peluang usaha kecil kecilan

Peluang Usaha Kecil Kecilan yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Posted on

Peluang usaha kecil kecilan – Pada saat ini peluang usaha kecil kecilan merupakan jenis usaha yang banyak di minati karena menjanjikan serta menguntungkan. Jangan meremahkan jenis usaha kecil dan bermodal minim karena dengan pengelolaan yang benar dapat memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Usaha kecil kecilan dapat di definisikan sebagai jenis usaha yang memiliki jumlah pekerja kurang dari 50 orang. Selain itu usaha kecil kecilan di miliki perorangan dan bukan badan atau organisasi.

Berdasarkan undang-undang no. 9 tahun 1999 menyebutkan bahwa usaha kecil adalah jenis usaha yang memiliki keuntungan bersih maksimal Rp. 200.000.000,00. Jumlah keuntungan tersebut diluar tanah dan bangunan. Selain itu yang termasuk dalam usaha kecil adalah jenis usaha yang memiliki omset paling banyak Rp. 1.000.000.000,00.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha kecil-kecilan juga tidak terlalu besar dan juga semua keuntungan adalah hak dari pemiliknya. Walau demikian segala kerugian dan resiko yang di hadapi juga merupakan tanggung jawab dari pemilik juga.

Inspirasi peluang usaha kecil kecilan

usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga

Pada saat ini peluang usaha kecil kecilan banyak sekali jenisnya dan dapat di jalankan oleh siapapun. Bisnis ini dapat di jalankan oleh remaja, ibu rumah tangga, karyawan, dll. Dengan menjalankan usaha ini maka anda dapat memperoleh banyak keuntungan seperti menambah uang saku, usaha sampingan atau bahkan membantu perekonomian keluarga.

Usaha kecil-kecilan dapat di mulai dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sepeserpun. Oleh sebab itu usaha ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai bisnis. Biasanya usaha kecil juga tidak memerlukan keahlian khusus dan banyak karyawan.

Usaha kecil kecilan juga tidak memerlukan tempat yang luas ataupun permanen. Hal ini tentunya menjadi keuntungan karena biaya modal yang di butuhkan tidak terlalu besar.

Jika anda belum memiliki ide peluang usaha kecil kecilan yang menjanjikan dengan modal kecil maka berikut adalah contoh usaha modal kecil untung besar :

1. Berjualan gorengan

contoh usaha modal kecil untung besar

Salah satu peluang usaha kuliner dengan modal kecil yang paling menjanjikan adalah berjualan gorengan. goterngan merupakan makanan ringan yang paling di sukai oleh masyarakat dan sangat pas di sajikan ketika bersama teman atau keluarga.

Untuk mencari penjual gorengan sangatlah mudah karena dapat anda temui di berbagai tempat. Walaupun demikian peluang usaha berjaulan gorengan masih sangat terbuka sangat lebar.

Jika anda tertarik untuk berjualan gorengan maka peluang usaha ini dapat dengan mudah di lakukan. Proses pembuatan jenis kuliner satu ini sangatlah mudah dan hampir setiap orang dapat melakukannya.

Hal penting yang harus anda lakukan hanyalah mencari letak tempat usaha yang strategis, metode pemasaran yang tepat dan juga kreatifitas.

Tempat usaha berjualan gorengan juga tidak harus wah karena cukup dengan menggunakan gerobak atau meja maka usaha ini dapat dilaksanakan.

Kelebihan dari berjualan gorengan adalah tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bahkan usaha ini dapat di mulai dengan modal di bawah 1 juta.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Kambing Sebagai Usaha Sampingan

2. Berjualan kopi keliling

contoh usaha kecil kecilan

Di era modern saat ini minum kopi telah menjadi sebuah gaya hidup yang tidak terpisahkan terutama di kalangan anak muda. Banyaknya penggemar kopi membuat para pebisnis berlomba-lomba untuk memanfaatkan peluang usaha ini untuk berjualan kopi.

Namun terkadang beberapa orang yang memiliki keinginan untuk memulai usaha ini terkendala oleh permodalan.

Sebenarnya permodalan bukanlah permasalahan bagi anda yang ingin memulai usaha ini. Yang anda butuhkan adalah sedikit kemauan dan ide kreatif. Salah satu cara untuk memanfaatkan peluang usaha ini adalah dengan cara berjualan kopi keliling. Anda dapat memanfaatkan kendaraan yang anda miliki seperti sepeda, sepeda motor atau mobil.

Untuk dapat membuat konsumen tertarik kembali untuk membeli kopi anda maka buatlah minuman yang memiliki citra rasa yang khas dan berbeda dengan yang lain. cara paling mudah untuk dilakukan adalah membuat kopi dengan cara manual.

Beberapa peralatan yang anda butuhkan untuk melengkapi usaha jualan kopi keliling anda adalah coffee grinder dan juga alat seduh.

Coffee grinder adalah alat untuk menggiling kopi secara manual dan untuk memakainya anda tinggal memutar menggunakan tangan. Tentunya proses ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Bagi konsumen yang tidak menginginkan minuman kopi tidak berampas anda dapat menggunakan alat seduh kopi.

Baca juga | Peluang Usaha Terbaru Dan Terlaris Di Masa Depan

3. Berjualan jus buah

usaha kecil yang menguntungkan

Berjualan jus buah merupakan peluang usaha kecil kecilan dengan modal kecil yang dapat anda coba. Jus buah merupakan minuman yang sehat dan juga sangat di sukai berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tempat usaha berjualan jus juga dapat memanfaatkan halaman rumah anda. Keuntungan yang diperoleh dari berjualan jus buah tergolong sangat besar yaitu berkisar 100% hingga 150%.

Untuk menjalankan usaha jus buah ini tergolong mudah karena bahan baku buah dapat dengan mudah kita temui di pasar. Agar anda memperoleh harga buah yang murah maka anda dapat bekerja sama dengan pedagang buah atau anda dapat langsung membeli dengan petani.

Alat utama yang harus anda miliki untuk menjalankan bisnis ini adalah alat pembuat jus atau anda juga dapat menggunakan blender. Setelah itu anda dapat membeli gelas, meja, kursi, lemari pendingin dan etalase display buah.

Beberapa tips berjualan jus buah agar laris :

  • Membuat kemasan yang menarik perhatian dan praktis
  • Menciptakan merek atau brand unik agar usaha anda mudah untuk dikenal
  • Menyediakan jus buah yang beraneka ragam terutama jus buah yang populer
  • Memberikan kualitas jus yang bagus dan enak
  • Menjaga kebersihan tempat usaha dan jus buah
  • Pelayanan yang maksimal

Beberapa hal tersebut akan membuat usaha anda lebih menarik dan membuat konsumen kembali membeli dan menjadi pelanggan setia.

Baca juga | Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita Bagi Pemula

4. Contoh usaha kecil kecilan jasa potong rambut pria

peluang usaha kecil

Peluang usaha potong rambut pria tergolong membutuhkan modal kecil namun memiliki keuntungan yang besar.

Untuk menjalankan usaha potong rambut ini maka anda harus memiliki kemampuan untuk memotong rambut dengan gaya yang di inginkan oleh konsumen. Selain itu anda juga harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal sehingga konsumen senang untuk potong rambut dengan anda.

Hal penting yang harus anda persiapkan adalah pegawai yang memiliki keahlian potong rambut pria dan mampu mengikuti tren potong rambut saat ini. Pegawai harus mampu memberikan solusi gaya rambut kepada konsumen agar penampilan mereka dapat maksimal. Karena terkadang beberapa konsumen membutuhan beberapa masukan dari pemotong rambut.

Setelah memiliki pegawai ahli maka langkah selanjutnya adalah menyediakan tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman ini bukan berarti harus menyediakan tempat yang bagus dan mahal. Cukup dengan membuat tempat cukur rambut yang tidak berantakan juga bersih. Kedua poin ini tentunya dapat membuat konsumen merasa nyaman.

Baca juga | Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan Saat Ini

5. Peluang usaha souvenir pernikahan

inspirasi usaha modal kecil

Pada saat mendatangi pesta pernikahan biasanya setiap tamu yang datang akan di beri souvenir pernikahan. Pembagian souvenir ini dijadikan sebagai tanda terima kasih kepada undangan atas kedatangannya.

Bahkan banyak pengantin yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyediakan souvenir pernikahan. Melihat banyaknya pengantin yang membutuhkan souvenir pernikahan tentunya membuka peluang usaha bagi pebisnis.

Souvenir yang paling populer dan paling banyak dibeli diantaranya gelas, dompet, tasbih, gantungan kunci, frame foto, kipas, dll.

Untuk menjalankan usaha ini anda dapat memproduksi souvenir sendiri atau juga anda dapat menjadi reseller dari produk orang lain.

Untuk mempromosikan usaha anda anda dapat menggunaka pamplet, brosur atau anda dapat memanfaatkan dan memaksimalkan sosial media yang anda miliki.

Baca juga | 10 Cara Memilih Tempat Usaha yang Strategis Dan Tepat

Keuntungan usaha kecil kecilan dengan modal kecil

cara usaha kecil kecilan di desa

Banyak pebisnis sukses yang memulai bisnis dari usaha kecil kecilan dengan modal yang terbatas. Selain mendapatkan penghasilan dengan memulai usaha dengan modal yang kecil juga memiliki banyak keuntungan. Oleh sebab itu usaha kecil kecilan ini sangat cocok bagi anda yang baru saja memulai atau mengelola bisins.

Berikut beberapa keuntungan mengelola usaha kecil

  1. Untuk menjalankan usaha kecil tidak memerlukan modal yang besar. anda dapat memulai usaha dengan modal ratusan ribu saja bahkan tanpa modal sepeserpun.
  2. Usaha kecil-kecilan mampu bertahan dalam kondisi krisis atau inflasi. Hal ini dikarenakan usaha tersebut dilakukan oleh perorangan sehingga segala keputusan dapat dilakukan secara cepat.
  3. Untuk memulai usaha skala kecil tidak memerlukan waktu yang lama karena modal yang di butuhkan tidak besar.
  4. Biasanya usaha kecil berfokus pada pelayanan konsumen sehingga mereka memperhatikan setiap pada pelayanan yang datang.
  5. Usaha kecil-kecilan dapat di jadikan untuk belajar untuk berbisnis dan berlatih untuk menghadapi permasalahan dalam usaha.
  6. Untuk menjalankan usaha kecil biasanya bersifat fleksibel karena pemiliki dapat berhadapan langsung dengan konsumen. Tentunya hal ini menjadi sebuah keuntungan karena pemilik dapat beradaptasi dengan kebutuhan pasar.
  7. Pemilik usaha dapat membuat dan menjalankan strategi bisnis serta mengambil keputusan secara cepat sehingga bisnis dapat berkembang dengan cepat.

Kerugian usaha kecil kecilan

cara usaha kecil

Setelah kita membahas keuntungan dari usaha kecil maka selanjutnya yang akan dibahas adalah kerugian dari bisnis kecil-kecilan.

Berikut beberapa kerugian yang timbul dari usaha kecil kecilan :

  • Perkembangan usaha sangat tergantung dari kemampuan pemilik usaha. Jika pemilik usaha tidak responsif dan lambat dalam mengambil keputasan maka bisnis dapat berjalan lambat bahkan dapat gulung tikar.
  • Ketersediaan modal dalam usaha kecil biasanya sangat terbatas. Keterbatasan modal inilah yang terkadang membuat pemilik untuk mengembangkan bisnis mereka. oleh sebab itu pemilik usaha harus mampu menciptakan inovasi-inovasi untuk mengatasi keterbatasan modal tersebut.
  • Hal yang paling menghambat dari keterbatasan modal adalah pemilik tidak dapat memilih tempat usaha yang strategis. Hal ini dikarenakan oleh letak tempat usaha yang strategis memiliki harga sewa yang sangat mahal.
  • Usaha kecil biasanya memiliki karyawan yang terbatas bahkan semua pekerjaan di kerjakan oleh pemilik. Hal ini menyebabkan pembukuan serta pengaturan persedian barang menjadi carut marut.
  • Sering bercampurnya antara uang usaha dengan uang pribadi sehingga membuat perhitungan keuntungan menjadi tidak jelas.

Kesimpulan

Peluang usaha kecil kecilan dapat anda jalankan dengan modal yang kecil. Dengan pengelolaan dan cara yang benar dapat membuat usaha kecil anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan besar.

Bahkan pada saat ini banyak usaha kecil yang menjadi besar dan usaha mereka menjadi pekerjaan dan penghasilan utama mereka.

Oleh sebab itu tidak adalah halangan bagi anda untuk memulai bisnis walaupun harus memulai dengan usaha kecil kecilan dan modal yang kecil.

Yang di butuhkan hanyalah kemauan dan kreatifitas untuk mencari peluang usaha yang sesuai dan tepat.

Demikianlah peluang usaha kecil kecilan yang menjanjikan dengan modal kecil…

Baca juga | Macam-Macam Jenis Usaha Dan Bisnis yang Laku Setiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *