Macam Macam Industri Kreatif

Macam Macam Industri Kreatif Di Indonesia yang Menguntungkan

Posted on

Macam Macam Industri Kreatif  – Istilah Industri Kreatif menurut visi pemerintah adalah industri yang mengandalkan kreativitas individu, keterampilan serta talenta yang mampu meningkatkan taraf hidup dan penciptaan tenaga kerja melalui penciptaan dan ekploitasi HKI.

Menurut Departemen Perdagangan di dalam buku pengembangan ekonomi kreatif 2025 (2008) adalah :

Industri berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu

Macam-Macam Industri Kreatif di Indonesia

industri kreatif

Pada dasarnya, ruang lingkup dari industri kreatif terbilang sangat luas.

Namun, secara garis besar industri kreatif dapat dibagi menjadi 14 (empat belas) sub sektor industri yang berbasis pada kreativitas..

Di dalam buku Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif 2025 menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Jenis-jenisIndustri kreatif di Indonesia adalah :

1. Periklanan (advertising)

Periklanan adalah aktivitas kreatif yang terkai dengan periklanan atau komunikasi satu arah dengan menggunakan media tertentu.

Selain itu, iklan dapat diartikan sebagai semua bentuk pesan tentang produk yang disampaikan melalui media, dibiayai pengiklan serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Contoh dari kegiatan kreatif dalam periklanan adalah proses kreasi, produksi serta distribusi dari iklan yang dihasilkan seperti riset pasar, rencanan komunikasi iklan, promosi, tampilan iklan di media cetak, dll.

Baca juga | Pengertian Iklan, Tujuan dan Manfaat Iklan yang Harus Diketahui

2. Arsitektur

Arsitektur dapat di definisikan sebagai kegiatan kreatif yang terkait dengan konservasi bangunan, perencanaan biaya konstruksi, jasa desain bangunan, pengawasan konstruksi baik itu menyeluruh dari level makro hingga level mikro.

3. Pasar Barang Seni

Pengertian dari pasar barang seni adalah kegiatan kreatif yang terkait dengan perdagangan barang asli, unik dan langka serta terdapat nilai seni yang tinggi melalui lelang, galeri, pasar, toko dan internet.

Barang-barang seni yang ada dalam pasar ini dapat meliputi barang-barang musik, kerajinan, percetakan, film, dll.

4. Kerajinan (craft)

Kerajinan di dalam industri kreatif dapat didefinisikan sebagai aktivitas kreatif yang terkait dengan kreasi, produksi serta distribusi barang yang dihasilkan oleh tenaga pengerajin yang dimulai dari desain awal hingga proses penyelesaian produk.

Contoh kerajinan dalam industri kreatif diantaranya adalah serat alam atau buatan, batu berharga, kulit, rotan, bambu, kayu, dll.

Berdasarkan bahan baku (raw material), produk kerajinan dikategorikan
menjadi:

  • Keramik : tanah liat, erathen ware, pottery, stoneware, porcelain
  • Logam : emas, perak, perunggu, besi, tembaga
  • Natural fiber atau serat alam :bambu, akar-akaran, rotan
  • Batu-batuan :batu mulia, semi precious stone, jade
  • Tekstil : cotton, sutra, linen
  • Kayu : kertas dan lacquer ware

5. Desain

Desain adalah kegiatan kreatif yang dapat dikaitkan dengan kreasi desain interior, grafis, produk, industri, konsultasi identitas perusahaan atau jasa riset pasar serta produksi kemasan, dll.

6. Fashion

Industri Fashion adalah industri kreatif yang terkait dengan kreasi pakaian, desain alas kaki atau juga desain asesoris mode lainnya, konsultasi produk fashion atau juga distribusi produk fashion.

7. Video, Film dan Fotografi

Video, Film dan Fotografi merupakan salah satu sub sektor industri kreatif yang dapat didefinisikan sebagai aktivitas kreatif yang dapat dikaitkan dengan produksi video, film dan jasa fotografi serta distribusi rekaman video, film atau juga hasil fotografi.

Baca juga | Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Manfaat Ekonomi Kreatif

8. Game

Game atau permainan interaktif adalahkegiatan kreatif yang terkait dengan produksi, kreasi dan distribusi permainan komputer dan video yang memiliki sifat hiburan, ketangkasan dan edukasi.

Jenis industri kreatif ini bukan hanya bertujuan untuk hiburan semata namun juga dapat dijadikan sebagai alat pembelajaran atau edukasi.

9. Musik

Sub sektor industri kreatif selanjutnya adalah musik yang merupakan kegiatan yang terkait dengan komposisi, pertunjukan musik, reproduksi dan distribusi rekaman suara.

Baca juga | Pengertian Manajemen Industri Adalah, Tingkatan, Jurusan dan Sejarah

10. Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan merupakan industri kreatif yang bisa mencakup kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan konten, produksi pertunjukan, pertunjukan balet, tarian konteporer, drama, dll.

11. Penerbitan dan Percetakan

Penerbitan dan Percetakan merupakan industri kreatif yang dapat meliputi penulisan konten, penerbitan buku, jurnal, koran, majalah serta konten digital, dll.

Baca juga | Macam Macam Media Promosi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak

Layanan komputer dan software merupakan aktivitas kreatif yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi seperti pengolahan data, pengembangan database, pengembangan software, integrasi sistem desain serta analisa sistem, dll.

13. Televisi dan Radio

Televisi dan radio adalah kegiatan kreatif yang terkaid dengan usaha kreasi, produksi serta pengemasan acara televisi dan radio seperti kuis, games, reality show, dll.

Baca juga | Iklan Televisi | Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

14. Riset dan Pengembangan

Industri kreatif jenis riset dan pengembangan dapat terdiri dari kegiatan kreatif yang berhubungan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi serta penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk memperbaik produk atau kreasi produk baru.

Demikianlah pembahasan tentang Macam Macam Industri Kreatif Di Indonesia yang Menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *