peluang usaha ternak kambing

Peluang Usaha Ternak Kambing Sebagai Usaha Sampingan

Posted on

Peluang usaha ternak kambing – Salah satu peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan untung besar adalah usaha peternakan. Bisnis perternakan sangat cocok di jalankan di Indonesia khususnya di daerah pedesaan karena banyak rumput dan dedaunan yang dapat digunakan untuk pakan ternak.

Namun potensi usaha ternak ini masih belum banyak dilirik oleh pebisnis di Indonesia. Hal ini dikarenakan resiko bisnis peternakan sangat tinggi.

Oleh sebab itu seseorang yang ingin terjun dalam usaha peternakan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankannya. Jika anda tertarik untuk memulai usaha ini maka anda harus terlebih dahulu belajar terlebih dahulu sehingga dapat mengurangi resiko yang akan dihadapi.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Sapi yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Peluang usaha ternak kambing

bisnis ternak kambing yang menguntungkan

Berternak kambing merupakan sektor usaha ternak yang sangat menjanjikan. Bahkan berternak kambing juga dapat dilakukan sebagai usaha sampingan atau rumahan.

Peluang usaha ternak kambing ini menguntungkan dikarenakan banyaknya permintaan daging kambing di pasaran. Banyak jenis makanan yang berbahan dasar kambing sepeti sate kambing, soto kambing, gulai kambing, dll.

Selain itu untuk memelihara dan merawat kambing tergolong sangat mudah dan murah. Hal ini yang membuat banyak orang menyukai untuk berternak kambing.

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk memulai berternak kambing maka anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut :

1. Persiapan modal

Hal penting pertama yang harus persiapkan adalah modal. Banyaknya modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ternak kambing sangatlah relatif.

Persiapan modal ini memang harus di pertimbangkan karena anda harus mempersiapkan berbagai hal dari pembuatan kandang, pembelian bibit dan juga operasional.

2. Belajar tentang cara berternak kambing

Selain modal hal lain yang harus dipersiapkan adalah kita harus belajar tentang cara berternak kambing yang baik. Memiliki pengetahuan ini wajib anda miliki agar anda dapat berternak kambing dengan cara yang benar.

Banyak orang yang menganggap bahwa untuk memulai berternak kambing tidak memerlukan pengetahuan cara berternak kambing. Anda dapat memulai mempelajari tentang cara berternak kambing, pakan yang baik, pembuatan kandang, dll.

Tentunya dengan pengetahuan ini maka anda dapat mengetahui bagaimana cara menjalankan peluang usaha ternak kambing dengan baik dan dengan penuh rasa percaya diri.

3. Persiapan kandang kambing

Cara memelihara kambing dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memelihara kambing di kandang panggung atau di gembalakan.

Jika anda memiliki lahan yang tidak luas maka penggunaan kandang panggung merupakan pilihan yang paling tepat. Persiapan material pembuatan kandang juga harus diperhatikan.

Jika modal yang anda terbatas maka pembuatan kandang dapat menggunakan bambu. Selain itu anda juga membuat kandang yang terbuat dari kayu dan juga baja ringan.

4. Persiapan pakan kambing

Agar usaha ternak kambing dapat berkembang maka hal yang wajib anda perhatikan adalah pakan. Anda harus mengetahui tentang jenis pakan yang bernutrisi tinggi dan membuat kambing cepat gemuk.

Oleh sebab itu anda harus mengetahui bagaimana cara membuat pakan ternak kambing terbaik. Selain itu anda harus mempertimbangkan bagaimana cara memperoleh pakan secara berkelanjutan.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Dilahan Sempit Untuk Pemula

Jenis kambing yang populer di Indonesia

jenis kambing

Ada beberapa jenis kambing yang dapat anda pertimbangkan :

1. Ternak kambing Etawa

Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang populer di Indonesia. peluang usaha ternak kambing etawa di Indonesia sangatlah menjanjikan dan menguntungkan.

Banyak kelebihan berternak kambing etawa dibandingkan dengan jenis kambing lainnya di antaranya susu kambing etawa.

Bahkan susu kambing etawa tergolong memiliki harga yang tinggi di bandingkan dengan harga susu sapi dan juga susu kuda.

Apabila kambing etawa sudah tidak memasuki masa produktif lagi maka anda dapat menjadikannya sebagai kambing pedaging.

2. Jenis domba

Kambing jenis domba juga merupakan salah satu peluang usaha ternak kambing yang menguntungkan. Untuk memelihara domba di butuhkan pengetahuan dan keterampilan agar memperoleh hasil yang maksimal.

Selain dagingnya sebenarnya kita dapat memanfaatkan bulu dan susu domba namun di Indonesia masih banyak belum dimanfaatkan secara maksimal.

Tentunya hal ini dapat anda manfaatkan untuk memulai usaha berternak domba.

3. Peluang usaha ternak kambing gibas

Jenis kambing gibas terbilang unik karena memiliki bulu yang keriting, ekor besar dan berwarna putih. Walau demikian peluang usaha ternak kambing gibas tergolong menguntungkan karena permintaan daging kibas dipasaran sangat tinggi.

Penyebab permintaan kambing gibas yang tinggi ini dikarenakan rasa daging kambing gibas yang lezat dan juga tidak berbau. Tentunya ini menjadikan daging kambing gibas mempunyai kelas tersendiri di pasaran.

Namun sayangnya permintaan pasar yang tinggi ini tidak mampu dipenuhi sehingga ini dapat membuka peluang untuk anda.

4. Peluang usaha ternak kambing jawa

Kambing jawa merupakan salah satu jenis kambing asli dari Indonesia. Jenis kambing yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Harga kambing jawa juga tergolong murah dan sangat laku dipasaran.

Dengan fakta tersebut maka tidak salah jika ternak kambing jawa merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu perawatan kambing jawa tergolong paling mudah di bandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Baca juga | Cara Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita Bagi Pemula

Keuntungan ternak kambing

keuntungan ternak kambing

Banyak keuntungan dari berternak kambing yang dapat diperoleh dan wajib anda ketahui diantaranya

  • Tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar
  • Kambing merupakan hewan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Pakan mudah untuk didapatkan karena banyak tersedia
  • Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak
  • Cepat panen
  • Kotoran kambing dapat dijadikan sebagai pupuk

Sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya dengan berternak kambing. Beberapa hal diatas merupakan keuntungan utama dari berternak kambing.

Baca juga | Peluang Usaha Kuliner Yang Paling Laku Dan Menguntungkan

kesimpulan

peluang usaha ternak kambing merupakan alternatif bisnis yang memiliki prospek yang baik. Hal ini disebabkan banyaknya permintaan daging kambing di pasaran.

Bahkan permintaan ini semakin hari semakin meningkat terutama ketika menjelang hari raya Idul Adha.

Untuk memilihara kambing tergolong mudah dan dapat anda jadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha ternak kambing yang menguntungkan sebagai usaha sampingan.

Apakah anda tertarik untuk berbisnis ternak kambing ?

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *