pengertian manajemen waktu

Pengertian Manajemen Waktu Serta Fungsi, Manfaat Dan Tujuan

Posted on

Pernahkah anda bertanya tentang apakah pengertian manajemen waktu ?

Banyak orang yang menghabiskan waktu hidupnya dengan tidak terorganisir sehingga menghambat mereka untuk mengeksplorisi seluruh potensi yang dimiliki.

Pada saat ini masih orang yang merasa tidak pernah cukup dengan waktu yang mereka miliki. Padahal setiap orang mendapatkan yang sama yaitu 24 jam.

Tapi mengapa banyak orang bisa memiliki waktu yang lebih banyak dibanding dengan orang lain ?

Jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan ini adalah pada manajemen waktu.

Manajemen waktu merupakan sebuah pembahasan yang sangat luas yang mencakup berbagai wilayah aktivitas anda sehari-hari hingga tujuan jangka panjang.

Seberapa efektifkah anda memanajemen waktu anda dalam sehari ?

Pengertian manajemen waktu

manajemen waktu

Pada umumnya manajemen waktu selalu berkaitan denga npengembangan proses dan alat untuk meningkatkan efisiesi dan produktivitas pada hal yang di inginkan terutama di dalam bisnis.

Namun pada saat ini definisi dari manajemen waktu telah diperluas hingga mencakup pada kehidupan pribadi ataupun kehidupan kita.

Dengan menggunakan manajemen waktu yang tepat maka seharusnya dapat meningkatkan keseimbangan kerja kita dan kebahagian kita secara umun.

Manajemen waktu adalah proses pengorganisasian dan perencanaan untuk membagi waktu anda di antara aktivitas tertentu.

Dengan menggunakan manajemen waktu yang tepat akan membantu anda untuk bekerja lebih cerdas dan tidak sulit untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Bahkan anda dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan yang tinggi sehingga anda dapat terhindar dari stres.

Manajemen waktu membutuhkan perencanaan kegiatan dan tugas anda yang maksimal agar mreka saling melengkapi sehingga penggunaan waktu akan menjadi lebih baik.

Pengertian manajemen waktu juga dapat di definisikan sebagai keterampilan yang dapat membantu kita lebih teroganisir, efisien dan bahagia.

Beberapa ketermapilan yang harus di miliki dalam manajemen waktu diantaranya :

  1. Menetapkan tujuan
  2. Perencanaan
  3. Skala prioritas
  4. Pengambilan keputusan
  5. Pendelegasian
  6. Penjadwalan

Baca juga | Macam-Macam Manajemen Serta Penjelasannya Secara Singkat

Pengertian manajemen waktu menurut para ahli

definisi manajemen waktu

Banyak para ahli yang menjelaskan bahwa manajemen waktu adalah sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta penggerak produktuvitas waktu yang masih berhubungan dengan pekerjaan.

Manajemen waktu juga terkait dengan cara mengatur dan merencanakan waktu yang akan anda habiskan untuk aktivitas tertentu.

Beberapa pengertian manajemen waktu menurut pada ahli :

  • Widyawati : kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan serta melaksanakan tanggung jawab individu untuk kepuasan individu itu sendiri
  • Atkinson : Sebuah keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencanan agar personal tersebut dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  • Orr : Kemampuan dalam menggunakan waktu secara efisien dan efektif untuk memperoleh manfaat maksimal.
    Manfaat manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan hal yang tidak boleh diabaikan oleh seorang yang ingin membangun bisnis bahkan harus menjadi pondasi utama untuk mencapai target.

Pentingnya menggunakan manajemen waktu bagi sebuah organisasi karena dapat membantu organisasi atau individu untuk menentukan prioriass berdasarkan urgensi sebuah aktivitas.

Selain itu penggunaan manajemen waktu dapat mencegah setiap individu untuk menunda pekerjaan dan juga dapat mengatur waktu pekerjaan agar tidak berbenturan satu sama lainnya.

Manjemen waktu juga dapat membantu evaluasi terhadap hasil semua pekerjaan individu atau organisasi.

Manfaat dari manajemen waktu bagi individu diantaranya :

  • Dapat meningkatkan produktivas dan efisiensi.
  • Menjadikan reputasi profesional anda menjadi lebih baik.
  • Mengurangi tingkat stres.
  • Memberi kesempatan anda untuk maju.
  • Memberikan kesempatan anda untuk mencapai tujuan hidup.

Jika anda tidak dapat mengatur secara efektif memiliki akibat berikut :

  • Kualitas kerja menjadi buruk.
  • Aliran kerja menjadi tidak efisien.
  • Reputasi profesional menjadi lebih buruk.
  • Meningkatkan stress.
  • Tidak dapat mengatur jam kerja dengan tepat.

Dengan menggunakan manajemen waktu yang tepat maka akan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari bagi organisasi atau invividu diantaranya :

1. Semua pekerjaan akan tertata dengan rapi

Dengan mengelola waktu dengan tepat tentunya akan menjadikan setiap pekerjaan yang dilaksanakan akan tertata dengan rapi.

Hal ini dikarenakan semua pekerjaan akan dilaksanakan tanpa tergesa-gesa sehingga dapat memaksimalkan hasil pekerjaan.

2. Mempercepat pekerjaan

Pada saat anda telah mengelola waktu dengan tepat maka akan membantu anda untuk mepercepat pekerjaan dan segala urusan. Hal ini dikarenakan anda tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaaan yang sudah di berikan kepada setiap individu.

3. Meningkatkan kedisiplinan diri

Dengan mengelola waktu tentunya anda akan menjadi lebih disiplin dalam menyelesaikan semua pekerjaan. Anda tidak akan lagi mencoba untuk menunda pekerjaan karena anda telah memiliki manajemen waktu.

4. Membuat individu menjadi lebih bertanggung jawab.

Pengelolaan waktu yang tepat dapat membuat seseorang menjadi lebih bertanggung jawab atas semua tugas yang telah di embankan kepadanya.

Mereka akan berusaha untuk mengerjakan pekerjaannya dengan penuh rasa tanggung jawab agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Baca juga | Pengertian Manajemen

Tips manajemen waktu

contoh manajemen waktu

Waktu merupakan hal yang sangat berharga di dalam menjalankan bisnis namun waktu memiliki keterbatasan (24 jam dalam sehari).

Beberapa pebisnis merespon hal tersebut dengan fokus pada tujuan dan pebisnis yang lain terlihat panik untuk menanggapi hal ini.

Untuk mengantisipasi kepanikan yang timbul maka di butuhkan manajemen waktu sehingga anda dapat meraih kesuksesan.

Berikut adalah beberapa tips manajemen waktu yang efektif :

1. Memiliki tujuan yang jelas

Hal terburuk dalam manajemen waktu adalah ketika anda tidak mengenali tujuan anda dengan jelas. Coba anda bayangkan ketika anda bekerja tidak memiliki tujuan yang jelas dan juga tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan.

Tentunya waktu yang anda miliki akan dihabiskan untuk berpikir untuk mencari tujuan dan merencanakan aktivitas anda.

Untuk mengenali tujuan anda maka pastikan anda selalu terlibat dengan seluruh aktiitas yang dapat mendukung tercapai tujuan bisnis anda baik tujuan jangka panjang maupun pendek.

Dengan mengenali tujuan anda maka anda akan mengetahui hal-hal yang potensial sehingga anda dapat menentukan tujuan yang tepat.

2. Membuat skala prioritas

Ketika anda memulai bisnis tentunya anda akan dihadapkan pada aktivitas pekerjaan yang akan menyita waktu anda.

Dengan banyaknya pekerjaan tersebut sering membuat waktu kita terasa kurang untuk menyelesaikannya.

Banyaknya pekerjaan itu maka anda harus membuat skala prioritas agar semua pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Beberapa kategori skala prioritas berdasarkan seberapa penting dan mendesaknya pekerjaan anda.

  • Penting dan mendesak – Tugas yang harus dilakukan secepat mungkin
  • Penting tetapi tidak mendesak – Tugas yang penting tapi untuk pemeriksaan tidak harus dalam waktu yang cepat. Sehingga anda dapat menentukan waktu untuk melakukan pemeriksaan.
  • Mendesak tapi tidak penting – Tugas ini tergolong harus dilakukan tapi sebenarnya tidak mempengaruhi keberhasilan dan tidak menambah nilai apapun. Untuk kategori ini maka anda dapat mendelegasikan tugas ini pada orang lain.
  • Tidak tidak mendesak dan tidak penting – Tugas ini dapat anda prioritaskan pada level bawah. Terkadang kategori inilah yang membuat anda sibuk tapi tidak memberi nilai apapun terhadap pekerjaan anda.

Berdasarkan dari beberapa kategori skala prioritas tersebut maka anda harus mendahulukan pekerjaan yang penting dan mendesak terlebih dahulu.

Buatlah list pekerjaan-pekerjaan berdasarkan skala prioritas sehingga anda dapat memiliki waktu yang banyak untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

3. Berani mengatakan tidak

Setelah anda telah menentukan skala prioritas maka anda harus berani untuk mengatakan tidak ketika mendapatkan tugas yang tidak prioritas.

Anda juga harus mengatakan tidak terhadap tugas-tugas yang tidak mengarahkan pada tujuan utama. Dengan tetap fokus pada tugas-tugas yang prioritas dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas dengan baik.

Dengan demikian anda akan belajar untuk disiplin dan tetap fokus pada tujuan.

4. Jangan menunda pekerjaan

Kesalahan yang banyak dilakukan ketika bekerja adalah menunda pekerjaan. Tentunya hal ini akan memperlambat anda untuk menyelesaikan pekerjaan atau target yang telah anda tetapkan.

Oleh sebab itu anda harus membiasakan diri untuk tidak menunda pekerjaan sehingga anda dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang sudah di tetapkan.

5. Mendelegasikan tugas

Jika anda memiliki rekan kerja atau karyawan yang berbakat maka anda dapat mendelegasikan beberapa tugas untuk meringankan pekerjaan anda.

Dengan mendelegasikan beberapa tugas anda maka anda dapat lebih fokus pada hal-hal penting lainnya.

Oleh sebab itu anda harus mencari cara yang tepat untuk mendelegasikan tugas anda kepada tim.

6. Jangka kesehatan

Tips terakhir yang harus anda lakukan adalah tetap menjaga kesehata dengan cukup tidur dan berolahraga.

Baca juga | Prinsip Manajemen Waktu Untuk Mengelola Waktu Dengan Efisien

Kesimpulan

Pada saat ini masih banyak orang yang tidak mampu untuk mengelola waktu yang mereka miliki. Padahal setiap waktu yang berjalan terlalu berharga jika kita tidak mengelolanya dengan baik.

Apabila anda dapat mengelola waktu dengan baik tentunya dapat berdampak positif bagi kehidupan. Dan sebaliknya jika anda tidak mampu mengelola waktu dengan baik maka akan berdampak negatif bagi kehidupan anda.

Dengan kita membahas tentang Pengertian manajemen waktu serta fungsi, manfaat serta tujuan dari time management tentunya anda dapat mengetahui pentingnya untuk mengelola waktu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *