mindset bisnis

7 Mindset Bisnis Online yang Harus Dimiliki agar Sukses

Posted on

Perkembangan teknologi internet yang pesat saat ini membuat banyak hal dapat kita temukan di dunia maya. Bahkan saat ini semua orang dapat melakukan transaksi jual beli, promosi produk ataupun menawarkan jasa.

Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk memulai berbisnis online. Walau terlihat mudah namun menjalankan bisnis online bukanlah perkara yang mudah. Bahkan banyak yang menyebutkan hampir 90 % pebisnis online pemula mengalami kegagalan.

Mengapa ini terjadi?

Alasan paling utama terjadi kegagalan tersebut adalah banyak pemula yang menginginkan kesuksesan yang instan sehingga ketika mengalami permasalahan mereka mudah untuk menyerah.

Untuk membangun bisnis online yang sukses tidak dapat dicapai dengan cara yang mudah. Di butuhkan kesabaran dan keseriusan dalam menjalankannya.

Bagi anda yang ingin mencari uang dari internet maka hal pertama yang harus anda tanamkan adalah memiliki mindset orang yang sukses atau pola pikir bisnis yang benar.

Untuk memiliki mindset bisnis yang benar merupakan pondasi utama yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online.

Untuk membangun mindset yang benar dibutuhkan proses yang tidak mudah dan kesabaran dan pengorbanan yang tidak sedikit.

Baca juga | Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses Dengan 5 Langkah Paling Mudah

Pengertian mindset bisnis

Pengertian mindset dapat didefiniskan sebagai cara berpikir atau kepercayaan seseorang yang dapat mempengaruhi prilaku dan sikap yang pada akhirnya dapat menentukan keberhasilan atau kesuksesan.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi terbentuknya mindset atau pola pikir seseorang seperti pendidikan dan pengalaman.

Kebiasaan seseorang yang dilakukan secara berulang-ulang juga dapat mempengaruhi terbentuknya mindset atau pola pikir.

Oleh sebab itu ketika anda berkeinginan untuk memulai bisnis maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan mindset bisnis yang benar.

Beberapa mindset bisnis yang harus anda miliki

1. Berpikir positif

Berpikir positif merupakan awal dari rasa optimis dan kepercayaan dalam diri. Tentunya sikap ini dibutuhkan bagi anda yang ingin memulai untuk terjun dalam usaha online.

Kepercayaan diri dan rasa optimis ini akan menjadi kekuatan bagi anda untuk bertahan untuk menjalankan bisnis walau menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan.

Dengan berpikir positif akan memberikan energi positif kepada tubuh sehingga berpengaruh terhadap kesehatan juga dan juga terhadap kehidupan anda.

Apa yang terjadi jika selalu berpikir negatif?

Tentunya orang sekeliling anda akan merasa terganggu perangai dan tingkah laku anda.

Mengapa anda harus menghindari berpikiran negatif?

Jawaban paling simpel dari pertanyaan diatas adalah pikiran negatif tidak akan memberikan kemajuan kepada usaha anda bahkan dapat memberi pengaruh yang buruk. Berbeda halnya jika anda berpikiran positif, hal ini akan membawa anda kepada hal yang lebih baik.

Mana yang lebih anda suka?

Seseorang yang suka menghina, mencemooh, mengumpat dan mengeluh dibandingkan dengan orang yang selalu optimis, semangat dan percaya diri.

Tentunya anda lebih menyukai orang yang memiliki rasa optimis, semangat dan percaya diri.

Oleh sebab itu seorang pebisnis harus selalu berpikir positif sehingga anda dapat berpikir dan bertindak dengan benar.

Cara merubah mindset diri sendiri agar selalu berpikiran positif,

  • Selalu memandang sesuatu dari berbagai sisi sehingga anda dapat menganalisa dengan baik terhadap permasalahan.
  • Berusaha untuk tetap bijak dalam menghadapi semua tantangan dan permasalahan.
  • Bersikap tenang dan berpikir positif sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar.

2. Berani mengambil resiko

Kebanyakan orang yang tidak berani untuk memulai bisnis online adalah tidak mau menghadapi resiko.

Resiko mengalami kerugian atau usaha tidak berkembang membuat kita menjadi takut dan berpikir dua kali untuk memulai bisnis.

Tidak berani mengambil resiko sering menjadi alasan seseorang enggan untuk berbisnis. Hal ini dikarenakan mereka takut untuk menghadapi ketidakpastian pendapatan.

Tidak anda bisnis tanpa resiko

Untuk meminimalkan resiko tersebut maka sebaiknya anda belajar untuk memulai bisnis dalam skala kecil terlebih dahulu. Dengan melatih diri untuk berbisnis dengan modal yang kecil ktia akan mengetahui bagaimana cara berbisnis dan mengelola resiko yang ada.

Anda dapat memulainya dengan cara menjadi reseller, dropshipper atau broker. Usaha-usaha tersebut dapat dapat dilakukan walaupun anda tidak memiliki banyak modal.

Hal yang harus anda perhatikan dalam meminimalkan resiko,

  • Keyakinan pada diri sendiri
  • Mampu menggunakan segala kemampuan dalam mencari peluang untuk menghasilkan keuntungan
  • Kemampuan untuk menilai resiko secara terukur

Ketiga hal tersebut harus menjadi dasar bagi seseorang untuk berani mengambil peluang dan mengambil resiko yang ada.

3. Fokus

Fokus merupakan salah satu penyakit dan penyebab kegagalan yang dihadapi banyak pebisnis online pemula.

Untuk menjadi fokus ketika memulai dan menjalani bisnis online sangatlah sulit. Karena pada awal kita memulai bisnis online belum memperoleh penghasilan uang yang cukup besar. Bahkan terdapat kecenderungan menghabiskan uang dan mengalami kerugian.

Permasalahan fokus pada pebisnis online secara umumnya dapat dibagi menjadi dua yaitu tidak fokus pada usaha dan fokus pada hal yang salah.

Ketika anda tidak dapat fokus pada usaha dan fokus pada hal yang salah dapat membuat malapetaka karena dapat berakibat bisnis anda tidak dapat berkembang.

Oleh sebab itu anda harus mampu menghindari dari segala sesuatu yang dapat menggangu fokus anda dalam berbisnis.

Contoh pertama,

Seseorang menjalankan online shop baju di facebook selama 5 bulan. Kemudian mendapatkan tawaran peluang usaha berjualan obat herbal dari temannya. Akhirnya dia tertarik dan memulai usaha herbal dan meninggalkan usaha online shop bajunya.

Tentunya ini membuat usaha online shop yang sudah dikembangkanya menjadi terhenti dan harus memulai usaha obat herbal dari nol kembali.

Jika dia terus berubah-ubah usaha dan menjadi kutu loncat akan membuat usaha yang dia rintis tidak akan pernah berkembang.

Contoh kedua,

Seseorang berjualan buku di facebook namun hingga saat ini dia belum mendapatkan konversi penjualan. Hampir setiap hari dia hanya berpromosi pada akun facebook padahal teman-teman di facebooknya hanya puluhan orang.

Setiap hari dia hanya fokus dan terus menerus melakukan metode promosi tersebut dengan berharap terjadi konversi penjualan.

Saya rasa metode ini tidaklah efektif karena akun Facebook tidaklah efektif untuk melakukan promosi bisnis. Hal ini dikarenakan tidak semua orang menyukai metode promosi seperti ini.

Oleh sebab itu, jika anda sudah memulai bisnis online sebaiknya anda berusaha untuk tetap fokus pada usaha yang ada kembangkan.

4. Kerja keras

Kerja keras merupakan pondasi utama ketika anda memulai untuk mencari uang di internet atau berbisnis online. Hal ini dikarenakan persaingan bisnis online tidaklah semudah tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu penyebab pebisnis online gagal di tahun pertamanya adalah mereka tidak bekerja keras dalam memperjuangkan kesuksesan bisnis mereka.

Kerja keras dapat diartikan sebagai bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Seorang yang bekerja keras akan selalu memaksimalkan waktu dan bersemangat dalam meraih hasil yang maksimal.

Beberapa ciri-ciri pekerja keras,

  • Seorang pekerja keras selalu memiliki pribadi yang optimis
  • Selalu belajar dari permasalahan yang dihadapi
  • Menyelesaikan pekerjaan satu persatu
  • Seorang pekerja keras jarang mengeluh
  • Bekerja dengan efektif dan memaksimalkan waktu
  • Mengevaluasi progres pekerjaan
  • Tidak mudah menyerah jika gagal

Untuk memulai untuk bekerja keras tidak terjadi dengan sendirinya.

Baca juga | Cara Berbisnis Online Tanpa Modal dengan Bisnis Afiliasi

5. Sabar

Ketika memulai bisnis maka dibutuhkan rasa percaya diri dan keberanian untuk memulainya. Hal ini merupakan salah satu elemen penting dalam membangun usaha yang sukses.

Tapi terkadang kepercayaan diri dan keberanian ini dapat berbalik menjadi permasalahan besar bagi usaha anda. Dengan memiliki rasa percaya diri dan keberanian yang terlalu berlebih dapat berakibat pebisnis lerbih berorientasi pada hasil dan melupakan proses.

Sehingga mereka terus berambisi dan menjalankan bisnis secara serampangan dan mengambil keputusan secara tergesa-gesa.

Disinilah seorang pebisnis harus memiliki rasa sabar yang dalam menjalankan usahanya.
Kata sabar disini bukanlah diartikan sebagai sikap menerima dan pasrah pada keadaan. Kesabaran disini diartikan sebagai seorang pebisnis harus bersabar dalam menjalankan bisnisnya.

Contohnya,

Pada saat ini perkembangan bisnis online begitu cepat sehingga dibutuhkan tindakan dan reaksi yang cepat untuk menghadapinya. Tapi terkadang banyak pebisnis yang tidak bersabar dan cenderung buru dalam menghadapi perubahan ini.

Karena terkadang sebuah perubahan yang terjadi hanyalah perubahan yang temporer sehingga mereka salah dalam mengambil keputusan.

Baca juga | Cara Membuat Fanpage Facebook Untuk Jualan Online

6. Komitmen

Salah satu mindset bisnis yang harus dimiliki oleh pebisnis online adalah berkomitmen. Komitmen adalah sikap untuk tetap memegang teguh untuk mencapai tujuan dan juga kemauan untuk mengerahkan segala kemampuan dalam mencapainya.

Dengan berkomitmen berarti anda telah membuat kesepakatan terhadap diri sendiri untuk melakukan sesuatu.

Membangun komitmen dalam berbisnis online pada dasarnya adalah membangun kerangka dan strategi terhadap bisnis anda. Dengan memiliki komitmen yang benar akan mengarahkan seluruh kegiatan anda menjadi jelas, terarah dan berorientasi pada kemajuan dan kesuksesan.

Untuk membuat komitmen maka anda dapat mengindetifikasi cita-cita, harapan dan juga target-target yang ingin anda capai.

Pentingnya komitmen dalam bisnis online diantaranya,

  • Menjadikan anda seorang yang pantang menyerah dalam menghadapi situasi apapun
  • Memiliki kesabaran dalam berusaha
  • Bersemangat dalam menghadapi tantangan

7. Pantang menyerah

Sikap pantang menyerah adalah sikap yang tidak mudah untung menyerah dalam menghadapi permasalahan, tantangan dan selalu berusaha untuk mewujudkan impian dan tujuannya.

Seorang yang pantang menyerah biasanya tidak akan berhenti sebelum mereka mencapai tujuan dan cita-citanya.

Ketika anda menjalankan bisnis online tentunya akan selalu berhadapan dengan permasalahan baik. Namun pebisnis online sukses harus patang menyerah dalam menghadapi permasalahan dan mencarikan solusinya.

Baca juga | Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Kesimpulan

Memiliki mindset bisnis yang benar merupakan pondasi paling utama dalam membangun bisnis online yang sukses.

Hal ini dikarenakan untuk menjalankan dan membangun bisnis online yang sukses tidak mudah dan instan.

Oleh sebab itu dengan memiliki mindset bisnis yang benar anda dapat menjalankannya dengan mudah.

Memiliki Mindset orang sukses akan membuat anda dapat mencapai kesuksesan dan keberhasilan.

Demikianlah 7 Mindset Bisnis Online yang Harus dimiliki agar Sukses.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *