuasnya tanpa harus membayar sejumlah uang kepada Instagram.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang baru memulai bisnis online anda karena tidak harus mengeluarkan uang untuk membuat toko online.

2. Instagram memiliki banyak pengguna

Instagram merupakan platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda. Dengan banyaknya pengguna Instagram tentunya dapat membuat promosi yang dilakukan oleh anda memiliki kemungkinan banyak dilihat.

Dengan banyaknya pengguna Instagram ini juga membuat anda bisa memperoleh konsumen dari berbagai daerah dengan cara berpromosi yang murah dan mudah.

Dalam berpromosi di Instagram dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penggunaan hashtag, sistem endorse ataupun menggunakan iklan.

Baca juga | Cara Membuat Hashtag Di Instagram yang Populer Dan Relevan

3. Memungkinkan anda memasukkan contact person

Fasilitas instagram yang sangat membantu dalam berbisnis online adalah Instagram memungkinan anda untuk memasukkan nomor telpon, alamat email dan alamat toko fisik bisnis anda. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda.

4. Terdapat tools untuk melihat pengunjung anda.

Instagram juga memberikan tools wawasan dasar mengenai data postingan dan data follower anda.

Dengan menggunakan wawasan yang diperoleh dari tools tersebut anda dapat menganalisa konten dan juga perkembangan brand anda di Instagram.

5. Mudah dalam penggunaannnya.

Kelebihan Instagram lainnya anda tidak memerlukan pengetahuan tentang pembuatan website ataupun SEO. Anda hanya fokus pada pembuatan konten atau sarana promosi yang berkualitas.
Dengan kemudahan ini tentunya setiap orang dapat menggunakan Instagram dengan mudah.

Cara paling mudah dalam berpromosi di Instagram adalah dengan mengambil foto atau gambar yang menarik. Kemudian lengkapi dengan keterangan detail pada kolom caption. Untuk mempermudah calon konsumen menemukan anda maka gunakan hashtag yang relevan dan populer.

6. Dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya dengan mudah.

Penggunaan Instagram juga memiliki kelebihan yaitu dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya seperti Facebook. Tentunya ini akan mempermudah anda dalam melakukan posting ke beberapa media sosial.

Kekurangan Instagram

kekurangan instagram

Selain memiliki berbagai kelebihan dan manfaat Instagram sebagai media pemasaran, Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan Instagram sebagai media pemasaran diantaranya :

1. Persaingan sangat ketat

Dengan mudahnya untuk membuat akun Instagram membuat banyak orang menggunakan Instagram. Tentunya ini akan membuat tingkat persaingan pemasaran di Instagram semakin ketat.

Konsumen akan memiliki banyak pilihan toko online di Instagram. Untuk itu anda harus menggunakan strategi pemasararan yang baik juga di tunjang dengan pelayanan, harga serta jaminan kualitas barang.

2. Banyak spamming di Instagram

Kemudahan kita dalam berinteraksi di Instagram menyebabkan banyak spamming terutama pada kolom komentar. Hal ini tentu dapat berdampak buruk terhadap reputasi akun Instagram bisnis anda.

3. Durasi video yang di upload di Instagram hanya 15 detik

Ketika anda hendak berpromosi menggunakan video pasti akan terkendala dengan durasi yang pendek. Tentunya ini akan menjadi kendala jika anda harus menjelaskan produk anda secara detail.

4. Foto yang ditampilkan berukuran kecil

Mungkin anda sering melihat foto di Instagram terlihat sangat kecil dan sulit untuk terlihat. Namun banyak toko online yang mengatasinya dengan menggunakan foto-foto yang berkualitas dan fokus pada produk mereka. kemudian mereka menjelaskan secara secara detail di kolom caption.

5. Harus selalu update atau posting konten agar terus terlihat timeline

Sama seperti dengan media sosial lainya, Instagram juga memiliki timeline yang terus berjalan dengan cepat. Jika anda tidak update maka akun Instagram anda akan tidak terlihat di timeline. Ini akan membuat follower anda tidak memperhatikan promosi anda di Instagram bisnis anda.

Baca juga | Tips Jualan Online Di Instagram Untuk Pemula Hingga Sukses

Kesimpulan

manfaat instagram

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Instagram sebagai media pemasaran sebenarnya Instagram masih layak untuk anda pertimbangkan.

Jika anda memiliki produk barang atau jasa dapat menggunakan Instagram untuk memperoleh calon pembeli atau orang yang membutuhkan jasa anda.

Dengan memanfaatkan kepopuleran Instagram yang memiliki banyak pengguna akan memberikan kesempatan kepada produk anda untuk terlihat sekaligus meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian.

Dengan menggunakan gambar atau video yang baik juga ditambah dengan teks yang menarik tentunya akan dapat menarik calon pembeli anda.

Penggunaan hashtag yang populer dan relevan dengan produk anda juga akan membuat produk anda mudah untuk ditemukan.

Oleh sebab itu dengan segala kekurangan yang dimiliki oleh Instagram masih dapat dikatakan bahwa Instagram masih sebagai media promosi yang efektif dan juga efisien bagi anda.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Instagram sebagai media pemasaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *