peluang usaha di desa
peluang usaha di desa

Peluang Usaha Di Desa Terpencil yang Menjanjikan Dan Potensial

Posted on

Peluang usaha di desa – Banyak yang beranggapan bahwa untuk berbisnis maka kita harus bertempat tinggal di daerah perkotaan. Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena jika anda jeli melihat potensi yang ada didesa anda maka anda dapat memanfaatkannya.

Untuk mencari peluang usaha di didesa anda harus pandai dalam menganalisa usaha yang paling potensial di daerah anda. setelah anda menemukan usaha paling potensial maka anda dapat memulai untuk merealisasikan ide usaha yang telah didapatkan.

Jika anda memiliki keinginan untuk mencari peluang usaha yang cocok di desa maka anda dapat mengikuti beberapa tips berikut :

1. Mencari kebutuhan masyarakat di desa namun belum tersedia

Ketika anda ingin mencari potensi pasar sebuah desa sebaiknya anda coba anda perhatikan kebutuhan masyarakat desa namun belum tersedia didaerah tersebut.

Anda dapat bertanya kepada beberapa warga tenang kebutuhan mereka yang belum tersedia di daerah anda.

2. Memulai dari hobi anda

Cara paling saya sukai dalam mencari ide usaha adalah memulai usaha dari hobi atau minat yang saya miliki. Tentunya anda akan memulai usaha anda dengan menyenangkan karena dari hobi anda dapat menghasilkan pendapatan.

3. Amati Tiru dan Modifikasi (ATM)

Jika anda kesulitan dalam menemukan ide usaha didesa anda maka anda dapat mencoba untuk memulai dengan mengamati beberapa usaha yang ada didaerah anda.

Setelah anda menemukan usaha yang masih potensial digarap maka coba pelajari usaha tersebut dan perbaiki kelemahannya. Dengan demikian usaha anda akan lebih unggul di bandingkan dengan kompetitor usaha yang sejenis.

Setelah anda menemukan peluang usaha di desa yang tepat maka saatnya anda untuk memulainya. Carilah usaha yang sesuai dengan kemampuan dan modal yang anda miliki.

Peluang usaha di desa terpencil yang menjanjikan

peluang usaha di desa terpencil

Untuk mempermudah anda dalam mencari peluang usaha didesa maka berikut beberapa ide usaha yang populer di daerah pedesaan :

1. Peluang usaha ternak

Peluang usaha paling populer di desa adalah memelihara hewan ternak. Hal ini ini dikarenakan didaerah pedesaan memiliki lahan yang luas sehingga dapat di manfaatkan untuk berternak hewan. Selain lahan yang masih luas didaerah pedesaan juga banyak tersedia pakan ternak.

Anda dapat mencoba untuk berternak kambing, ayam pedaging atau petelur, bebek dan sapi.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Di lahan Sempit Untuk Pemula

2. Peluang usaha pertanian

Selain usaha berternak anda juga dapat bercocok tanam merupakan peluang usaha yang paling potensial dilakukan di desa.

Banyak pilihan jenis tanaman yang memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan seperti menanam padi, singkong, sayurang atau buah-buahan.

Jika anda tidak memiliki lahan maka anda dapat mencari sewaan lahan yang biasanya mudah kita temukan di desa.

3. Menjual alat pertanian

Pertanian merupakan salah satu bidang usaha yang sangat di andalkan di pedesaaan. Lahan pertanian yang masih luas tentunya membutuhkan berbagai alat-alat pertanian, pupuk, obat hama dan juga bibit tanaman.

Tentunya hal ini menjadi sebuah peluang yang besar untuk memulai usaha untuk menjual alat pertanian.

Menjual alat pertanian dan pakan ternak merupakan alternatif usaha yang dapat anda lakukan. Namun untuk memulai usaha ini dibutuhkan keberanian yang tinggi dan juga modal yang cukup besar.

Alat pertanian dan pakan ternak yang anda jual harus menyesuaikan dengan banyak tanaman atau ternak yang banyak di pelihara di desa tersebut.

4. Menjual hasil pertanian

Salah satu peluang bisnis yang dapat anda lakukan didesa adalah menjual hasil pertanian. Anda dapat mengambil peluang ini karena sangat menjanjikan. Terutama jika di desa anda masih belum banyak penjual hasil bumi.

Carilah terlebih dahulu pasar dari hasil pertanian yang akan anda jual dan temukan harga pasarannya. Setelah itu lakukan perhitungan untuk menentukan harga beli kepada petani. Pastikan semua biaya seperti biaya transportasi, biaya angkut sudah terhitung.

Untuk menjalankan peluang usaha di desa yang satu ini diperlukan ketelitian dalam penentuan harga agar anda tidak mengalami kerugian.

Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengenali kualitas dari hasil pertanian sehingga anda dapat menentukan standar harga yang tepat.

Baca juga | Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita Bagi Pemula

5. Membuka toko sembako

Membuka toko sembakomerupakan peluang usaha di desa paling menjanjikan karena pasti dibutuhkan oleh masyarakat.
Namun untuk memulai usaha toko sembako sedikit dibutuhkan analisa yang baik agar bisnis anda tidak mengalami kegagalan.

Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan ketika memulai usaha toko sembako.

  • Lokasi toko sembako merupakan tempat yang strategis.
  • Barang yang dijual merupakan barang yang mudah untuk diputar.
  • Perhatikan strategi kompetitor usaha sejenis
  • Memberikan harga yang bersaing kepada pelanggan anda

Jika anda telah memiliki data-data tersebut tentunya anda dapat mengatur rencana dan memulai untuk membuka toko sembako.

Baca juga | 10 Cara Memilih Tempat Usaha yang Strategis Dan Tepat

5. Jasa bengkel motor

Jika anda memiliki keahlian dalam memperbaiki kendaraan bermotor maka membuka jasa bengkel motor adalah pilihan yang sangat tepat.

Kendaraan yang paling banyak di miliki oleh masyarakat pedesaan adalah motor. Dan biasanya tidak terdapat bengkel resmi yang dapat melakukan servis kendaraan. Tentunya ini merupakan peluang usaha bagi anda.

Selain membuka jasa bengkel motor anda juga dapat menjual spartpart motor untuk mendukung usaha jasa bengkel anda.

6. Pangkas rambut

Peluang usaha di desa yang tidak memerlukan banyak modal namum memiliki keuntungan yang tinggi adala usaha pangkas rambut. Usaha ini tidak memerlukan tempat yang terlalu luas dan anda dapat memanfaatkan ruang di rumah anda atau anda dapat menyewa tempat.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka pangkas rambut diantaranya gunting listrik, silet, kaca, tempat duduk, sisir, dll.

7. Penjahit

Bagi anda yang memiliki keahlian menjahit maka menjahit dapat anda jadikan sebagai peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan.Bahkan saya melihat banyak penjahit yang sukses didaerah desa.

Jasa yang dapat anda tawarkan seperti jasa fermak levis, pembuatan baju atau celana, perbaikan pakaian, dll.

8. Berjualan pulsa eletrik

Jika anda tidak memiliki keahlian dan modal yang besar maka berjualan pulsa eletrik merupakan peluang usaha yang cocok untuk anda.

Perkembangan pengguna handphone yang semakin banyak pedesaan tentunya menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk berjualan pulsa.

Alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini terbilang sangat sederhana yaitu anda hanya memanfaatkan handphone yang dimiliki.

Sebelum anda memulai berjualan pulsa elektrik carilah terlebih dahulu agen pulsa yang terpecaya dan memiliki harga yang murah. Anda bisa bertanya kepada kawan-kawan yang sudah memulai bisnis berjualan pulsa.

Selain berjualan pulsa anda juga dapat berjualan token listrik, kuota internet, kartu perdana dan jika anda modal yang lebih maka anda dapat menyediakan hape bekas dan baru.

Jika anda memiliki keahlian servis hape karena keuntungan yang diperoleh akan semakin besar.

Baca juga | Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan Saat Ini

Kesimpulan

Beberapa contoh peluang usaha diatas merupakan contoh peluang usaha didesa yang menjanjikan dan dapat coba.

Namun sebelum mencoba sebaiknya anda melakukan analisa usaha terlebih dahulu. Dengan melakukan beberapa analisa pasar maka anda mengurangi resiko mengalami kegagalan bisnis.

Demikianlah pembahasanan tentang peluang usaha di desa terpencil yang menjanjikan.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *