manfaat media sosial

Manfaat Media Sosial dan Dampak Negatif Untuk Bisnis

Posted on

Manfaat Media Sosial – Pada dasarnya, media sosial adalah media untuk bersosialisasi, berinteraksi dan juga untuk menarik orang lain untuk melihat informasi tentang produk, dll.

Media sosial sendiri menggunakan web yang mengubah komunikasi menjadi dialog yang inteaktif
Dan pada saat ini, media sosial telah menjelma menjadi sarana pemasaran yang paling mudah dan murah bagi pebisnis.

Banyak perusahaan besar melakukan promosi produk mereka dengan mengandalkan media sosial dan juga ditujang dengan website perusahaan untuk menampilkan profil perusahaan secara lengkap.

Baca juga | Pengertian Media Sosial, Jenis, Ciri-Ciri dan Fungsi

Manfaat Media Sosial

dampak media sosial

Media sosial telah menjadi bagian dari sistem relasi koneksi dan juga sarana komunikasi.

Berikut adalah beberapa manfaat media sosial :

1. Sarana untuk belajar, mendengar dan menyampaikan

Pada saat ini, pola pembelajaran telah mengalami pembahruan dimana sistem pembelajaran sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran penting didalam pola pembelajaran dimana teknologi tersebut dapat dijadikan saran penghubung dalam proses transfer ilimu pengetahuan tanpa harus menghilangkan proses pembelajaran secara langsung di kelas.

Penggunaan teknologi ini didalam proses pembelajaran ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas mutu peserta didik.

Media sosial dapat dipergunakan oleh penggunanya sebagai sarana untuk belajar dengan berbagai informasi dan data yang terdapat didalamnya.

Selain itu juga media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada pengguna lainnya.

Oleh sebab itu, bila media sosial dapat dimanfaatkan dengan positif maka media sosial dapat dijadikan sebagai ensklipedia dunia yang dapat tumbuh dengan cepat.

Pengguna media sosial harus dapat kritis, menganalisa dan bijaksana didalam menggunakan media ini agar terhindar dari kesalahan dalam memberi atau menerima informasi.

2. Sarana dokumentasi, administrasi dan integrasi

Media sosial dapat dikatakansebagai tempat untuk mendokumentasikan berbagai konten dari profil, informasi, rekaman peristiwa hingga hasil kajian.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, organisasi atau perorangan dengan membuat peraturan dan pelatihan untuk memaksimalkan fungsi media sosial untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Sarana perencanaan strategi

Media sosial dapat dijadikan sebagai senjata bagi perusahaan untuk melakukan promosi, mencari pelanggan, menghimpun pelanggan loyal, meneliti pasar atau mendapatkan respon dari masyarakat.

Calon pelanggan atau pelanggan dapat diarahkan pada media sosial sebagai domain penggunannya.
Sarana kontrol dan evaluasi

Manfaat media sosial selanjutnya adalah sebagai sarana untuk melakukan kontrol terhadap organisasi dan juga mengevaluasi berbagai rencana atau strategi yang telah dijalankan.

Di dalam media sosial, pihak manajemen melihat respons pasar sehingga dapat dijadikan sebagai alat ukur atau parameter dalam proses evaluasi.

Oleh sebab itu, media sosial dapat dijadikan sebagai senjata ampuh dalam mempengaruhi masyarakat atau publik.

Baca juga | Strategi Promosi Melalui Sosial Media yang Efektif dan Efisien

Kelebihan Media Sosial

Kelebihan Media Sosial

Menurut Taprial & Kanwar (2012:29) sosial media mempunyai berbagai keunggulan yang menjadikannya lebih kuat dibandingkan media tradisional :

Accessibility

Kelebihan media sosial yang pertama adalah mudah untuk diakses karena memerlukan sedikit atau tidak ada biaya sama sekali dalam penggunaanya.

Sosial media juga mudah dalam penggunaannya, tidak membutuhkan keahlian khusus serta pengetahuan dalam penggunaannya.

Selain itu sosial media juga sangat mudah untuk menjalin komunikasi dengan orang lain dan untuk menjadi bagian dari sebuah komunitas.

Oleh karena itu, siapa saja yang memiliki akses online data dapat memulai untuk berpartisipasi dalam percakapan.

Speed

Konten yang dibuat di dalam media sosial bisa tersedia bagi setiap orang yang berada di dalam jaringan, forum, atau komunitas ketika diterbitkan.

Selain itu sosial media digunakan untuk berkomunikasi dengan pembaca tanpa adanya faktor eksternal yang memperngaruhi penyampaian pesan.

Segala tanggapan kita dapat disampaikan secara instan dan hampir sama dengan kehidupan nyata.

Interactivity

Media sosial dapat digunakan untuk menampung dua atau lebih saluran komunikasi.

User juga dapat berinteraksi satu sama lain, mengajukan pertanyaan, melakukan diskusi tentang produk dan jasa, memberikan opini atau apa saja yang mungkin membuat orang tertarik untuk melakukannya.

Longevity / Volativity

Konten pada sosial media tetap dapat diakses pada dalam jangka waktu yang cukup lamm atau bahkan selamanya.

Isi konten juga dapat diubah atau di perbaharui setiap saat sehingga user dapat memberikan tanggapan terhadapt komentar positif dan menghapus kapan saja komtentar yang tidak relevan atau negatif.

Reach

Jaringan Internet saat ini dapat menawarkan jangkauan yang tidak terbatas atas seluruh konten yang tersedia.

Siapa pun dapat mengaksesnya konten dari mana saja dan siapa saja dapat menjangkaunya.

Media sosial juga memberikan fasilitas yang sama bagi seluruh user yang dapat berbagi dengan siapa pun yang mereka sukai.

Baca juga | Kelebihan Dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak Negatif Media Sosial

Berikut adalah beberapa dampak negatif media sosial :

  • Salah satu dampak negatif dari media sosial adalah membuat jauh orang yang sudah dekat ataupun sebaliknya karena pengguna media sosial cenderung mengabaikan orang-orang di sekitar.
  • Mudahnya orang-orang untuk berinteraksi di media sosial membuat mereka semakin malas untuk bertemu langsung atau bertatap muka.
  • Kepraktisan dalam mengguna sosial membuat orang-orang menjadi kencanduan dan ketergantungan terhadap media sosial.
  • Di media sosial, user tidak dapat menyeleksi orang yang yang yang berada di dalam lingkaran sosial sehingga user rentan terhadap pengaruh negatif.
  • Konten apapun yang kita unggah dimedia sosial dapat dengan mudah di akses orang lain sehingga hal ini dapat membuat permasalah privasi.

Karena siapapun dapat mengakses media sosial dan bebas untuk berpendapat maka hal ini membuat media sosial rentan terjadi konflik.

Kesimpulan

Media sosial merupakan media online dimana penggunanya dapat dengan mudah untuk berpartisipasi, berbagai ataupun menciptakan konten.

Banyak manfaat media sosial yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam berinteraksi dengan banyak orang, memperluas jaringan pergaulan dan juga membuat jarak dan waktu tidak terlihat lagi batasnya.

Namun dampak media sosial juga memiliki dampak negatid seperti semakin berkurangnya interaksi tatap muka, kecanduan sosial media. dll.

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat Media Sosial dan Dampak Negatif Untuk Bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *