konsep manajemen pemasaran

5 Konsep Manajemen Pemasaran Di Era Modern Saat Ini

Posted on

Konsep manajemen pemasaran – Pengertian pemasaran dapat di definisikan sebagai promosi produk atau layanan bisnis kepada target pasar.

Secara singkatnya pengertian pemasaran adalah sebuah tindakan yang digunakan untuk memperoleh perhatian terhadap penawaran bisnis.

Namun tidak semua bisnis dapat mendekati kebutuhan untuk memasarkan produk atau layanan mereka dengan cara yang sama.

Bahkan banyak pebisnis melakukan pendekatan berbeda untuk melakukan pemasaran produk mereka.
Pendekatan inilah yang sering disebut dengan konsep pemasaran atau cara menentukan alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi.

penerapan konsep pemasaran ini maka perusahaan akan memiliki tujuan yang jelas dengan mempertimbangkan efisiensi biaya, tanggung jawab sosial dan efektifitas dalam pasar.

Konsep manajemen pemasaran

Konsep manajemen pemasaran merupakan konsep yang luas yang dapat diartikan untuk mencari tahu konsumen dan membuat barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Oleh sebab itu seorang produsen atau penjual harus mendapatkan jawaban tentang apa saja yang di butuhkan konsumen dan bagaimana cara menyediakannya.

Berikut beberapa jenis konsep manajemen pemasaran :

1. Konsep produksi

pengertian konsep manajemen pemasaran

Konsep manajemem pemasaran ini didasarkan pada memproduksi produk murah (produksi masal).

Dengan konsep ini maka perusahaan melihat bahwa konsumen akan selalu menerima dan tertarik pada produk dengan harga murah.

Oleh sebab itu perusahaan mencoba untuk dapat memproduksi produk murah yang baik dan melakukan distribusi produk tersebut dengan biaya yang rendah.

Perusahaan tidak memperhatikan finishing atau minat pelanggankarena mereka hanya fokus pada produksi dalam skala besar.

Kemudian mereka akan berusaha untuk mencapai efisiensi produki semaksimal mungkin dan menciptakan area distribusi yang luas.

Kelemahan dari konsep ini adalah apabila produksi masal tersubut tidak memiliki nilai ekonomi serta ketersediaannya tidak dapat memuaskan konsumen maka kemungkinan konsep manajemen pemasaran ini akan gagal.

Baca juga | Pengertian Manajemen, Fungsi Manajeman Serta Unsur Manajemen

2. Konsep produk

konsep pemasaran

Konsep manajemen pemasaran ini digunakan oleh perusahaan yang berfokus pada produk yang berkualitas dan sangat mempertimbangkan produk yang dipilih konsumen.

Pada konsep ini perusahaan menyakini bahwa konsumen menyukai produk yang memiliki kualitas, kinerja dan fitur paling banyak.

Mereka percaya bahwa konsumen akan membayar harga yang lebih tinggi untuk barang atau jasa yang memiliki kualitas.

Oleh sebab itu perusahaan lebih berfokus pada peningkatan kualitas produk dan fitur untuk memuaskan serta menarik konsumen.

Mereka tidak mendasarkan penciptaan produk pada permintaan konsumen sebenarnya dan menyediakan produk tertentu berdasarkan teoritis akan diterima pasar karena kualitas, fitur, dan kinerjanya.

Kelemahan dari konsep ini adalah perusahaan lebih cenderung berfokus pada produk namun tidak mementingkan selera konsumen.

Baca juga | Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan yang Harus Diketahui

3. Konsep pemasaran

pengertian konsep pemasaran

Konsep pemasaran didasarkan pada keinginan atau kebutuhan pasar kemudian memberikan nilai lebih baik pada produk dibanding pesaing.

Oleh sebab itu perusahaan harus menemukan produk yang diinginkan konsumen dan menghasilkan produk yang dapat memberikan kepuasan konsumen

Konsep pemasaran berorientasi pada konsumen dan membuat keuntungan jangka panjang dengan membuat jaringan kepuasan konsumen.

Ketika perusahaan menerapkan konsep pemasaran maka mereka harus melakukan penelitian, pengembangan, distribusi, kontrol kualitas, dll.

Alasannya adalah diperlukan upaya yang lebih untuk menjaga kepuasan pelanggan sehingga diperlukan perbaikan terus menerus terhadap produk lama dan mengembangkan produk baru.

Selain itu anda juga harus membangun brand yang kuat sehingga konsumen lebih menyukai produk anda dibandingkan dengan pesaing.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

4. Konsep penjualan

konsep manajemen

Dalam konsep penjualan, perusahaan percaya bahwa persuasi dan penjualan yang agresif adalah paling penting didalam pemasaran mereka.

Pada konsep ini perusahaan akan menjual produknya tanpa mempertimbangkan permintaan konsumen tapi mereka menggunakan promosi (iklan) untuk menciptakan penjualan.

Dengan promosi biasanya dapat membantu konsumen untuk memahami manfaat produk kemudian mereka akan membeli.

Oleh sebab itu perusahaan akan melakukan berbagai upaya untuk berpromosi untuk menjual produk baik melalui iklan atau cara lainnya.

Dalam penerapan skenario ini terdapat dua kemungkinan yaitu :

  • Jumlah penjualan baik sesuai dengan iklan yang bagus pada tahap awal
  • Dalam satu periode, jumlah penjualan memburuk karena konsumen mendapatkan kualitas produk yang buruk

Hal ini dikarenakan konsep ini menggunakan pendekatan yang tepat dalam penerapan promosi namun tidak mempertimbangkan keinginan konsumen sebelum membuat produk.

5. Konsep pemasaran sosial

rencana-manajemen-pemasaran

Konsep pemasaran sosial ini hampir sama dengan konsep pemasaran yang sebelumnya kita bahas.

Apabila di dalam konsep pemasaran tidak mempertimbangkan atau mengabaikan konsumen sedangkan dalam konsep ini mempertimbangkan faktor sosial.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan tanggung jawab sosial dari bisnis telah berhasil mengubah perusahaan bisnis menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial.

Kesadaran ini telah membuat perusahaan yang ada saat ini lebih berfokus pada kebutuhan atau keinginan target pasar dan memberi nilai lebih dibanding pesaing.

Di dalam konsep ini, perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan masyarakat dan memberikan barang atau jasa secara efisien sehingga dapat menyeimbangkan kepuasan konsumen dengan kepuasan konsumen.

 Baca juga | Fungsi Manajemen Pemasaran Paling Penting Di Dalam bisnis

Kesimpulan

Konsep manajemen pemasaran merupakan konsep yang diterapkan produsen atau perusahaan untuk menciptakan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan dan dapat mendatangkan keuntungan.

Oleh sebab itu sebuah perusahaan sebaiknya menerapkan salah satu konsep manajemen pemasaran diatas sesuai dengan kondisi perusahaan baik secara internal atau eksternal agar menarik konsumen dan menciptakan penjualan.

Demikianlah pembahasan tentang 5 Konsep Manajemen Pemasaran Di Era Modern Saat Ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *