konsep aida

Gunakan Konsep AIDA Untuk Membuat Iklan Yang Menarik

Posted on

Konsep AIDA – Pada saat ini, dunia periklanan produk menjadi kompetitif. Hal ini dikarenakan media iklan merupakan salah satu cara efektif untuk menarik dan membujuk konsumen untuk melakukan tindakan.

Namun hal ini tidak otomatis merubah pikiran manusia. Oleh sebab itu seorang coywriter harus cerdas untuk membujuk sesorang melakukan sesuatu. Salah satu cara untuk membuat audien tertarik adalah dengan cara menarik perhatian perhatian mereka.

Anda harus menarik perhatian audiens dengan memberitahu bagaimana produk anda membantu anda. kemudian membujuknya dan mengambil tindakan.

Dalam pembuatan iklan pemasaran untuk produk tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan iklan tersebut harus menarik bagi pelanggan. Oleh sebab itu pembuatan iklan harus dibuat menarik dengan menarik sesuai dengan target.

Selain itu iklan juga merupakan identitas produk anda yang disampaikan kepada audiens. Untuk mempermudah pembuatan iklan yang menarik biasanya copywriter mengguna formula khusus salah satunya konsep AIDA.

Apa itu Konsep AIDA ?

Aida merupakan konsep yang banyak digunakan oleh copywriter profesional. Rumus AIDA adalah teknik penulisan persuasif yang sederhana namun terbukti efektif.

Didalam konsep ini, iklan atau media promosi harus dapat menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong keinginan sehingga menghasilakan tindakan. Oleh sebab itu anda harus mampu menjalin komunikasi dan memahami untuk memperoleh respon dari audiens.

Hal ini dikarenakan dalam konsep AIDA psikologi audiens akan melalu tahapan yang dimulai dari perhatian, ketertarikan, berminat sehingga memperoleh respon.

AIDA sendiri merupakan sebuah alat untuk memastikan copywrite anda dapat menarik perhatian. AIDA memiliki kepanjangan :

  • Attention (or Attract)
  • Interest
  • Desire
  • Action.

Rumus AIDA dalam dunia pemasaran dikenal juga sebagai hirarki model efek. Hal ini dikarena setiap elemen AIDA dirancang untuk menghasilakan efek yang diinginkan.

Rumus AIDA ini dibutuhkan oleh seorang copywriter untuk menyampaikan pesan

  • Memperoleh perhatian pembaca
  • Membangkitkan rasa ketertarikan kepada produk yang dipromosikan
  • Memberi rangsangan dan keinginan pada pembaca untuk membeli produk
  • Mendorong pembaca untuk mengambil tindakan

Ini merupakan empat cara yang perlu anda ketahui untuk menarik audiens. Sehingga audiens memiliki keinginan untuk membeli produk atau mengunjungi blog anda.

Awal penerapan konsep AIDA dalam periklanan

Sebelum anda menerapkan konsep AIDA, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami target audiens atau pembaca.

Hal ini harus dilakukan agar dapat menarget langsung dengan target atau bisa melakukan tindakan sesuai dengan pesan yang disampaikan. Karena penerapan AIDA akan efektif dan bekerja dengan sempurna jika copywriting anda relevan dengan target audiens anda.

Oleh sebab itu, seorang copywriter harus melakukan peneletian tentang target audiensnya. Dia harus menentukan letak geografis, psikologi dari audiens potensial mereka.

Penjelasan AIDA

setelah memahami tentang apa itu AIDA maka disini saya akan menjelaskan elemen utama dari konsep ini

Attention

Dalam persaingan media yang ketat maka copy anda harus cepat dan langsung merebut perhatian. Menggunakan kata-kata yang kuat atau gambar yang menarik pembaca.

Pada tahapan ini merupakan tahapan yang paling krusial bagi tulisan anda.

Tahukan anda ?

Manusia mengedipkan mata setiap 4 detik. Dan mereka akan meninggalkan konten kita jika dalam dua kedipan jika konten kita tidak menarik. Itulah mengapa tahapan ini merupakan tahapan paling krusial.

Anda juga dapat menggunakan judul yang membuat pembaca terkesan. Buatlah judul yang memberikan harapan kepada pembaca.

Namun anda harus memastikan judul tersebut telah mempresentasikan isi konten dan relevan. Jangan sampai anda membuat judul yang wow namun tidak relevan dengan isi konten.

Oleh sebab itu untuk mendapatkan perhatian lebih dari pembaca maka buatlah judul yang bombastis. Dan isi konten yang relevan dengan harapan pembaca.

Untuk mempermudah mendapatkan perhatian anda dapat memahami target audiens berdasarkan :

  • Demografi audiens
  • Hal yang dapat menarik audiens
  • Solusi atas masalah dari audiesn tertarget
  • Bahasa yang masih relevan dan berhubungan dengan pembaca.

Dengan menentukan target audiens merupakan hal yang penting. Seperti menggunakan bahasa audiens dapat menarik perhatian pembaca dan membuat iklan anda layak untuk dibaca mereka.

Misalkan,

Jika anda membuat tulisan yang menargetkan pada kaum muda, makan anda harus menggunakan bahasa yang digunakan oleh kaum muda.

Interest

Setelah anda memperoleh perhatian dari pembaca maka anda harus dapat membangun rasa minat audiens. Anda harus mampu menghabiskan waktu untuk memahami konten yang ingin disampaikan.

Memperoleh minat pembaca merupakan sebuah proses yang lebih sulit dibandingkan dengan memperoleh perhatian. Hal ini dikarenakan audien akan memberikan waktunya untuk memahami pesan anda namun anda harus fokus pada kebutuhan mereka.

Buatlah struktur tulisan yang baik untuk memudahkan pembaca untuk melakukan skimming atau membaca cepat. Anda dapat menggunakan bullet atau penomoran pada artikel anda. Selain itu anda dapat mengunakan sub judul pada poin yang penting.

Gunakan gambar dan juga paragraf pendek agar informasi yang ingin anda sampaikan mudah untuk dipahami. Jika bahasa anda yang tuliskan tidak dapat dipahami oleh pembaca dapat meningkatkan resiko konten anda ditinggal oleh mereka.

Anda dapat menarik minat pembaca dengan menambahkan beberapa hal berikut :

  • Fakta/informasi pesuasif yang didukung dengan bukti
  • Studi kasus
  • Alasan
  • Anekdot
  • Statistik
  • Sesuatu yang mendidik atau menghibur

Dengan menggunakan poin-poin tersebut dapat memberikan solusi untuk masalah mereka. Hal ini akan membuat pembaca anda percaya bahwa anda memiliki pengalaman atas masalah tersebut. Dan dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah tersebut.

Desire

Menciptakan keinginan pada audiens anda. Perbedaan mendasar antara minat dengan keinginan adalah membuat pembaca membayangkan dirinya menggunakan produk. Atau melakukan sesuatu yang dapat berdampak positif pada mereka.

Contohnya,

Jika produk merupakan produk diet akan memberikan nilai terhadap berat badan konsumen. Dengan mengkomsumsi produk anda maka akan membuat audien memperoleh berat badan yang lebih baik.

Pada tahapan ini anda menggunakan hal berikut :

  • Menekankan pada penjelasan tentang manfaat produk.
  • Mempresentasikan sebuah masalah kemudian memberikan solusi
  • Menceritakan sesuatu yang dapat menarik minat pembaca kemudian mereka merespon.

Untuk lebih meyakinkan audiens anda dapat memberikan bukti. Anda dapat membagikan testimonial agar dapat menambahkan rasa keinginan audiens anda.

Action

Setelah audiens anda memiliki rasa keinginan, saatnya anda mengiring prospek untuk mengambil tindakan (Call to action). Jika tidak membuat call to action akan menjadi sia-sia semua proses anda. Oleh sebab itu buatlah panggilan yang kuat untuk bertindak.

Cara terbaik untuk membuat Call to action yang kuat adalah

  • Memiliki panggilan mudah namun jelas untuk audiens merespon
  • Gunakan bahasa aktif (contohnya beli sekarang)
  • Buatlah menonjol (gunakan warna kontras, huruf besar dll)

Call to action merupakan pernyataan sederhana yang membiarkan pembaca tahu tentang keinginan anda.

Untuk mendapatkan seseorang untuk mengambil respon. Anda harus meyakinkan bahwa tidak akan membuang-buang waktu mereka serta memberi mereka manfaat positif.

Namun hal yang terpenting adalah hal tersebut harus memberikan nilai bagi pembaca dan mereka mendapatkan sesuatu setelah melakukan tindakan.

Kesimpulan

Didalam pembuatan iklan, anda dapat disesuaikan untuk memperoleh perhatian audiens, menciptakan minat, menumbuhkan keinginan dan juga membuat respon positif.

Menggunakan konsep AIDA akan membantu anda untuk memastikan copy anda mendapatkan respon dari pembaca.

Anda harus menarik perhatian audiens tertarget dan terlibat dalam kepentingan mereka. Oleh sebab itu kita harus membangun keinginan pada penawaran.

Berdasarkan hal diatas kita akan menyadari tentang pentingnya konten. Ini adalah sesuatu yang berkembang, tidak mengurangi sehingga memiliki kerangka kerja untuk memastikan konten anda berjalan dengan baik.

Apakah anda menggunakan konsep AIDA dalam pemasaran digital ?

Silahkan berkomentar pada kolom dibawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *