Macam-macam resiko usaha

Macam-Macam Resiko Usaha Dalam Manajemen Resiko

Posted on

Macam-macam resiko usaha – Resiko usaha dapat didefiniskan sebagai kemungkinan kejadian dan diantaranya dapat menyebabkan kerugian bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan.

Disinilah pentingnya manajemen resiko untuk mengidentifikasi apa saja yang salah, mengevaluasi resiko yang harus ditangani serta menerapkan strategi untuk menghadapi resiko tersebut.

Macam-macam resiko usaha

Macam-macam risiko usaha

Dengan mengidentifikasi resiko terlebih dahulu maka bisnis anda akan lebih siap dan memiliki cara untuk menghadapi resiko tersebut.

Jenis resiko yang dapat mengakibatkan kerugian maka dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu resiko murni (Pure Risk) dan resiko spekulatif (Speculative Risk).

Berikut ini penjelasannya :

1. Resiko murni

resiko murni adalah resiko yang terjadi dan pasti dapat mengakibatkan kerugian dan bila resiko tersebut tidak terjadi maka tidak menimbulkan kerugian atau keuntungan.

Dengan terjadinya resiko murni ini dapat menimbulkan beberapa kondisi bagi perusahaan yaitu kerugian, kebangkrutan atau impas.

Jenis resiko murni dapat di bagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu

a. Resiko aset fisik

Pengertian resiko aset fisik adalah resiko yang dapat menimbulkan kerugian pada aset perusahaan seperti banjir, kebakaran, gempa, dll.

b. Resiko karyawan

Arti dari resiko karyawan adalah resiko yang ditimbulkan oleh karyawan yang ada di perusahaan seperti kecelakaan kerja, karyawan sakit, dll.

c. Resiko legal

Resiko legal dapat ditimbulkan karena kontrak yang tidak berjalan dengan perencanaan. Contohnya terjadinya pelanggaran kontrak antara perusahaan sehingga dapat berakibat kerugian.

Baca juga | Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan Dan Fungsinya

2. Resiko spekulatif

Resiko spekulatif merupakan resiko yang memiliki dua kemungkinan yaitu kerugian atau keuntungan.

Terdapat 4 (empat) jenis resiko spekulatif yaitu :

a. Resiko pasar

Resiko pasar adalah resiko yang timbul karena perubahan harga pasar seperti nilai harga saham yang selalu mengalami pergerakan dan dapat menimbulkan kerugian jika harganya turun.

b. Resiko kredit

Timbulnya resiko ini diakibatkan dari gagalnya perusahaan untuk memenuhi kewajibannya kepada perusahaan lain misalkan saja kredit macet.

c. Resiko likuiditas

Ketidakmampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan kas dapat disebut dengan resiko likuiditas.

Contohnya jumlah kas yang terbatas sehingga perusahaan tidak mampu membayar hutang dengan tepat waktu.

Hal ini dapat membuat perusahaan harus menjual aset-aset yang dimilikinya untuk memenuhi kewajibannya.

Baca juga | Pengertian manajemen risiko, Tahapan, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

d. Resiko operasional

Resiko ini adalah resiko yang diakibatkan dari kegiatan operasional yang tidak berjalan dengan baik sepeti produser operasional dan administratif bisnis.

Untuk mengatasi resiko ini maka anda harus selalu memerikasi operasional secara bergantian, memprioritaskan resiko dan membuat standar ketentuan untuk menghadapi resiko tersebut.

Selain jenis resiko  diatas, macam-macam resiko usaha dapat di bagi juga berdasarkan kontrolnya.

Berikut adalah 2 (dua) macam resiko berdasarkan kontrolnya, yaitu :

1. Resiko yang dapat dikendalikan

Resiko yang dapat dikendalikan merupakan jenis resiko yang masih bisa diatasi atau dikendalikan sebelum perusahaan mengalami kerugian.

Biasanya jenis resiko ini dapat diprediksi dan diduga sebelumnya sehingga perusahaan masih dapat untuk mengendalikannya.

Ketika menghadapi resiko ini maka perusahaan harus segera mencari tahu penyebab dari timbulnya resiko yang ada.

Mereka harus segera melakukan perbaikan terhadap penyebab resiko yang timbul atau menghilangkan penyebab tersebut dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Baca juga | Faktor Keberhasilan Wirausaha Secara Umum Bagi Pebisnis

2. Resiko yang tidak dapat dikendalikan

Jenis resiko ini merupakan jenis resiko yang tidak dapat diprediksi dan diduga sebelumnya sehingga jenis resiko ini tidak bisa dikendalikan oleh perusahaan.

Contoh resiko yang tidak dapat dikendalikan diantaranya penipuan, kebakaran, bencana alam atau kejadian-kejadian yang tidak seorangpun menginginkannya.

Mau tidak mau maka perusahaan harus menghadapi jenis resiko ini dan harus menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Demikianlah pembahasan Macam-macam resiko usaha dalam manajemen resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *