macam-macam jenis usaha

Macam-Macam Jenis Usaha Dan Bisnis yang Laku Setiap Hari

Posted on

Macam-macam jenis usaha – Memilliki bisnis usaha yang laku setiap hari dan memperoleh keuntungan merupakan impian banyak orang. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya biaya hidup sehingga banyak orang mencari peluang usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Bahkan pada saat ini banyak juga karyawan yang memiliki penghasilan tetap juga mencoba untuk memulai berbisnis.

Mereka mencoba mencari tambahan penghasilan biasanya dikarenakan gaji yang mereka terima tidak sesuai dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun terkadang kita mengalami kesulitan untuk mencari ide bisnis yang laku setiap hari karena terdapat macam-macam bisnis yang menarik untuk dijalankan.

Oleh sebab itu di butuhkan sebuah kreatifitas dan analisa yang tepat untuk memilih peluang usaha yang laku tiap hari.

Kreatifitas dan analisa di butuhkan dalam memulai usaha karena dalam bisnis kita akan selalu berhadapan dengan persaingan.

Macam-macam jenis usaha dan Bisnis yang laku tiap hari

bisnis yang laku setiap hari

Perbedaan mencari penghasilan dari gaji seorang karywan dengan seorang pebisnis adalah kemampuan dalam mencari peluang usaha yang menguntungkan. Oleh sebab itu pebisnis harus mampu mencari jenis peluang usaha yang dapat di gali dari permasalahan atau kebutuhan lingkungan sekitar.

Salah satu cara untuk menggali macam-macam jenis usaha yang tepat adalah dengan cara melakukan analisa dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari internet. Dengan banyak informasi yang kita ketahui maka kita dapat menyusun strategi untuk memenangkan persaingan bisnis.

Bagi anda yang masih belum memiliki ide bisnis yang laku setiap hari maka berikut adalah macam-macam jenis usaha yang menjanjikan :

1. Berjualan sayur-sayuran keliling

bisnis yang laku

Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang sering di konsumsi setiap hari oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan dari fakta ini tentunya ini menjadi peluang bisnis untuk berjualan sayuran. Karena sering di konsumsi setiap hari tentunya berjualan sayuran merupakan bisnis yang pasti lakukan tiap hari.

Modal yang di butuhkan untuk berjualan sayuran tergolong kecil dan dapat di jadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan.

Cara yang paling mudah untuk berjualan sayuran adalah dengan berjualan keliling. Anda dapat memasuki komplek atau wilayah yang padat dan jauh dari pasar tradisional.

Jika anda memiliki tempat yang sangat strategis maka anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk berjualan sayuran. Tentunya cara kedua ini terbilang sangat efektif karena anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk berkeliling.

Kedua cara di atas dapat anda lakukan dengan menyesuaikan dengan potensi pasar dan juga ketersediaan modal yang di miliki.

Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan untuk berjualan sayuran :

  • Memilih jenis sayuran yang cepat laku
  • Selalu menjual sayuran berkualitas
  • Menjaga kebersihan sayurang yang di jula
  • Memasang harga yang wajar dan tidak terlalu mahal
  • Memberikan pelayanan yang ramah
  • Menjual dengan kemasan yang rapi dengan cara mengikat atau di masukkan dalam plastik

Selain beberapa poin diatas anda juga harus memiliki buku catatan untuk membantu mengelola bisnis.

Baca juga | Peluang Usaha Kecil Kecilan yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

2. Peluang usaha Barbershop

jenis usaha kecil

Peluang usaha potong rambut merupakan bisnis modal kecil dengan keuntungan yang besar. Bisnis ini merupakan jenis usaha yang terbilang sudah ada sejak dulu dan selalu memiliki permintaan yang banyak.

Hampir setiap orang membutuhkan jasa potong rambut karena memotong rambut tidak mungkin dilakukan sendiri.

Peluang usaha potong rambut yang sedang trend saat ini adalah barnershop atau tempat cukur pria. Perkembangan barbershop ini di karenakan banyak pria yang merasa canggung dan enggan potong rambut di salon. Sehingga banyak pria memilih barbershop sebagai alternatif untuk memotong rambut.

Untuk memulai usaha barbershop anda harus mempersiapkan peralatan seperti mesin cukur, guntung, sisir, kursi, kaca besar, meja rias, dll. Modal yang dibutuhkan untuk memulai barbershop tidak terlalu besar.

Usaha jenis ini juga mudah untuk dilakukan terutama bagi anda yang memiliki skil pangkas rambut. Bagi anda yang tidak memiliki kemampuan pangkas rambut anda dapat menerima karyawan yang memiliki keahlian.

Namun kelemahan usaha ini adalah persaingan bisnis barbershop tergolong sangat banyak. Persaingan usaha ini tidak hanya dengan sesama barbershop tapi juga tukang cukur dan salon.

3. Peluang usaha laundry

jenis usaha yang menguntungkan

Bisnis laundry saat ini merupakan peluang usaha sedang tren saat ini terutama di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan mencuci pakaian kotor merupakan pekerjaan yang selalu dilakukan setiap hari. namun saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut. Tentunya ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan untuk membuka usaha laundry.

Salah satu kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat.

Sebelum anda memulai usaha laundry sebaiknya anda juga melakukan analisa potensi pasar. Dengan melakukan analisa potensi pasar maka anda dapat menyusun strategi usaha anda. Jika lokasi usaha anda terdapat banyak kompetitor maka anda dapat mempelajari kelebihan dan kelemahan mereka. Jika di rasa kompetitor berat maka sebaiknya anda mencari lokasi usaha lain yang memiliki persaingan yang lebih sedikit.

Setelah anda memiliki tempat usaha yang strategis maka selanjutnya anda harus mempersiapkan peralatan laundry yang berkualitas. Dengan memiliki alat laundry yang berkualitas maka hasil cuci anda juga akan menjadi lebih baik.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan strategi pemasaran yang menarik dan unik. Anda dapat menyebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat suaha anda atau juga anda dapat memberikan harga promosi yang menarik.

Baca juga | Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan Saat Ini

4. Jual pulsa dan kuota internet

macam-macam usaha

Jual pulsa dan kuota internet merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini. Bahkan pulsa dan kuota internet telah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat modern. Hal ini di karenakan kehidupan di era digital berbagai hal dapat dilakukan dari membeli barang, memesan tiket pesawat, memesan hotel bahkan berbisnis secara online.

Melihat banyak orang yang menggunakan handphone dan internet tentunya dapat menjadi peluang bagi anda untuk membuka usaha jualan pulsa dan kuota internet. Untuk berjualan pulsa dan kuota internet dapat menjadi agen pulsa, server pulsa atau jual pulsa eceran.

Untuk mengembangkan usaha jualan pulsa dan kuota internet maka anda dapat melengkapi dengan usaha berjualan asesoris Handphone, jualan token listrik PLN dan jual kartu perdana. Dengan melengkapi usaha jualan pulsa dengan usaha lain tentunya dapat meningkatkan keuntungan anda.

5. Peluang usaha cuci mobil dan motor

peluang usaha cuci mobil dan motor

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan saat ini adalah bisnis cuci mobil dan motor. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar.

Usaha cuci mobil dan motor juga memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya.

Hal paling penting agar kendaraan tersebut terawat adalah dengan mencuci. Walau terlihat sepele namun banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka secara rutin. Oleh sebab itu banyak pemilik kendaraan tersebut mencuci di tempat cuci mobil dan motor.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi anda.

Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini anda dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah anda berada di tempat strategis maka anda dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah anda.

Baca juga | Peluang Usaha Terbaru Dan Terlaris Di Masa Depan

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak macam-macam jenis usaha dan bisnis yang laku setiap hari selain peluang usaha diatas. Namun jenis usaha di atas merupakan peluang bisnis yang populer dan mudah di lakukan.

Anda harus jeli melihat peluang usaha yang menjanjikan di lingkungan sekitar dengan memanfaatkan berbagai informasi yang tersedia.

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam jenis usaha dan bisnis yang laku setiap hari.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *