manajemen karir adalah

Manajemen Karir Adalah, Pengertian, Dasar dan Proses

Posted on

Secara umum, manajemen karir adalah proses pengelolaan karir karyawan yang dapat meliputi perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir serta pengambilan keputusan karir.

Manajemen karir dapat melibatkan pihak-pihak termasuk karyawan yang terkait dengan unit tempat mereka bekerja dan organisasi secara keseluruhan.

Didalam menjalankan manajemen karir, setiap organisasi atau perusahaan dapat berlainan seperti terdapat organisasi dengan sistem manajemen karir yang kaku, otoriter dan tertutup.

Terdapat pula manajemen karir yang dijalankan dengan secara terbuka, partisipatif dan demokratis.

Dengan adanya manajemen karir ini maka dapat membantu setiap individu melakukan perencanaan karirnya dan juga pengembangan kegiatannya untuk menjamin perencanaan karirnya telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Perencanaan dan pengembangan karir ini bukan hanya dapat menjamin kesuksesan karir karyawan tapi juga ditujukan agar dapat membantu karyawan untuk menjalankan pekerjaan, tugas serta keputusan karir baik itu didalam atau juga diluar perusahaan.

Hal ini akan membuat karyawan akan dituntut untuk menjalankan kontrol pada karir mereka sehingga tanggung jawab pengembangan karir akan berpindah dari perusahaan pada kemampuan individu dalam mengembangkan karirnya.

Baca juga | Pengertian Seleksi Karyawan, Tujuan serta Proses Seleksi

Pengertian Manajemen Karir Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian manajemen karir menurut para ahli :

Gutteridge (1976)

Menurut Gutteridge, pengertian manajemen karir adalah sebuah proses organsiasi melakukan penyesuaian minat karir seseorang dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan.

Greenhaus (1987)

Menurut Greenhaus, pengertian manajemen karir adalah proses seseorang dalam mengumpulkna informasi terkait dengan nilai, minat, kelebihan dan kekurangan, mengidentifikasikan tujuan karir, melaksanakan strategi karir yang dapat meningkatkan peluang tujuan karirnya dapat tercapai.

Baca juga | Apa itu HRD ? dan Syarat menjadi HRD Dalam Perusahaan

Dasar Manajemen Karir

Secara umum, dasar manajemen dalam karir dapat terbagi menjadi 3 (tiga) dasar yaitu :

  • Manajemen karir : Segala upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola pergerakan karir karyawan sesuai dengan jabatan yang ada.
  • Pengembangan karir : segala upaya yang dilakukan secara berkelanjutan baik itu dari perusahaan atau individu agar memperbesar peluang kesempatan karir dan kesadaran pada tujuan karir yang ingin dicapai.
  • Perencanaan karir : cara-cara yang akan dilakukan oleh individu untuk mengarahkan karirnya dengan cara yang bisa memberikan kepuasan kepada individu.

Baca juga | Pengertian Disiplin Kerja Adalah, Jenis, Tujuan Dan Indikator

Proses Manajemen Karir

Manajemen karir secara luas dapat terdiri dari semua aktivitas yang terkait dengan pekerjaan karyawan.

Dalam kegiatan manajemen karir dapat dimulai dari proses perekrutan karyawan, penyeleksian, penempatan, kompensasi, pelatihan dan pengembangan hingga pada tahapan PHK atau pemensiunan karyawan.

Dapat dikatakan bahwa manajemen karir dapat terdiri dari semua proses yang terkait dengan karyawan dan pekerjaan yang diberikan kepadanya.

Bahkan manajemen karir ini dapat menjangkau hal yang bersifat kualitatif sehingga akan sulit diukur seperti keinginan dan harapan para karyawan kepada pekerjaannya.

Oleh sebab itu, Walker (1980) menyatakan bahwa manajemen karir bisa menyatukan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan karyawan karena perusahaan memiliki rencana dan, tujuan.

Dilain pihak, parakaryawan juga akan memiliki rencana dan tujuan yang ingin dicapai dan telah menjadi sifat manusia bila tidak terkait dengan karirnya maka tidak penting bagi mereka.

Baca juga | Pengertian Manajemen Perusahaan Adalah, Tujuan dan Fungsi

Kesimpulan

Pada dasarnya, manajemen karir ditujukan untuk membantu individu dalam merencanakan karirnya dan mengembangkan karirnya untuk kebutuhan organisasinya.

Perencanaan dan pengembangan karir yang disediakan perusahaan tidak hanya berguna bagi perusahaan tapi dapat bermanfaat bagi individu.

Demikianlah pembahasan tentang Manajemen Karir Adalah, Pengertian, Dasar dan Proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *