macam-macam usaha franchise

Macam-macam Usaha Franchise (Waralaba) yang Wajib Di Ketahui

Posted on

Ada Terdapat macam-macam Usaha franchise yang tersedia sebelum anda memulai bisnis waralaba dan mencakup jenis usaha yang berbeda.

Macam-macam Usaha waralaba

Untuk membantu anda untuk memilih jenis franchise berikut adalah macam-macam usaha franchise yang populer saat ini :

1. Franchise ritel

macam-macam bisnis franchise

Franchise ritel merupakan jenis franchise yang populer saat ini yang menyediakan produk atau jasa layanan bagi pelanggan.

Brand dari franchise ritel harus sudah mapan serta terbukut dengan produk dan jasa layanan yang dapat memberikan pendapatan dari pembelian pelanggan.

Jenis franchise ini dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita seperti bisnis di bidang teknologi, makanan, pendidikan, jasa layanan, dll.

Bisnis waralaba ritel biasanya membutuhkan tempat dan basis pelanggan yang tepat untuk menciptakan penjualan produk atau layanan pelanggan melalui karyawan mereka.

Jenis waralaba ini membutuhkan investasi modal yang cukup besar seperti sewa tempat, biaya operasional dan biaya untuk pengembangan nilai brand.

Baca juga | Pengertian Franchise (Waralaba) Serta Keuntungan Franchise

2. Franchise manajemen

macam-macam franchise

Waralaba manajemen lebih cenderung pada pekerjaan yang berbasis kantor dan bekerja sama dengan bisnis atau organisasi untuk menyediakan produk atau jasa layanan.

Franchise jenis ini biasanya dijalankan dari kantor pusat regional dan  melibatkan manajemen serta koordinasi sekelompok operator atau penyedia layanan dan produk.

Jenis waralaba ini dapat berupa waralaba manual seperti penyedia layanan atau waralaba eksekutif seperti pelatihan dan pendidikan.

Waralaba ini biasanya tidak berurusan langsung dengan konsumen dan penerima produk atau layanan.

Dalam franchise jenis ini, Franchisee akan bertanggung jawab terhadap pemasaran dan manajemen bisnis kemudian staf akan bertanggung jawab atas penjualan produk atau penyediaan layanan.

Jenis franchise ini sebaiknya dijalankan oleh seseorang yang telah memiliki pengalaman manajemen dan kemampuan untuk bekerja sama dengan sejumlah staff.

Oleh sebab itu bisnis waralaba manajemen membutuhkan staff yang berpengalaman dibidang administrasi dan berurusan dengan sejumlah bisnis yang ditetapkan.

Waralaba ini juga membutuhkan beberapa keterampilan pemasaran sehingga dapat menciptakan minat atas jasa layanan yang ditawarkan pada pelanggan potensial.

Baca juga | Pengertian Franchise (Waralaba) Serta Keuntungan Franchise

3. Franchise investasi

usaha franchise

Waralaba jenis ini biasanya membutuhkan investasi keuangan dalam jumlah signifikan kedalam bisnis tanpa harus bekerja langsung di dalam bisnis.

Franchise ini biasanya bekerja dalam peran manajerial dan penasehat daripada terlibat langsung dalam operasional.

Untuk menjalankan usaha franchise ini sebaiknya memiliki pengalaman dalam mengelola tim besar.

Beberapa contoh usaha franchise investasi diantaranya hotel, restoran atau toserba.

Franchisee sering disebut sebagai investor korporat dan akan mendelegasikan jalannya bisnis kepada tim eksekutif.

Dengan demikian Franchisee akan mempekerjakan tim manajer untuk memastikan kelancaran usaha franchise mereka dan tidak harus bekerja sendirian.

Baca juga | Macam-Macam Jenis Usaha Dan Bisnis yang Laku Setiap Hari

4. Franchise Operator Tunggal

macam usaha franchise

Franchise operator tunggal adalah jenis waralaba yang melibatkan satu operator untuk menjual produk atau menyediakan layanan dalam perdagangan atau industri tertentu.

Dalam jenis franchise ini, pemilik akan memberikan nama brand atau merek dagang bersama dengan peralatan, seragam dan strategi pemasaran yang relevan agar Franchisee dapat menjual produk atau memberikan layanan yang standar.

Franchise operator tunggal biasanya akan terlibat langsung dengan bisnis dan biasanya bekerja pada jam kerja standar kantor.

Investasikan yang dibutuhkan untuk jenis waralaba ini tergolong kecil sehingga franchise ini sangat cocok dijalankan sebagai usaha rumahan atau pebisnis yang baru memulai usaha.

Demikianlah pembahasan tentang Macam-macam Usaha Franchise (Waralaba) yang Wajib Di Ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *