Keuntungan Coworking Space

Keuntungan Coworking Space Bagi Perusahaan Startup

Posted on

Keuntungan Coworking SpaceCoworking Space merupakan bentuk perkantoran baru yang mengadaptasi perkembangan cara bekerja yang semakin fleksibel.

Dahulu orang-orang bekerja berdasarkan hirarki yang rapi sehingga semua kegiatan harus terkontrol dan berurutan berdasarkan dari hirarki yang ada.

Namun saat ini semua tatanan tersebut mulai bergeser dimana pola kerja tim memberikan ruang bagi para pekerja untuk berperan dalam melakukan projek dengan leader sebagai pengayom dan pengambil keputusan.

Pola kerja tersebut terus berkembang dimana para pekerja tidak harus bernaung dalam satu perusahaan atau bersama tim secara terus menerus melainkan mereka dapat berdiri sendiri tanpa harus terikat (freelancer).

Keuntungan Coworking Space

Coworking space dapat dikatakan sebagai tempat penyewaan meja kerja pada ruang terbuka dengan waktu yang fleksibel.

Ruang kerja tersebut dapat dipakai oleh orang lain yang menyewa dan penggunanya memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Perbedaan latar belakang inilah yang menyebabkan interaksi yang terjadi menjadi dinamis karena setiap orang yang datang memiliki kelebihan masing-masing.

Berikut adalah beberapa kelebihan coworking space dibandingkan dengan perkantoran konvensional bagi perusahaan startup :

1. Menghemat Biaya Operasional

Harga sewa coworking space juga tergolong terjangkau sehingga penggunaan coworking space ini dapat mengurangi pengeluaran sewa, listrik, internet hingga biaya operasional lainnya.

Biaya yang dipatok setiap ruang kerja bersama ini berbeda-beda dan biaya tersebut dapat di hitung perjam, perhari, perbulan atau bahkan pertahun.

Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan startup anda.

Bagi perusahaan startup yang baru memulai maka penggunaan coworking space sebagai tempat pilihan bekerja merupakan pilihan yang tepat.

Dengan menekan biaya operasional maka perusahaan dapat menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan yang lainnya.

Baca juga | Apa Itu Coworking Space ?, Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Nilai

2. Desain Ruang Kerja Sangat Kekinian dan Nyaman

Sangat berbeda dengan perkantoran konvensional, suasana dan tata ruang di coworking space pada umumnya memiliki desain yang kekinian dan sangat nyaman.

Hal ini dapat membuat para coworker dapat bekerja dengan maksimal dan menjadi lebih produktif.

Baca juga | Jenis-Jenis Bisnis Startup yang Populer Di Indonesia Saat Ini

3. Fasilitas Penunjang Pekerjaan Tergolong Lengkap

Selain ruang kerja yang nyaman, di dalam coworking space secara umum memiliki fasilitas penunjang pekerjaan yang lengkap seperti jaringan internet berkecepatan tinggi, mesin foto kopi, dll.

Bahkan beberapa coworking space menyediakan fasilitas tambahan seperti ruang rapat, ruang serba guna, resepsionis, dll.

Baca juga | Jenis-Jenis Bisnis Startup yang Populer Di Indonesia Saat Ini

4. Waktu Kerja Fleksibel

Berbeda dengan perkantoran konvensional yang jam kerjanya sudah ditentukan, coworking space menawarkan waktu bekerja yang fleksibel karena penggunanya kebanyakan adalah freelancer.

Hanya membayar sewa sesuai tarif yang telah ditentukan maka pengguna dapat memakai fasilitas coworking space kapan saja diinginkan.

Baca juga | 10 Kesalahan yang Menjadi Penyebab Kegagalan Bisnis Startup

5. Menambah Jaringan Relasi

Keuntungan bekerja di coworking space selanjutnya adalah menambah jaringan relasi baru.

Hal ini dikarenakan ruang kerja yang dipakai bersama maka anda dapat untuk berinteraksi, berkolaborasi, menjalin relasi dengan pelaku startup lainnya.

Selain itu, coworking space juga terkadang melakukan acara sharing yang memungkinkan anda untuk bertemu dengan orang-orang sukses atau investor.

Baca juga | Cara Memulai Bisnis Startup Sendiri yang Sukses (Panduan 2019)

6. Prosedur Administrasi Lebih Mudah

Salah satu keuntungan membuka kantor di coworking space adalah tidak memerlukan rangkaian prosedur administrasi yang panjang dan rumit.

Tentunya hal ini menjadi jawaban yang tepat bagi perusahaan startup yang baru untuk menempatkan para pegawai mereka.

Untuk dapat membuka kantor startup di coworking space hanya perlu mendaftar dan membayar sewa kantor.

Baca juga | Istilah Bisnis Startup Populer yang Wajib Anda Ketahui

7. Tempat Ideal Untuk Mencari Inspirasi dan Ide

Berdasarkan dari survey di sejumlah negara bagian Amerika serikat menyatakan bahwa bekerja di ruang bersama ini dapat menjadi tempat ideal untuk mencari inspirasi dan ide bagi bisnis kreatif.

Meskipun bekerja sendiri namun suasana kerja di coworking space dapat memotivasi seseorang menjadi lebih kreatif untuk mengembangkan ide-ide mereka.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa Keuntungan Coworking Space bagi Perusahaan Startup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *