peluang usaha ternak sapi

Peluang Usaha Ternak Sapi yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Posted on

Peluang usaha ternak sapi – Perternakan sapi bukanlah jenis usaha ternak yang baru namun saat ini peluang usaha ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar dan juga tidak pernah sepi permintaan.

Bahkan pada suply daging belum dapat memenuhi permintaan pasar dalam negeri. Dan permintaan daging sapi akan semakin meningkat menjelang hari raya Idul Adha. Oleh sebab itu anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk memulai usaha ternak sapi.

Untuk memulai ternak dapat dimulai dengan mudah bahkan dapat dilakukan dengan skala rumahan. Walau demikian usaha ternak sapi membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar memperoleh hasil yang maksimal.

Oleh sebab itu untuk memulai peluang ternak sapi sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut :

1. Menganalisa pasar daging sapi

ternak sapi modal kecil

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memulai usaha ternak sapi maka anda harus mampu menganalisa pasar daging sapi.

Anda dapat menganalisa apakah harga daging cenderung stabil dan juga tingkat persaingan usaha. Dengan melakukan analisa pasar maka dapat membantu anda dalam menyusun strategi pemasaran.

Baca juga | Peluang Usaha Ternak Dilahan Sempit Untuk Pemula

2. Menentukan lokasi yang tepat

usaha ternak sapi

Salah satu permasalahan utama dalam berternak sapi adalah polusi bau yang di akibatkan oleh kotoran sapi. Oleh sebab itu anda harus memilih tempat yang jauh dari lokasi pemukiman warga agar tidak menganggu warga.

Beberapa ciri-ciri lokasi yang ideal untuk kadang sapi :

  • Lokasi kadang sapi harus luas dan terbebas dari segala penyakit
  • Dapat terjangkau oleh sinar matahari yang cukup
  • Kadang sapi harus dekat dengan sumber pakan
  • Lokasi banyak pohon rindang sehingga lokasi kandang menjadi sejuk.

Lokasi yang dipilih sebaiknya mudah di jangkau kendaraan roda dua atau roda empat. Hal ini bertujuan agar biaya operasional yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Baca juga | Peluang Usaha Di Desa Terpencil Paling Menjanjikan Dan Potensial

3. Pemilihan jenis sapi yang tepat

bisnis ternak sapi untuk pemula

Hal yang harus anda perhatikan ketika memulai usaha ternak sapi adalah pemilihan jenis sapi yang tepat. Anda harus memastikan bahwa sapi yang anda pelihara merupakan sapi yang sehat

Jenis ternak sapi

Pemilihan jenis sapi merupakan salah satu kunci kesuksesan anda dalam berternak sapi. Di Indonesia terdapat banyak jenis sapi yang populer seperti sapi potong atau sapi perah. Selain diternak sapi juga dapat digunakan sebagai alat transportasi dan juga membantu membajak sawah.

Berikut ini beberapa jenis sapi unggulan yang populer di Indonesia :

a. Sapi limosin

Sapi Limosin adalah jenis sapi pedaging yang sangat di unggulkan di Indonesia. Hal ini di karenakan sapi ini memiliki kelebihan pada pertambahan daging yang cukup cepat. Pertambahan daging sapi limosin di perkirakan dapat mencapai 1.1 kg perhari.

Jenis sapi limosin pertama kali di kembangkan di negara Perancis dan memiliki ciri tanduk, tubuh besar, otot yang bagus serta kulit tebal.

b. Sapi brahma

Jenis sapi ini berasal dari India kemudian dikembangkan oleh negara Amerika serikat. Sapi ini merupakan salah satu sapi unggulan di Indonesia karena beratnya bisa mencapai 1 ton.

Bahkan harga sapi ini terbilang cukup mahal di bandingkan dengan sapi lokal. Ciri-ciri sapi ini diantaranya perut lebar, punuk besar dan memiliki warna bervariasi seperti putih, coklat dan kehitaman.

c. Sapi Madura

Jenis sapi ini merupakan persilangan antara sapi zebu dengan sapi banteng. Sapi ini memiliki ciri tanduk kecil melengkung kedepan dan juga berwarna merah bata.

Walau sapi ini bertubuh kecil namun memiliki stamina yang bagus sehingga cocok dijadikan sebagai sapi pekerja. Sapi ini memiliki berat rata-rata 350 kg dengan tinggi 118 cm.

d. Sapi Ongole

Jenis merupakan jenis sapi yang di ternakkan di pulau Sumbawa. Untuk memelihara ternak sapi ini tergolong mudah untuk dipelilhara karena tahan terhadap rasa lapar dan minum.

Berat sapi ini juga memiliki ciri punuk, gelambir hingga perut melebar. Ciri lain dari sapi ini adalah telinga panjang menggantung, bertanduk kecil dan berwarna putih dan putih keabu-abuan.

e. Sapi Peranakan Ongole

Jenis sapi ini merupakan salah satu jenis sapi lokal di Indonesia dan sering disebut dengan sapi jawa atau sapi putih. Selain dijadikan sebagai sapi pedaging, jenis sapi ini sering dijadikan oleh masyarakat di Indonesia untuk membajak sawah.

Ciri-ciri jenis sapi ini diantaranya memiliki punuk dan gelambur menggantung besar. Warna sapi Peranakan Ongole putih keabu-abuan dan memiliki berat berkisar 400 kg hingga 600 kg untuk setiap ekornya.

Baca juga | Peluang Usaha Kuliner Yang Paling Laku Dan Menguntungkan

4. Memberi pakan ternak yang tepat

modal usaha ternak sapi pemula

Faktor penentu keberhasilan ternak sapi yang tidak kalah penting adalah pemberian pakan yang tepat. Jika anda melakukan usaha ternak sapi yang bertujuan untuk penggemukan maka pakan yang diberikan jangan hanya rumput saja. Karena pemberian pakan rumput saja maka hasil yang diperoleh akan tidak masimal dan membutuhkan waktu yang lama.

Pemberian pakan ternak sapi harus anda kombinasikan dengan konsetrat. Anda dapat membuat konsetrat sendiri dengan beberapa bahan seperti ampas tahu, ampas tahu dan bekatul atau anda dapat membeli konsentrat buatan pabrik.

Baca juga | Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Kesimpulan

Daging sapi merupakan sumber makanan yang disukai oleh orang Indonesia selain ayam dan ikan. Bahkan kebutuhan dagi sapi sangat tinggi di Indonesia namun suply terbilang masih kurang. Kebutuhan daging sapi akan semakin meningkat menjelang hari raya terutama pada hari raya Idul Adha.

Tentunya peluang usaha ternak sapi masih terbuka sangat lebar dan dapat anda jadikan sebagai bisnis utama.

Namun masih banyak peternak sapi di Indonesia masih belum serius menekuni peluang usaha ini. Masih banyak mereka menjadikan peluang usaha ternak sapi sebagai usaha sampingan belaka. Tentunya hal ini membuat hasil yang diperoleh tidak maksimal dan masih jauh dari harapan.

Mereka masih menggunakan kandang yang masih sederhana dan tidak memperhatikan kebersihan kandang. Di tambah lagi dengan masalah pakan ternak yang diberikan masih sekedarnya.

  • Menggunakan bibit sapi unggulan
  • Nemeperhatikan desain dan kebersihan kandang
  • Menjaga kesehatan sapi dengan memberikan vaksinasi
  • Memberikan sumber pakan yang dapat menambah bobot ternak sapi

Mungkin beberapa hal diatas adalah poin-poin utama yang harus anda ketahui tentang cara memulai usaha berternak sapi.

Dengan mempelajari poin-poin tersebut anda akan mudah untuk menjalani bisnis ternak sapi.

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha ternak sapi yang menguntungkan untuk pemula.

Semoga bermanfaat…

One thought on “Peluang Usaha Ternak Sapi yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

  1. Keuntungan usaha Bisnis Penggemukan Sapi

    Dalam sebuah usaha bisnis, pasti semua mencari keuntungan berapa sih perkiraan keuntungan yang bisa didapat dari usaha penggemukan sapi ?. misalnya kita asumsikan kita membeli peranakan sapi yang harganya 3 – 3,5 juta, kemudiaan kita penggemukan selama 10-12 bulan dan kemudia sapi tersebut kita jual laku 7-8 juta. maka kita bisa mendapat saldo sekitar 4,5 – 5 juta rupiah, per ekor jika kita melakukan penggemukan 1 ekor sapi saja kita sudah bisa mendapat saldo sekitar 45-50 juta rupiah perekornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *